Tampil di Gelar Budaya Etnis, KMPP Yogyakarta Kenalkan Baju Adat Pati

Tampil di Gelar Budaya Etnis, KMPP Yogyakarta Kenalkan Baju Adat Pati

YOGYAKARTA, PATINEWS.COM

KMPP (Keluarga Mahasiwa Pelajar Pati) Yogyakarta mendapat kesempatan pentas adat di event SELENDANG SUTRA GELAR BUDAYA ETNIS yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayan Yogyakarta, Sabtu (26/09/2020).

Gelar Budaya Etnis, adalah kegiatan yang diadakan setiap tahunnya, karena sebagai pengingat juga, bahwa kita semua hidup selalu bergandengan dengan budaya.

Bagaimanapun keadaannya kegiatan ini harus diadakan. Apalagi bertempatan di Dearah Istimewa Yogyakarta yang katanya miniatur Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ibu Drs. Siswati sebagai seksi Adat dan Tradisi di Dinas Kebudayaan Yogyakarta “Kegiatan tersebut bekerjasama dengan IKPM (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa) yang ada di DIY,” ujarnya.

Konsep event Selendang Sutra pada tahun 2020 berbeda dengan tahun kemarin, karena ada Covid-19. Akan tetapi tetap berjalan dengan lancar. Ibu Drs. Siswati menambahkan “untuk event ini ada beberapa bagian, ada seni pertunjukan, kuliner dan pakaian adat. Kalau tahun kemarin dipertunjukan disatu tempat, untuk tahun ini di asrama masing-masing, kalaupun asramanya tidak layak bisa difasilitasi di gedung Dinas kebudayaan,” katanya.

Pada hari sabtu, IKPM (Ikatan keluarga Pelajar Mahasiswa) Jawa tengah mendapatkan bagian menampilkan gelar budayanya. Bahwa ketua IKPM Jawa Tengah saudara Haikal Erlangga menguatkan “Mahasiswa Jawa Tengah yang ada di DIY mendapatkan bagian seni tari, kuliner, baju istiadat dan Kerajinan” Ujarnya.

Kalau Pati sendiri menampilkan Baju Istiadat. Karena dapat amanah kalau Pati Menampilkan Baju adatnya saja.

KMPP (Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati) Yogyakarta sangat senang sekali kalau seni dan budaya Pati bisa ikut andil dalam kegiatan Selendang Sutra Gelar Budaya Etnis agar mahasiswa dan pelajar Pati yang ada di Yogyakarta bisa melestarikan Budayanya sendiri, bangga menjadi “Wong Pati”.

Menambahkan dari Ketua KMPP (Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati) Yogyakarta saudara Muh. Zaenal Abidin mengatakan “kita sebagai Orda (organinasi daerah) Kabupaten Pati (KMPP YOGYAKARTA) ikut serta dan mengenalkan kepada daerah dan provinsi lain terkait apa saja kesenian (baju adat), kuliner, dan kerajinan khas pati,.  bukan hanya melalui event selendang sutr saja, tapi event-event budaya yang diselenggarakan mahasiswa jawa tengah di Yogjakarta,. sebagai putra-putri daerah kita mengajak semua ORMADA kabupaten pati lainnya tetap bangga dan berani mengenalkan budaya-budaya kabupaten pati ke kancah nasional. kami juga berharap acara-acara seperti ini diselenggarakan juga di kabupaten PATI supaya apa yang menjadi kesenian, adat, dan budaya kabupaten pati tetap terlestarikan” jelasnya.

Kegiatan Selendang Sutra Gelar Budaya Etnis yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan DIY mempunya tujuan tempat untuk silaturahmi dan persatuan. Karena kita lahir dibumi yang beranekaragam. Selalu lestari budaya Indonesia.

(Syihab)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo MARGOYOSO, PATINEWS.COM Tim Kuliah Kerja Nyata…

20 Oktober 2020

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020

Diikuti 26 Coach Profesional, Pati Jadi Tuan Rumah Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

OLAHRAGA, PATINEWS.COM Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah pelatih-pelatih…

19 Oktober 2020

Diakui Dunia, Generasi Muda Wajib Lestarikan Budaya Wayang Kulit

BUDAYA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan untuk nguri-uri budaya ini.…

19 Oktober 2020