Tak Menanam Tapi Bisa Memanen, Bupati: Nelayan Wajib Bersyukur

Tak Menanam Tapi Bisa Memanen, Bupati: Nelayan Wajib Bersyukur

PatiNews.Com – Juwana, Bupati Pati Haryanto, Minggu (16/6) menghadi acara Kirab budaya dalam rangka sedekah laut di Desa Bendar, Kecamatan Juwana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Camat Juwana.

Bupati Pati mengatakan Pesta Lomban adalah tradisi yang dilaksanakan sepekan setelah Idul Fitri. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wujud syukur nelayan yang telah mendapat anugerah hasil laut selama setahun terakhir, sekaligus wujud syukur atas berkah Tuhan di laut.

“Jadi kita ini orang jawa tidak bisa meninggalkan adat dan budaya kampung nelayan, lebih-lebih karena kita tidak menanam tetapi bisa memanen itu berkat kemurahan Allah SWT”, terang Haryanto.

Baca juga:   Beat vs Kijang di Jalan Syeh Jangkung Pati, Renggut Satu Korban Jiwa

Kemudian Bupati juga titip pesan pada masyarakat. “Karena dulu saat kunjungan Kapolda dan Pangdam terjadi dialog yang menghendaki normalisasi sungai ini, maka kami minta dukungannya agar normalisasi berjalan dengan lancar”, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bendar Sutopo, mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas kerjasamanya dengan lima Kades yaitu
Kepala Desa Bendar, Kepala Desa Bumirejo, Kepala Desa Bajomulyo, Kepala Desa Trimulyo, dan Kepala Desa Kedung Pancing.

“Sehingga kegiatan hari ini diberi kelancaran, keselamatan, ketertiban dan keamanan hingga nantinya para nelayan mendapatkan rezeki yang melimpah ruah”, pungkasnya. (pn/ dr / hms).

Tak Menanam Tapi Bisa Memanen, Bupati: Nelayan Wajib Bersyukur | patinews.com | 4.5

Leave a Reply