Sosialisasikan Resapan Buatan Melalui Biopori

Kediri,

Pembukaan pembuatan biopori di ruang lingkup dunia pendidikan, pagi ini dilangsungkan di SDN Pandantoyo Kecamatan Ngancar. Pembuatan biopori ini juga diikuti Danramil Ngancar Kapten Czi Martono, Kapolsek Ngancar Hadi Purnomo dan Camat Ngancar Supriyanto serta seluruh Kepala Sekolah se-Kecamatan Ngancar, minggu (14/01/2018)

Target atau realisasi pembuatan biopori secara spartan di sekolah-sekolah, mencapai 1.000 lubang dan secara langsung siswa siswi yang tergabung dalam gerakan kepanduan atau lebih dikenal Pramuka, turut membuat biopori di ruang lingkup sekolah masing-masing. Sesuai rencana, lubang akan dibuat dengan kedalaman sekitar 30 cm dan untuk bahan utama biopori adalah pipa paralon yang biasa digunakan untuk saluran air.

“Di Koramil-Koramil juga sudah ada biopori dan itu sudah disosialisasikan di desa-desa hingga kecamatan. Tidak hanya di ruang lingkup Koramil ,Kantor Desa atau Kantor Kecamatan, tetapi ditempat-tempat yang resapan airnya rendah, juga sudah dibuatkan biopori,” terang Kapten Czi Martono saat menyampaikan sambutannya.

Lanjutnya ,”Pramuka punya peran, selain menggembleng generasi muda untuk aktif dalam kegiatan kepanduan dan lebih mengarah pada sosial, Pramuka punya peran tersendiri yang bisa menggali segala potensi SDM di sekolah-sekolah. Untuk itu ,seorang Pramuka harus bisa menyatu dengan lingkungan, termasuk pembuatan biopori ini.”

Sementara itu, M.Arief dari UPTD Ngancar menjelaskan secara singkat maksud dan tujuan dari pembuatan biopori ini hingga pembuatan biopori yang benar dan bisa dilihat hasilnya. M.Arief juga menghimbau siswa siswi untuk senantiasa menjaga lingkungan hidup disekitarnya.

Di puncak acara, Danramil Ngancar, Kapolsek Ngancar dan Camat Ngancar bersama-sama siswa siswi yang tergabung dalam Pramuka, membuat lobang biopori di halaman SDN Pandantoyo.

(pn)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com
Tags: kediri

Recent Posts

Diikuti 26 Coach Profesional, Pati Jadi Tuan Rumah Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

OLAHRAGA, PATINEWS.COM Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah pelatih-pelatih…

19 Oktober 2020

Diakui Dunia, Generasi Muda Wajib Lestarikan Budaya Wayang Kulit

BUDAYA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan untuk nguri-uri budaya ini.…

19 Oktober 2020

282 KK di Desa Karangsari Cluwak, Peroleh Bantuan Sosial Tunai

CLUWAK, PATINEWS.COM COVID-19 Merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Coronavirus Disease yang menyebar sangat cepat…

19 Oktober 2020

Manfaatkan Lahan Pekarangan dengan Tanaman Hortikultura

GEMBONG, PATINEWS.COM Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Reguler dari rumah kelompok 10 Universitas…

19 Oktober 2020

RS Keluarga Sehat Tarik Alkes Bermerkuri

RS Keluarga Sehat Tarik Alkes Bermerkuri PATI, PATINEWS.COM Orang pasti sudah tidak asing lagi dengan…

19 Oktober 2020

Pengunjung Waduk Gunungrowo Akui Senang dengan Kegiatan Bagi-bagi Masker oleh Kelompok 10 KKN RDR UIN Walisongo

Pengunjung Waduk Gunungrowo Akui Senang dengan Kegiatan Bagi-bagi Masker oleh Kelompok 10 KKN RDR UIN…

19 Oktober 2020