Categories: Berita

Social Distancing, Memaksimalkan Waktu Bersama Keluarga

Social Distancing, Memaksimalkan Waktu Bersama Keluarga

Penulis : Imam Muhlis Ali

Saat libur eits salah sekarang di haluskan belajar di rumah selama 14 hari menjadi tenar di seluruh Indonesia saat ini, rasa-rasanya ada ‘sesuatu’ yang baru. Ya, tidak setiap 10 atau 20 tahun seperti ini. Karena situasi darurat dan ada peristiwa mendadak jadinya generasi di liburkan eh salah lagi belajar dirumah.

Sekilas saya amati para netizen ada yang mengatakan wah bagus ini, anak-anak saya bisa sering dirumah, istirahat 14 hari, lumayan sementara lepas penat dari kesibukan sekolah. Juga ada yang kebalikannya, wah kalau gini anak saya malah sering main game hp. Lebih baik sekolah saja. Juga ada lagi pendapat, anak saya disuruh belajar dirumah dan diberi.tugas PR. Ya sama aja seperti tugas sekolah. Biarkanlah anak kami 14 hari ‘beristirahat’ biar segar pemikiran dan badannya. Selama ini kurikulum pendidikan kita banyak tugas, banyak yang membuat anak ‘pengap’ di ruang kelas karena berjejal banyak materi pelajaran, belum lagi sering berubah, istilahmya ganti menteri ganti kurikulum.

Ehmmm…saya membaca pendapat netizen sebenarnya tak terlalu.kaget. Hanya saja saya melihat ada ‘sesuatu’ yang ‘hilang’ dari alam bawah sadar generasi kita. Tidak mudah mencari apa yang ‘hilang’ itu. Mungkin saja dari pendapat netizen dan realita di masyarakat kayaknya ada yang tersembunyi. Padahal bisa jadi yang.hilang.ataupun tersembunyi.itu salah satu.hakikat hidup. Apa itu ? Mungkin saja kurikulum kegembiraan. Kurikulum kegembiraan kurang lebihnya adalah proses pembelajaran yang menyenangkan, membuat anak-anak atau generasi gembira,happy dalam belajar. Mereka tidak tertekan dengan begitu banyak materi. Apa betul seperti itu ? Yah kita lihat dan tanya langsung mereka, anak atau generasi sekolah. Tapi bila kita mencermati dengan hati, naluri, pikiran yang tenang juga sedikit.kontemplasi ada yang seyogyanya kita berikan ruang ‘kegembiraan’ pada generasi kita. Bahkan kita juga memberikan ruang kegembiraan bagi para guru-guru.

Dengan libur 14 hari setidaknya guru dan murid bisa gembira di rumah. Nikmatilah masa libur ini dengan pikiran dan hati yang.segar. Meskipun kalimat yang digunakan bukan libur tapi belajar dirumah, tetap nikmati wahai para murud. Dan menikmati libur dirumah, anak-anak bisa mengembangkan hobbi, kesukaan dirumah. Seperti menonton televisi kartun film, membuat assesoris, karya kreatif, di halaman rumah atau di ruang keluarga, masak-masakan. Namun diharapkan jika bernain game hp pun jangan lama-lama. Gunakan libur dirumah dengan baik seperti ngobrol dengan Bapak,Ibu, Saudara di rumah. Jadikan libur ini menambah kehangatan hubungan keluarga. Manfaatkan libur di rumah dengan gembira bersama anggota keluarga. Membaca atau belajar bisa tetap dilakukan dirumah namun sifatnya rileks. Jangan keluyuran. Nikmatilah bersama kakak, adik dirumah. Dan bagi para guru-guru meski masih ada tugas sekolah yang.harus dikerjakan dirumah, selayaknya tidak ‘mengorbankan’ ngobrol-ngobrol hangat dengan anggota keluarga. Saat libur ini justru bisa menambah komunikasi dengan anaknya. Berdialoglah dengan anak. Barangkali dimasa libur ini menjadi kesempatan bagus untuk mennambah imunisasi kebatinan, yakni menambah keikhlasan hati, memperbaiki sikap prilaku kita, mebambah spiritual keagamaan, mengademkan hati. Memperbaharui pola pikir kita yang barangkali salah, melembutkan hati, menambah.kepekaaan peduli pada.yang lain, dan syukur di masa libur ini menjadi momentum instropeksi diri.

Tentunya kita tidak hanya menambah imunisasi ( kekebalan ) kesehatan fisik saja tapi juga penting imunisasi kebatinan. Selamat menikmati libur bersama keluarga di rumah dan tetap berikhtiyar menjaga kesehatan sambil berdo’a semoga Indonesia segera lepas dari semua wabah, virus penyakit termasuk corona. Amin Ya Robbal Alamin.

Ngemplak Kidul, 18 Maret 2020

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Inspirasi Modifikasi Toyota Avanza yang Super Keren, Cocok untuk Kaum Muda

Melakukan modifikasi pada mobil Toyota Avanza menjadi incaran banyak para anak muda. Salah satu alasannya yaitu karena…

25 Mei 2020

Mari Lamar Lowongan Kerja Bank dan Pastikan Lolos Tahap Administrasi

Saat ini, Anda mungkin dalam kondisi ingin melamar pekerjaan. Tetapi, mencari pekerjaan sendiri lumayan sulit…

25 Mei 2020

Tips Menemukan Tempat Jual Bedding Set Jakarta Paling Direkomendasikan

Furniture kamar mempunyai peran yang sangat penting karena tidak hanya menjadikan kualitas tidur menjadi lebih…

25 Mei 2020

Alasan Sewa Jasa Desain Interior itu Penting

Memiliki ruangan yang bagus dan tertata rapi tentu saja menjadi impian semua orang. Untuk dapat…

25 Mei 2020

Pemicu Tindak Pidana, 1637 Botol Miras Disita Polres Pati

PATINEWS.COM - KOTA, Selama berlangsungnya operasi ketupat candi, 24 April hingga 22 Mei 2020, Kepolisian…

24 Mei 2020

Lebaran, Gubernur Ganjar Gelar Open House Virtual

Lebaran, Gubernur Ganjar Gelar Open House Virtual JATENG, PATINEWS.COM Hari raya idul fitri kali ini…

24 Mei 2020