Seribu Santri dari 50 Pesantren Ikuti Istighosah di Masjid Peninggalan Syeh Ahmad Mutamakin Kajen

Seribu Santri dari 50 Pesantren Ikuti Istighosah di Masjid Peninggalan Syeh Ahmad Mutamakin Kajen

Oleh : Imam MA*

PatiNews.Com –  Margoyoso, Kajen, Kamis, 04/07/2019. Bertempat di masjid ‘kebanggan’ orang Kajen dan Warga Pati, Masjid Jami’ Kajen yang merupakan ‘warisan bersejarah’ Waliyullah Syeh Ahmad Mutamakin menjadi saksi acara istighosah dan shalat tasbih. Dengan di mediasi Forum Pengasuh Pondok Pesantren Kajen dan sekitarnya serta di bantu oleh sahabat-sahabat Banser Satkoryon Margoyoso, acara ini berlangsung khidmat.

Jumlah peserta istighosah dan shalat tasbih ini lebih dari seribu  santri dari  50 an Pondok Pesantren Se kajen dan sekitarnya.  Memang kapasitas masjid ‘ terindah’ dan ‘penuh sejarah’ di Kabupaten Pati ini sangat memadai. Disamping parkir yang luas juga keindahan taman masjid semakin elok sejuk dan adem untuk dipandang dan ditempati. Sehingga dengan suasana yang sangat nyaman ini membuat para jama’ah masjid ‘kerasan’ ( betah) berlama-lama.

Tujuan acara istighosah dan shalat tasbih ini adalah untuk meningkatkan ketaqwaan dan mendo’akan bangsa dan negara. Acara ini rutin dilaksanakan setiap malam jum’at sebulan sekali. Jama’ah istighosah dan shalat tasbih ini terdiri dari para santri dan para Kyai Kajen dan sekitarnya. Para Kyai yang hadir diantaranya KH.Muadz Thohir, KH. Zaky Abdillah, KH.Asnawi, KH.Faishol Muzammil, KH.Rozaq dan Kyai-kyai lain. Juga malam ini turut dihadiri Kapolsek Kecamatan Margoyoso. Juga tak luput dihadiri oleh para sahabat Ansor, Banser sebagai tim pengawalan Kyai.

Baca juga:   Awal Pembelajaran, SMK Japa Dukuhseti Pati Kenalkan Tradisi Ziarah Kubur

Sebelum acara dimulai, KH. Mujiburrhman Ma’mun ( Gus Mujib ) selaku ketua Forum Komunikasi Pengasuh Pondok pesantren dawuh :” para santri khususnya yang baru setiiap malam mulai pukul 10, harus sudah ada di dalam pondok. Sebab para Banser akan selalu berkeliling di Kajen dan sekitarnya. Bagi santri yang terjaring keamanan, akan di ta’zir ( di sanksi ) membaca manaqib. Dengan nada agak bercanda Gus Mujib mengatakan:” makanya tidak heran pintar membaca manaqib “. KH.Asnawi Rohmat menambahkan :” terima kasih kepada Banser yang telah membantu melaksanakan tugas pengamanan ” jam malam ” pada santri. Jam malam efektif mendisiplinkan para santri Kajen dan sekitarnya.

Bagi yang ingin mengikuti acara istighosah dan shalat tasbih silakan aetiap malam Jum’at legi hadir di Masjid Jami’ Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Lokasi masjid di sebelah timur utara ( kurang lebih 200 meter ) dari Makam Waliyullah.Syeh Ahmad Mutamakin. Dari arah Kota Pati ke utara melewati.jalan Pati-Tayu kira-kira 18 km.

*Sekretaris PAC.GP. Ansor kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati.

Seribu Santri dari 50 Pesantren Ikuti Istighosah di Masjid Peninggalan Syeh Ahmad Mutamakin Kajen | patinews.com | 4.5

Leave a Reply