Categories: Berita

Seniman Ngabuburit Gelar Pertunjukan Seni di Bledug Kuwu

Patinews.com – Grobogan, Wisata alam merupakan destinasi yang paling banyak menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya karena suasana dan pemandangannya saja yang dicari,tetapi juga keunikannya. Apalagi kalau wisata tersebut merupakan wujud fenomena alam yang tidak biasa seperti Wisata Bledug Kuwu yang ada di grobogan satu ini. Bisa dibilang, tempat wisata ini cukup unik. Beberapa wisatawan bahkan menobatkan tempat ini sebagai miniature Salt Lake yang terdapat di amerika serikat. Letupan-letupan lumpur yang terdapat di kawasan wisata inilah yang menjadikan tempat wisata ini berbeda dengan yang lainnya.

Disini,kamu akan melihat fenomena alam berupa letupan-letupan lumpur itu akan menghasilkan suara hentakan,saking kuatnya, hentakan itu terdengar keras seperti tembakan meriam yang terdengar seperti tembakan meriam yang terdengar. Kalau musim dingin atau penghujan, tinggi letupannya mencapai tiga meter .Letupan-letupan yang muncul secara berkala yakni 2 sampai 3 menit. Letupan dari bledug kuwu ini akan muncul dengan keluarnya asap,gas dan air. Namun, air yang keluar ini mengandung garam. Garam tersebut kemudian di jual warga sekitar dengan nama garam Bledug Kuwu.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata bledug kuwu, pengunjung cukup perlu membayar tiket senilai Rp.3000 saja. Bledug kuwu terletak di tepi jalan purwodadi-kradenan-gabus di desa kuwu kecamatan kradenan kabupaten grobogan sekitar 28 km sebelah timur kota purwodadi.dengan keunikan objek wisata bledug kuwu tersebut sangat menarik untuk dinikmati.

Sabtu, 25/05/2019 Sejumlah seniman lokal ini ngabuburit dengan gelar pertunjukan-pertunjukan rampak gendang dan tarian di objek wisata bledug kuwu. Dengan kegiatan ini pengunjung diharapkan lebih mengenal seniman daerahnya sendiri. Menanti berbuka, sejumlah para seniman menghibur warga yang berada di objek wisata bledug kuwu ,ketukan kompang kendang yang berpalu dengan gamelan lokal jawa mengiringi gerak gemulai para penari, bertempat di hamparan padang objek wisata bledug kuwu, acara ini diharapkan dapat mempromosikan seniman-seniman daerah dan objek wisata.

Menurut Mansanta Khoirul, Penyelenggara acara, untuk mengisi kekosongan –kekosongan selama bulan ramadhan, kita bikin suatu acara yang tidak mengganggu ketertiban umum, dan juga ingin sedikit mempromosikan potensi-potensi lokal yang ada di wilayah grobogan, khususnya di daerah sini.

Di gelar secara suka rela acara ini sebagai ajang silaturahmi dan gala kekompakan para seniman daerah dari berbagai elemen. Menurut Trizil, Seniman, alasan saya, untuk mengikuti acara ini untuk meningkatkan potensial dari teman-teman pengendang yang semua dan menyatukan solidaritas sesama seniman semuanya. Dalam acara tersebut para pengunjung antusias untuk menyaksikan penampilan para seniman. Menurut Agni Pengunjung, Acara yang digelar secara perdana ini menurutnya sangat Asyik dan seru untuk menarik para pengunjung wisata bledug kuwu. Seruan terus berlangsung hingga saat adzan magrib tiba berkumandang dan waktu untuk berbuka puasa tiba.

(Sholihin Noer)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mengupas Keindahan Kerukunan Umat Beragama dan Budaya Desa Tempur Jepara

JEPARA, PATINEWS.COM Desa Tempur terletak di Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, Jateng. Desa Tempur ini terletak…

6 Agustus 2020

Mengenal Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional

PATINEWS.COM - FEATURED, Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang yang banyak dijadikan sebagai…

6 Agustus 2020

Larangan Penyembelihan Qurban Hewan Sapi Bagi Warga Kudus, Bukti Toleransi Umat Beragama

KUDUS, PATINEWS.COM Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tangga 31 Juli 2020, umat muslim diseluruh dunia…

6 Agustus 2020

Mahasiswa UMM Ajak Warga Budidayakan Tanaman Herbal, Guna Pencegahan Covid-19

JATENG, PATINEWS.COM Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa…

6 Agustus 2020

Pemberdayaan Perempuan Melalui Potensi Lokal

Perempuan merupakan salah satu komponen yang ada di masyarakat yang dapat dilibatkan dalam suatu pembangunan.…

6 Agustus 2020

Hari Jadi Pati ke 697, Sederhana Namun Kaya Makna

PATI, PATINEWS.COM Peringatan hari Jadi Kabupaten Pati yang ke-697 tahun 2020 ini terbilang cukup sederhana.…

6 Agustus 2020