Sempat Sentuh 60 Ribu, Harga Bawang Putih di Pasar Puri Turun

Sempat Sentuh Harga 60 Ribu, Harga Bawang Putih di Pasar Puri Turun

PatiNews.Com – Kota, Menjelang lebaran, harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pati cenderung stabil, seperti harga bawang putih yang semula menyentuh harga 60 ribu perkilo, sekarang turun menjadi 40 ribu.

Hal itu terungkap saat kunjungan Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto, SIK  bersama Disdagperin Kabupaten Pati ke Pasar Puri.  Rabu, 15 Mei 2019.

Harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar Puri, meski ada kenaikan tidak signifikan cenderung stabil, harga beras R 8,5 ribu sampai Rp 11 ribu, telur Rp 23, 5 ribu sampai Rp 24 ribu, bawang merah Rp 24 ribu, untuk harga cabe stabil. 

Meski relatif stabil bahkan cenderung turun, Satgas Pangan Daerah (Polres Pati bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati) tetap memantau perkembangan harga-harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di pasar-pasar tradisional.

Usai memantau harga kepokmas di Pasar Puri Baru, Rabu (15/5/2019), Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto didampingi Kepala Disdagperin Riyoso mengatakan, sidaknya tersebut untuk memastikan fluktuasi harga kepokmas di saat ramadhan menjelang Idul Fitri.

Baca juga:   Pemkab Pati Siapkan 4 Bus Mudik Lebaran Gratis

“Apakan terjadi peningkatan atau penurunan. Ini yang kita lakukan pengecekan, kalau seandainya terjadi kelangkaan barang terus terjadi peningkatan harga kita akan mengambil langkah bersama Disdagperin bisa melalui operasi pasar dan sebagainya,” ujarnya.

AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan, berdasarkan pantuan di sejumlah pedagang kepokmas di Pasar Puri Baru, justru harga-harga stabil bahkan cenderung turun. Meski ada kenaikan tidak begitu signifikan.

“Stok atau ketersediaan barang Kepokmas yang ada di Kabupaten Pati dari koordinasi dengan Disdagperin, masih mencukupi,” ujarnya.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto berharap dengan ketersediaan yang tercukup dan fluktuasi yang stabil dan cenderung turun, masyarakat saat ramadhan hingga merayakan lebaran dapat memenuhi kebutuhannya.

Dalam kegiatan ini, Kapolres juga membeli bawang putih dan bawang merah di kios  bu Lin Sutrisno masing- masing satu kilogram. (pn/ rd).

Sempat Sentuh 60 Ribu, Harga Bawang Putih di Pasar Puri Turun | patinews.com | 4.5

Leave a Reply