Sejumlah Massa di Stadion Joyokusumo Pati Mendadak Rusuh, Eits.. Ini Simulasi

Sejumlah Massa di Stadion Joyokusumo Pati Mendadak Rusuh, Eits.. Ini Simulasi

PatiNews.Com – Kota, Minggu, 23 September 2018 telah dilaksanakan latihan simulasi Pra Operasi Mantab Brata Candi 2018 Polres Pati di halaman Stadion Joyokusumo Pati.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Wakapolres Pati Kompol Danu Pamungkas Totok ini melibatkan 85 Anggota Sabhara, 3 Anggota Binmas, 11 Anggota Lantas, 20 Anggota Sat Narkoba, 9 Anggota Reskrim, 4 Anggota Urkes, 6 Anggota Humas, 300 Anggota Polsek dan 6 Anggota Provos.

Adapun tahapan skenario simulasi adalah
1. Tahap Kampanye
Iring iringan Paslon / Jurkam memasuki Lokasi Kampanye menuju Panggung.

Jurkam melakukan pembagian sembako di Panggung dimana pada aksi tersebut terdapat penolakan dan pelemparan kepada pada saat Paslon berada diatas panggung, namun situasi dapat dikendalikan dan orang yang melakukan pelemparan dapat diamankan dan dibawa ke Polres Pati.

Walkat amankan Jurkam untuk dibawa ke Mobil ( Mobil dibawa menuju arah utara memutari Stadion Joyo kembali ke DP )

Iring iringan Jurkam menuju lokasi kampanye dan terdapat penghadangan jurkam oleh massa. Petugas Pengawal ( R2 ) berhenti dan bernegosiasi dengan Massa

Petugas Pengawal ( R4 ) beserta rombongan kembali menuju DP

2. Kegiatan Selingan
Petugas yang ditunjuk sebagai Masyarakat pengguna R2 dan R4 memasuki layaknya Kondisi Lalu lintas yang normal ( berjalan dari DP melalui depan Tenda Undangan memutari Stadion Joyo dan kembali ke DP )

Petugas patroli R4 dan R2 dari Sat Lantas dan Sat Sabhara terlihat melaksanakan kegiatan Patroli.

3. Tahap Masa Tenang
Petugas Patroli dari Satpol PP, Polri dan TNI memasuki Lapangan, kemudian turun disuatu tempat untuk menurunkan Spanduk Kampanye / Alat Pegara Kampanye.

Dalam pelaksanaan penertiban atribut atau tanda gambar parpol dan para caleg ada sekelompok massa yang mendatangi petugas sambil marah-marah agar atribut tersebut tidak diturunkan, situasi tersebut dapat di tenangkan setelah di berikan penjelasan oleh petugas gabungan Satpol PP, Polri dan TNI.

4. Kegiatan Selingan
Petugas yang ditunjuk sebagai Masyarakat pengguna R2 dan R4 memasuki layaknya Kondisi Lalu lintas yang normal ( berjalan dari DP melalui depan Tenda Undangan memutari Stadion Joyo dan kembali ke DP ).

Baca juga:   Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0718 Pati Gelar Latihan Menembak

Petugas patroli R4 dan R2 dari Sat Lantas dan Sat Sabhara terlihat melaksanakan kegiatan Patroli.

5. Tahap Pungut Suara di TPS
Terdapat beberapa yang berbuat onar / keributan pada saat Penghitungan Suara di TPS karena tidak menerimakan Hasil Penghitungan di TPS, namun berhasil diamankan oleh petugas yang sedang melaksanakan pam di TPS.

Kelompok tersebut akhirnya melakukan Unjuk rasa di Kantor KPU Kab Pati diterima oleh petugas Pam Kantor KPU dan tidak di ijinkan memasuki Kantor KPU.

Karena Kalah Jumlah akhirnya petugas KPU Melaporkan Kabag Ops, kemudian oleh Kabag Ops diterjunkan Team Negosiator

Masa memaksa untuk memasuki Kantor KPU dan Team Negosiator tidak berhasil meredam amarah Massa, kemudian Padal Negosiator melaporkan perkembangan Situasi kepada Kabag Ops.

Atas Perintah Kabag Ops untuk diturunkan Dalmas Awal, terjadi aksi dorong dorong kemudian terjunkan Petugas Raimas Sabhara dan Unit Satwa untuk memberikan jeda waktu Lintas ganti Dalmas awal ke Dalmas Lanjut.

Massa semakin bringas kemudian diterjukan kembali Unit Raimas dan Unit Satwa untuk memberikan jeda waktu Lintas Ganti dari Dalmas Lanjut ke PHH Brimob.

Terdapat korban yang jatuh akibat aksi dorong dorongan antara massa dengan PHH Brimob kemudian diterjunkan Team Evakuasi Dokkes untuk mengevakuasi Korban.

Masa semakin bringas dan mulai melakukan pengrusakan dan Pembakaran – Petugas Apar memadamkan Api.

Kondisi massa masih Bringas kemudian ditembakkanlah Air Water Canon untuk memecah belah massa

Massa semakin beringas, dari Unit Deteksi memberikan Tanda kepada para provokator dilanjutkan Unit Gakkum melakukan Penembakan dan penangkapan thd para provokator untuk kemudian dibawa ke Polres Pati.

Unit Identifikasi melakukan Oleh TKP dengan hasil tidak diketemukan Bom dan Akhirnya Kerusuhan massa yang terjadi dikota Pati bisa dikendalikan dan keadaan berangsur kondusif. (pn/ wt)

Sejumlah Massa di Stadion Joyokusumo Pati Mendadak Rusuh, Eits.. Ini Simulasi | patinews.com | 4.5

Leave a Reply