fbpx

Sejarah Tanggal 31 Mei Disetiap Negara

Oleh: Aji Mustika

Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 31 Mei tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah peringatan hari tanpa tembakau se-dunia.
Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah,

1. Hari tanpa tembakau sedunia

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar “berpuasa” tidak merokok selama 24 jam serentak di seluruh dunia.

Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian sebanyak 5,4 juta jiwa.

Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencetuskan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini pada tahun 1987. Dalam satu dasawarsa terakhir, gerakan ini menuai reaksi baik berupa dukungan dari pemerintah, aktivis kesehatan, dan organisasi kesehatan masyarakat, ataupun tentangan dari para perokok, petani tembakau, dan industri rokok.

2. Kota Surabaya berdiri

31 Mei 1293, Kota Surabaya berdiri. Kini, Kota Pahlwan itu adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut.

Baca juga:   Kolak, Menu Takjil Favorit di Bulan Ramadhan

Surabaya juga merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini terletak 800 km sebelah timur Jakarta, atau 435 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Surabaya terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa.

3. Uni Afrika Selatan dibentuk

31 Mei 1910, Uni Afrika Selatan dibentuk. Uni Afrika Selatan adalah pendahulu negara Afrika Selatan yang ada sekarang. Negara ini berdiri dari tahun 1910 hingga 1961.

Negara ini dibentuk atas penggabungan Transvaal, Cape Colony, Koloni Natal dan Orange River Colony. Penguasa Britania Raya bertindak sebagai kepala negara hingga tanggal 31 Mei1961 ketika negeri ini mengumumkan perubahan bentuk dari persemakmuran menjadi republik.

4. 3 kali pembukaan Piala Dunia

31 Mei memiliki sejarah terjadinya tiga kali pembukaan Piala Dunia sepakbola. Yakni Pembukaan Piala Dunia FIFA 1970, Pembukaan Piala Dunia FIFA 1986 dan Pembukaan Piala Dunia FIFA 2002.

Sejarah Tanggal 31 Mei Disetiap Negara | patinews.com | 4.5

Leave a Reply