Sebelum Dilantik, Kades Terpilih Wajib Ikuti Pelatihan

Sebelum Dilantik, Kades Terpilih Wajib Ikuti Pelatihan

Patinews.com – Kota,

Usai digelarnya pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 21 Desember 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, hari ini menggelar kegiatan Pengarahan Bupati pada calon Kades terpilih di Ruang Penjawi. Selasa, 7 Januari 2019.

Sebelum nantinya dilantik, menurut Bupati Pati Haryanto, para Kades terpilih wajib mengikuti pelatihan.

Pelatihan ini sifatnya wajib, sebab terdapat materi – materi seperti cara menyusun APBDes, program kerja, membuat pertanggung jawaban, serta juga diisi materi oleh Kapolres maupun Dandim Pati”, kata Bupati.

Bupati menyebut, kegiatan pra pelantikan Kades terpilih ini dilaksanakan agar ke depan terbentuk satu pendapat dan satu informasi. “Jangan sampai terjadi kesalahpahaman disebabkan adanya kurang koordinasi dan komunikasi”, imbuhnya.

Pelatihan tersebut, lanjut Bupati, sifatnya wajib, sebab kades terpilih berasal dari latar belakang yang berbeda – beda.

“Sehingga kita latih terkait pemerintahan, pembangunan, hukum dan lain – lain. Karena Kades mau tidak mau dituntut untuk paham segala hal, terlebih saat ini zamannya adalah zaman milenial. Kita jadwalkan tanggal 15 Februari terlaksana, yaitu Sabtu Legi”, sambungnya.

Namun, lanjut bupati, bagi Kades yang sudah lebih dulu berpengalaman, tidak jadi persoalan. “Dan yang terpenting harus bisa menyikapi, persoalan – persoalan yang ramai di media sosial”, imbuhnya.

Apabila di waktu sebelumnya, pelantikan dahulu baru pelatihan, namun sekarang, menurut Bupati, aturannya beda, yakni pelatihan dulu baru pelantikan.

Saya juga menghimbau agar dalam pembahasan APBDes, para Kades terpilih ini bisa dilibatkan agar semua program – programnya terakomodir. Sekalipun belum membuat RPJMDes, setidaknya sudah ada program – program yang muncul dari Kades terutama saat membuat visi misi”, tegasnya.

Harapannya, lanjut Bupati, dari terlaksananya pelatihan ini, Kades yang berasal dari latar belakang berbeda – beda ini mampu mengerti dan memahami terkait sistem dalam pemerintahan, khususnya dalam mengelola anggaran yang begitu besar.

Lha anggaran ini kan bukan milik pribadi, melainkan milik pemerintah untuk kepentingan masyarakat. Jangan sampai anggaran tersebut masuk ke kantong pribadi, makanya saya selalu mengingatkan untuk hati – hati dalam menggunakannya”, himbau Bupati. (pn/ hms)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Dilantik, Karang Taruna Sari Kamandowo Talun Siap Kembangkan Potensi Desa

Patinews.com - Kayen, Malam ini (Kamis, 27 Februari 2020) bertempat di Balai Desa Talun Kecamatan…

4 jam ago

Hentikan Sementara Umrah, Indonesia Hormati Keputusan Saudi

Patinews.com - Nasional, Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penangguhan…

4 jam ago

Edi Wuryanto Siap Perjuangkan Tenaga Kesehatan Honorer Jadi ASN

Patinews.com - Kota, Edi Wuryanto, Anggota Komisi IX DPR RI Dapil 3 (Pati, Rembang, Blora,…

5 jam ago

Pasca Rontoknya Dinding Gedung RSUD Kayen, Komisi D DPRD Pati Pastikan Pelayanan Pasien Tak Terganggu

Patinews.com - Kayen, Terkait dengan adanya laporan dari masyarakat yang tersebar melalui media sosial terkait…

5 jam ago

Gandeng PIC, Kodim Pati Berbagi Ceria Bersama Ratusan Anak Yatim dan Penyandang Disabilitas

Patinews.com - Kota, Bertempat di Aula suluh Bhakti Kodim 0718 Pati berbagi ceria bersama sekitar…

6 jam ago

Terpasung 10 Tahun, Penderita Gangguan Jiwa Asal Talun Kayen Dievakuasi

Patinews.com - Kayen, Berasal dari informasi masyarakat, Z (40 tahun) warga Desa Talun Kecamatan Kayen…

7 jam ago