Sampaikan Keluhan, Nelayan Cantrang Juwana Wadul Dewan

Sampaikan Keluhan, Nelayan Cantrang Juwana Wadul Dewan

PatiNews.Com – Kota, Komisi D DPRD Kabupaten Pati kemarin pagi (Kamis, 07 November 2019) menerima Audiensi dari Paguyuban Cantrang Juwana “Mina Santosa” bertempat di ruang gabungan gedung DPRD Kabupaten Pati, Jateng.

Tak hanya Komisi B DPRD Kabupaten Pati, Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin serta Koordinator Komisi B Muhammadun yang juga Wakil Ketua DPRD ikut serta dalam menerima keluhan yang di alami oleh Nelayan Cantrang khususnya di Kabupaten Pati ini.

Heri Budiyanto, selaku Ketua Paguyuban Cantrang Juwana Mina Santosa menyampaikan kepada DPRD Kabupaten Pati agar mau memberikan bantuan untuk mendorong perpanjangan legalitas penggunaan cantrang. Pasalnya, 31 Desember 2019 mendatang cantrang sudah tidak diperbolehkan untuk beroperasi.

“Kalau sampai peraturan ini diketok palu, cantrang tidak boleh beroperasi, maka akan banyak lagi jumlah pengangguran di Juwana. Karena sebagian besar di Juwana adalah nelayan cantrang,” ujar Heri dalam aspirasinya kepada DPRD Kabupaten Pati selaku Wakil rakyat.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pati Rasmijan menyatakan akan memperjuangkan hal-hal yang tidak pro nelayan. Menurutnya, nelayan cantrang yang dianggap merusak itu tidak benar. Sebab alat cantrang itu ramah lingkungan karena sudah menggunakan alat echo sounder.

“Terkait uji petiknya cantrang sudah diuji dari 5 Instansi dan dinyatakan kalau alat cantrang ramah lingkungan,” lanjutnya di hadapan anggota dewan.

Ali Badrudin, Ketua DPRD Kabupaten Pati sekaligus pemimpin rapat audiensi tersebut menyatakan akan menampung semua aspirasi dari peserta audiensi.

“Kami disini merupakan wakil dari rakyat, jadi apa yang menjadi kemauan para nelayan cantrang kami akan siap mendorong dan akan kita perjuangkan,” imbuh Ali.

Dengan adanya pertemuan audiensi tersebut, para nelayan berharap agar apa yang mereka sampaikan bisa segera di relisasikan. Perjuangan akan di teruskan sampai ke tingkat Kementrian Kelautan dan Perikanan dalam mendapatkan wilayah pengelolaan perikanan (WPP) lebih dari satu, keamanan dalam berlayar, serta kemudahan dalam pengurusan surat izin kapal. (pn/ dok Humas Dewan).

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Inspiratif, Penjual Pecel ini Diwisuda dari PKH

Patinews.com - Rembang, Di sejumlah tempat, banyak warga yang ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bahkan, ada sebagian masyarakat yang rela…

3 jam ago

Jelang Nataru, Pemprov Jateng Antisipasi Lonjakan Harga

Patinews.com - Jateng, Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), kebutuhan konsumsi masyarakat diprediksi meningkat. Peningkatan tersebut harus diwaspadai dengan…

4 jam ago

Potensi Green Sukuk di Indonesia

Sumber : Bareksa.com Melihat pertumbuhan trend pada sukuk dunia, saat ini diproyeksi akan terus tumbuh hingga USD 130 miliar. Mengingat…

5 jam ago

Klub Voli Binaan Polres Pati, Borong Piala Bupati

Klub Voli Binaan Polres Pati, Borong Piala Bupati PatiNews.Com - Olahraga, Selama seminggu, digelar kejuaraan bola voli di Gedung Olahraga…

10 jam ago

Pemkab Pati Salurkan Bantuan Korban Bencana

Pemkab Pati Salurkan Bantuan Korban Bencana Patinews.com - Kota, Bertempat di Ruang Penjawi Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Pemkab menyalurkan bantuan…

1 hari ago

Satu Korban Meninggal Dunia, Akibat Laka Maut di Tikungan Abu Bakar Pati

Patinews.com - Margorejo, Satu orang meninggal dunia saat perawatan di Rumah Sakit akibat kecelakaan maut di tikungan sekolah Abu Bakar,…

1 hari ago