Sampaikan Keluhan, Nelayan Cantrang Juwana Wadul Dewan

Sampaikan Keluhan, Nelayan Cantrang Juwana Wadul Dewan

PatiNews.Com – Kota, Komisi D DPRD Kabupaten Pati kemarin pagi (Kamis, 07 November 2019) menerima Audiensi dari Paguyuban Cantrang Juwana “Mina Santosa” bertempat di ruang gabungan gedung DPRD Kabupaten Pati, Jateng.

Tak hanya Komisi B DPRD Kabupaten Pati, Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin serta Koordinator Komisi B Muhammadun yang juga Wakil Ketua DPRD ikut serta dalam menerima keluhan yang di alami oleh Nelayan Cantrang khususnya di Kabupaten Pati ini.

Heri Budiyanto, selaku Ketua Paguyuban Cantrang Juwana Mina Santosa menyampaikan kepada DPRD Kabupaten Pati agar mau memberikan bantuan untuk mendorong perpanjangan legalitas penggunaan cantrang. Pasalnya, 31 Desember 2019 mendatang cantrang sudah tidak diperbolehkan untuk beroperasi.

“Kalau sampai peraturan ini diketok palu, cantrang tidak boleh beroperasi, maka akan banyak lagi jumlah pengangguran di Juwana. Karena sebagian besar di Juwana adalah nelayan cantrang,” ujar Heri dalam aspirasinya kepada DPRD Kabupaten Pati selaku Wakil rakyat.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pati Rasmijan menyatakan akan memperjuangkan hal-hal yang tidak pro nelayan. Menurutnya, nelayan cantrang yang dianggap merusak itu tidak benar. Sebab alat cantrang itu ramah lingkungan karena sudah menggunakan alat echo sounder.

“Terkait uji petiknya cantrang sudah diuji dari 5 Instansi dan dinyatakan kalau alat cantrang ramah lingkungan,” lanjutnya di hadapan anggota dewan.

Ali Badrudin, Ketua DPRD Kabupaten Pati sekaligus pemimpin rapat audiensi tersebut menyatakan akan menampung semua aspirasi dari peserta audiensi.

“Kami disini merupakan wakil dari rakyat, jadi apa yang menjadi kemauan para nelayan cantrang kami akan siap mendorong dan akan kita perjuangkan,” imbuh Ali.

Dengan adanya pertemuan audiensi tersebut, para nelayan berharap agar apa yang mereka sampaikan bisa segera di relisasikan. Perjuangan akan di teruskan sampai ke tingkat Kementrian Kelautan dan Perikanan dalam mendapatkan wilayah pengelolaan perikanan (WPP) lebih dari satu, keamanan dalam berlayar, serta kemudahan dalam pengurusan surat izin kapal. (pn/ dok Humas Dewan).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Pemicu Tindak Pidana, 1637 Botol Miras Disita Polres Pati

PATINEWS.COM - KOTA, Selama berlangsungnya operasi ketupat candi, 24 April hingga 22 Mei 2020, Kepolisian…

24 Mei 2020

Lebaran, Gubernur Ganjar Gelar Open House Virtual

Lebaran, Gubernur Ganjar Gelar Open House Virtual JATENG, PATINEWS.COM Hari raya idul fitri kali ini…

24 Mei 2020

Persiapan sholat Id, Karang Taruna Supo Karyo Semprot Disinfektan di Semua Masjid dan Mushola Desa Pagerharjo

Persiapan sholat Id, Karang Taruna Supo Karyo Semprot Disinfektan di Semua Masjid dan Mushola Desa…

23 Mei 2020

Tagar #IndonesiaTerserah, Bentuk Kekecewaan Petugas Medis Kepada Masyarakat yang Tak Peduli Akan Aturan

Tagar #IndonesiaTerserah, Bentuk Kekecewaan Petugas Medis Kepada Masyarakat yang Tak Peduli Akan Aturan PatiNews.Com -…

23 Mei 2020

Tahap Pertama, BLT Dana Desa di Pati Mulai Disalurkan

Tahap Pertama, BLT Dana Desa di Pati Mulai Disalurkan PatiNews.Com - Kota, Bantuan Langsung Tunai…

23 Mei 2020

118 Pengunjung dan Karyawan Tiga Swalayan di Rapid Tes Acak, ini Hasilnya

118 Pengunjung dan Karyawan Tiga Swalayan di Rapid Tes Acak, ini Hasilnya PatiNews.Com - Kota,…

23 Mei 2020