Rawan Bencana, Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat Digelar di Pati

Rawan Bencana, Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat Digelar di Pati

Rawan Bencana, Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat Digelar di Pati

Patinews.com – Kota, Bertempat di Hall Sasono Kencono Roso Asih RM. Sapto Renggo Baru alamat Jl. Raya Pati – Kudus turut Ds. Badegan Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati, telah dilaksanakan kegiatan “Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM)”. Minggu tanggal 06 Agustus 2017 pukul 10.00 s/d 11.0/30 WIB.

Adapun yg hadir dalam giat tersebut antara lain,  Perwakilan PMI Kab. Pati : Sdr. PITONO (Tim KSR), BPBD Kab. Pati : Sdr. SUNARTO, Camat Margorejo yang diwakili : Sdr. EDY SUMARNO, Danramil 12/ Margorejo : KAPTEN INF SRIYANTO, Kapolsek Margorejo : AKP EKO PUJIYONO, Ketua LSM Pati Mandiri : Sdr. PURWANTO HADI dan Masyarakat Wilayah Margorejo kurang lebih 100 (seratus) Orang.

Pelatihan Singkat Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat oleh BPBD dan PMI Kab. Pati yang intinya, Apa itu KBBM ? : Yaitu Program Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM) atau Community Based Disaster Preparedness (CBDP) adalah program pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk mengambil tindakan inisiatif dalam mengurangi dampak bencana yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya.

Program KBBM bersifat partisipatif dan merupakan pendekatan lintas-sektoral melalui langkah – langkah mitigasi yang diarahkan pada pengurangan kerentanan fisik, lingkungan, kesehatan dan sosial – ekonomi, serta sebab-sebab yang tidak terduga lainnya.

Program KBBM berupaya menurunkan kerentanan individu, keluarga, dan masyarakat terhadap dampak bencana melalui pemberian informasi serta tentang manajemen bencana, khususnya upaya-upaya kesiapsiagaan bencana dan pengurangan risiko serta tanggap darurat bencana.

Baca juga:   Terungkap di Mukerkab, PMI Pati Bakal Punya Apotek

Program KBBM menggunakan cara-cara yang relatif sederhana dan mudah dilaksanakan. Masyarakat di kalangan bawah sekalipun dapat melakukan langkah-langkah tepat untuk mengurangi kerentanan dan kerusakan yang disebabkan oleh bencana.

Untuk Siapa Program KBBM ? : Seluruh warga masyarakat, khususnya masyarakat yang rentan dan miskin di wilayah rawan bencana.

Apa Tujuan KBBM ? : Meningkatkan kapasitas masyarakat dalam melaksanakan upaya – upaya kesiapsiagaan dan pengurangan risiko/dampak bencana yang terjadi di lingkungannya. Meningkatkan kapasitas PMI dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan terkoordinasi kepada para korban bencana.

Mengapa KBBM : Manajemen penanggulangan bencana sampai dengan kurun waktu terakhir ini hanya terfokus pada upaya bantuan, penyelamatan masyarakat yang terkena dampak bencana, serta rehabilitasi dan rekonstruksi yang tentu saja memerlukan biaya sangat mahal.

Cara – cara ini terus-menerus dilakukan tanpa adanya langkah-langkah bagaimana mengurangi dampak bencana dan tingkat risiko kerusakan.

Dengan Program KBBM, PMI melakukan langkah-langkah pemberdayaan kapasitas masyarakat agar mampu mengurangi tingkat risiko dan dampak bencana yang ditimbulkan.

PMI melatih TSR (Tenaga Sukarela) sebagai Tim Sibat yang diharapkan dapat menggerakkan dan membantu masyarakat dalam meningkatkan kapasitasnya dalam melaksanakan upaya – upaya kesiapsiagaan dan pengurangan risiko/ dampak bencana.

Di Mana KBBM Dilaksanakan? KBBM sangat tepat dilaksanakan di desa/ kelurahan atau daerah rawan bencana yang masyarakatnya memiliki tingkat kerentanan tinggi. Selain itu, mereka juga mudah untuk dimotivasi dalam melakukan kegiatan. (pdm)

Rawan Bencana, Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat Digelar di Pati | patinews.com | 4.5

Leave a Reply