Puluhan Anak Khitan Bersama RS Keluarga Sehat

Patinews.com – Kota, Masih dalam rangka HUT RS Keluarga Sehat yang ke 13. RS Keluarga Sehat kembali menggelar kegiatan CSR terhadap masyarakat Pati dan sekitarnya. Kali ini puluhan anak dari daerah Pati mengikuti acara khitan massal gratis bersama RS Keluarga Sehat. Kegiatan khitan massal ini baru diadakan oleh RS Keluarga Sehat di tahun ini.

Kegiatan sunatan ini dinilai mengandung nilai keagamaan dan kesehatan. Kalau dalam hubungan dengan Agama Islam, sunat itu wajib bagi laki-laki. Selain itu juga memiliki nilai pendidikan kesehatannya juga.

Sunat, khitan atau memotong kulup (kulit) yang menutupi ujung zakar kemaluan laki-laki, memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Dengan sunat itu sama saja untuk menjaga kebersihan dan bagi pria akan mudah untuk membersihkan kotoran yang menempel di kemaluannya. Manfaat khitan bagi kesehatan yang harus diketahui yaitu menjaga kebersihan, menjaga infeksi, mencegah kanker dan mencegah penyakit menular.

Sebanyak 42 anak kurang mampu usia 8-12 tahun mengikuti khitan massal di Hall RS Keluarga Sehat. Acara khitan berlangsung dari jam 07.00-selesai dengan melibatkan 8 tenaga dokter dari RS Keluarga Sehat yang sudah terlatih dalam menangani khitan.

Sambil menunggu giliran di khitan peserta dihibur dengan memutar film kartun. Sehingga bisa menghibur sebelum dan sesudah di khitan. Selain hiburan film kartun, setiap anak pun mendapat bingkisan celana khitan dan tas sekolah sebagai kadonya.

Rangkaian acara khitan massal ini sebelumnya peserta dilakukan screening terlebih dulu di tanggal 17 Juni 2019 untuk memastikan apakah ada kelainan darah dan kelainan genetik pada organ genital. Setelah peserta dinyatakan sehat maka dapat dilaksanakan khitan. Peserta khitan mendapatkan pelayanan gratis 1 kali kontrol pasca khitan.

Direktur RS Keluarga Sehat dr. Kelvin Kurniawan dalam sambutannya mengatakan,” Adik-adik tidak perlu takut di khitan karena teman-temannya banyak. Dan jangan khawatir akan dapat obat yang untuk dibawa pulang dan oleh dokter akan dijelaskan kapan harus kontrol kembali.

Dengan adanya kegiatan ini, bisa membawa manfaat bagi masyarakat dan bagi adik-adik sekalian untuk bisa berbahagia bersama RS Keluarga Sehat. Dan kedepannya semoga KSH bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini lagi,” kata Kelvin, saat membuka acara khitan massal gratis di Hall RS Keluarga Sehat (22/6/2019). (pn/ dr).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Bibit Kelapa Kopyor Pati Utara, Rambah Pasar Kalimantan

DUKUHSETI, PATINEWS.COM Musim Pandemi ini aktivitas bercocok tanam ternyata menjadi pilihan tersendiri bagi mereka yang…

23 September 2020

Lowongan Bank BCA untuk Posisi Program Bagi Kamu Fresh Graduate

Siapa bilang memiliki karir bank bagi para lulusan baru itu sulit? Buktinya lowongan bank BCA…

23 September 2020

Pengurus KONI Pati Resmi Dilantik, Momentum Tingkatkan Prestasi

Pengurus KONI Pati Resmi Dilantik, Momentum Tingkatkan Prestasi OLAHRAGA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto menghadiri pelantikan…

23 September 2020

Bersama Aparat, Pemdes Suwaduk Razia Jam Malam

Bersama Aparat, Pemdes Suwaduk Razia Jam Malam WEDARIJAKSA, PATINEWS.COM Sosialisasi melalui suaran langsung ”wara-wara” menggunakan…

23 September 2020

Kasus Covid-19 di Pati Tak Kunjung Melandai, Inikah Penyebabnya?

Kasus Covid-19 di Pati Tak Kunjung Melandai, Inikah Penyebabnya? PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto menyebutkan…

23 September 2020

Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Jitu di masa Pandemi oleh Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020

Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Jitu di masa Pandemi oleh Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020…

23 September 2020