fbpx

Prihatin Penyalahgunaan Narkoba, DHN Gencar Sosialisasi ke Sekolah

Patinews.com – Kayen, Prihatin dengan meningkatnya penyalahgunaan narkotika dan menyimpangnya perilaku pengguna media sosial yang melibatkan remaja khususnya di kabupaten Pati, Tim DHN (Development Humanity Nature) tengah fokus memberikan pemahaman kepada generasi milineal sebagai bekal dalam menghadapi persaingan diera digitalisasi.

DHN adalah lembaga yang fokus dalam pendampingan hukum, sosial kemasyarakatan, pengelolaan Corporate Social Responsibility, advokasi dan media branding.

Sehingga, kehadiran lembaga ini ditengah-tengah masyarakat diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mensosialisaikan program tepat sasaran yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dengan fokus tersebut, DHN digawangi oleh tiga orang yang memiliki latar belakang pekerjaan berbeda. Diantaranya yakni Darsono, Hartono, Niken Rochayati.

Dalam sosialiasi tersebut, Tim DHN yang didapuk menyampaikan materi yakni Niken Rochayati dan Darsono yang masing-masing menyampaikan materi maraknya narkotika dan bijak dalam bermedsos.

Niken mengungkapkan pengguna yang berperkara terkait dengan penyalahgunaan narkotika cukup tinggi dikabupaten Pati. Selain itu, menurutnya pengguna miras banyak ditemukan dikalangan usia-usia remaja, sehingga sosialisasi tersebut diharapkan sebagai langkah preventif agar kalangan remaja tidak lagi mudah terjerumus menggunakannya.

Alkohol meskipun tidak termasuk ke dalam jenis narkotika ia memiliki efek samping yang sama. Sama-sama merusak kesehatan tubuh yang dampaknya sangat luar biasa,” jelasnya di hadapan siswa-siswi SMA PGRI 2 Kayen.

Selain itu, remaja khususnya perempuan kerap kali menjadi korban penyalahgunaan narkotika dan miras akibat pergaulan yang kurang sehat. Kalangan usia remaja juga sering menjadi sasaran bagi pengedar narkoba.

Baca juga:   Peringati Milad ke 2, RSU Fastabiq Sehat Pati Gelar Donor Darah

Wanita yang biasanya berpacaran dapat rayuan biar kelihatan gaul, pakai narkotika, minum alkohol. Jangan sampai mau kayak gitu ya,” imbuhnya.

Selain itu, soal bijak dalam bermedsos Niken menekankan pada berita hoaks dan ujaran kebencian, unggahan foto selfie di media sosial yang bisa mengundang tindak kejahatan.

Banyak korban dari media sosial, saling kenal di facebook kemudian berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan media sosial,” pungkas Niken.

Sementara itu, Darsono yang merupakan pengacara menekankan pada penggunaan media sosial dengan bijak. Hal itu mengingat di zaman digitalisasi, perilaku dalam bermedia sosial pun cukup sering menimbulkan permasalahan hukum.

Unggahan gambar, video, dan status di media sosial yang berupa ujaran kebencian, berita hoaks itu bisa masuk ranah pidana. Jadi kalau mau upload itu bijaklah dengan ‘jempolmu’,” pungkasnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Surata Kepala Sekolah SMA PGRI 2 Kayen menyambut positif, bahkan dalam kesempatan dapat dilakukan kembali kegiatan sosialisasi tersebut.

Tentunya ini adalah hal yang positif dan semoga ada kegiatan lagi ke sekolah kami,“ ujar Surata. (pn/ *)

Prihatin Penyalahgunaan Narkoba, DHN Gencar Sosialisasi ke Sekolah | patinews.com | 4.5

Leave a Reply