Pilih Mana, Melintasi Harapan atau Kembali ke Masa Lalu?

Penulis: Adimas Ramadhan

Tentu akan jadi dambaan setiap orang agar bisa kembali dan merubah hidup yang disesali atau setidaknya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Siapa coba yang tidak sepakat akan hal itu jika besok dengan mudah manusia wara-wiri sekonyong koder melintasi antar dimensi dengan sekali kedipan. Clint!!! Bersih bersinar, dan hilang. Harapan ini mungkin bisa diwujudkan nanti. Apalagi saat ini, dunia sedang digemparkan dengan penemuan citra Black Hole yang pertama kali bisa difoto. Spesialnya, foto fenomenal itu bisa diambil berkat oleh seorang perempuan bernama Katie Bouman dengan ilmu computer science miliknya dan tergabung dalam tim ilmuwan astronomi internasional di Event Horizon Telescope. Peristiwa bersejarah ini tercatat pada 10 April 2019 pukul 20.00 WIB (03.00 p.m. waktu Brussel).

Mengapa Perempuan?

Soal Lubang Hitam itu sendiri, di era modern pasca renaissance banyak sekali prediksi tentang masa depan yaitu waktu kita sekarang. Mulai terpikirkannya manusia saat itu untuk membuat teleport dan cerita-cerita fiksi apalagi beredarnya foto-foto manusia yang katanya dari masa depan serta penampakan UFO. Hal ini dikarenakan pengaruh Einstein (1919) yang telah melahirkan teori Relativitas Umum. Banyak kegilaan yang terjadi sebab teori Eintein itu. Sampai-sampai pernah dianggap “Einstein Ilmuwan Gila” karena teorinya saat itu belum terbuktikan. Berungtunglah dia, di masa post modern Stephen Hawking karena bermaksud memecahkan masalah teori Relativitas Umum malah dijawab dan menciptakan teori baru Theory of Everything, so amazed. Nah itu bagi para ilmuwan, coba bagi kita, maksud hati ingin selesai masalahnya eh malah makin kompleks. Apalagi masalah soal perempuan?!

Eits, tunggu dulu, soal perempuan sebetulnya banyak berkontribusi untuk masa depan laki-laki, jika kita pahami lebih intim. Banyak foto yang beredar tentang orang yang melintasi masa depan adalah perempuan. Mungkin mereka kembali ke masa lalu untukmenilik gen-gen yang kuat dan berkualitas unggul. Itu praduga dan belum terbukti secara science. Sekarang, jelas nyata dengan terdeteksinya lubang hitam hasil dedikasi seorang perempuan. Sebetulnya masih banyak perempuan lain yang berkontribusi di bidang sains maupun lain. Untuk kali ini, Katie Bouman lebih unggul sedikit dengan penemuan lain. Bagaimana tidak, diantara miliaran bintang yang ada, dia tunjuk satu bintang dan  tak disangka ternyata itu sebuah lubang hitam. Saya jadi berpikir, apakah karena perempuan mempunyai perasaan yang lebih peka dan detail serta teliti sehingga bisa membedakan pasti atau palsu? Terdeteksilah, lubang hitam yang tidak palsu itu. Kek janji-janjimu.

Mungkin alasan-alasan diatas yang kemudian foto manusia lintas dimensi banyak digambarkan seorang perempuan dari masa depan. Di sisi lain, tentu masih banyak pertentangan soal peran perempuan karena budaya patriaki. Tidak terkecuali Katie Bouman pada proyek tersebut dimana perannya hampir diabaikan, awalnya.

Harapan Melintasi Ruang dan Waktu

Berkat penemuan citra lubang hitam ini tentu masih banyak lubang hitam yang perlu dicari dan ketahui keberadaannya. Bisa jadi malah sebagai cikal bakal lubang cacing yang memungkinkan mewujudkan teleportasi itu nyata dan semakin membuka cakrawala semesta. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Iya, seperti saat mau mengirim chatting pada doi, berlaku  kuat signal, jarak, gangguan/traffic dan kecepatan gelombang EM (elektromagnetik) serta provider sama atau tidak. Nah di black hole juga, berlaku kuat energi, dua balck hole yang bersinggungan, gangguan dark matters lain, dan kecepatan energi hasil kombinasi, kombinasi selaras atau saling menghilangkan.

Baca juga:   HUT Satpam ke 37, Kapolres Pati Minta Kedepankan Upaya Preventif

Coba kita tilik seksama foto lubang hitam itu, hanya ada sedikit cahaya disekitaran lingkaran hitam pekat. Semakin pekat ini menandakan semakin jauh. Seberapa jauh lubang itu menembus milky way kita dan apakah bisa mengantarkan kita ke galaksi lain atau bahkan ke semesta lain?. Masih sebuah misteri ilahi kek di serial televisi, bisa atau enggaknya. Belum jadi diantarkan ke dimensi lain, kita perlu untuk memikirkan cara kesana terlebih dahulu. Letak lubang itu ke tata surya kita adalah di rasi bintang virgo dan berjarak 6,6 miliar tahun cahaya. Ke Mars saja yang berjarak 401 juta km (ephige) butuh waktu 289 hari dengan New Horizons, apalagi ke lubang hitam M87 itu?  Lalu, dengan cara apa kita kesana? Menggunakan apa? Andai kita punya kendaraan seperti alexander the great yang punya kuda dan bisa membawanya melintasi belahan semesta lain, atau malah punya burok dengan kecepatan infinity diatas cahaya. Atau ingin mencoba menggunakan teleport gelombang EM kayak di film Big Hero 6 (Baymax)?. Banyak resiko, jika memang protoypenya belum siap, bisa jadi partikel akan lenyap memasuki teleport itu atau malah bisa terjebak di antara ruang dan waktu, yang suka nonton marvel pasti tahu Ant man and the waps atau film doraemon masuk ke laci meja belajar menuju tempat lain adalah gambaran melintasi ruang dan waktu. Ingat, manusia itu tersusun dari partikel lebih lagi bagai butiran debu di semesta ini.

Kembali Menunggu?

Sekarang ini, para ilmuwan masih galau tentang Buroq Muhammad, itu pakai teknologi apa, kok bisa mengantarkan ke dimensi lain maupun semesta ketujuh. Masih jadi misteri yang abadi sampai saat ini karena para ilmuwan baru mampu membuat kendaraan masih jauh dibawah kecepatan cahaya. Jadi, apakah selama ini manusia malah kembali ke masa lalu alias mengalami kemunduran? Sepertinya tidak karena yang telah diketahui bersama, kedua orang tersebut istimewa dan bisa jadi kejadian itu bermaksud supaya manusia berpikir lebih dalam lagi. Kemudian, percaya bahwa semesta itu luas dan tercipta karena diciptakan dan tentunya pencipta adalah lebih besar daripada ciptaannya. Hasil dari perenungan itu, berbagai penemuan telah kita ciptakan dan pakai. Bukti adanya kemajuan yang berawal dari harapan. Tidak menutup kemungkinan di masa mendatang ada sebuah kendaraan yang bisa melintasi harapan. Kembali menunggu lagi.

Jika kamu tidak mau, ada dua pilihan yaitu lintasilah harapanmu dan wujudkan itu atau kamu tidak berbuat apa-apa terjebak di lorong waktu sekarang  dan hanya akan jadi masa lalu belaka, menyedihkan.

Pilih Mana, Melintasi Harapan atau Kembali ke Masa Lalu? | patinews.com | 4.5

Leave a Reply