Categories: Berita

Permudah Akses Warga, Jalan Menuju Makam Pangeran Benowo Diperbaiki

Patinews.com – Pucakwangi, Jalan menuju ke makam Pengeran Benowo akan segera diperbaiki. Jalan yang dikerjakan dalam program TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0718/Pati ini akan mempermudah akses ke makam Pangeran Benowo yang ada di Dukuh Morotopo Desa Wateshaji Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Senin, 15 Juli 2019.

Kepala Desa Wateshaji Rakimin yang selalu hadir di lokasi pembuatan jalan tersebut mengatakan bahwa makam Pangeran Benowo selama ini ada lima versi. Salah satunya yang dipercaya masyarakat Wateshaji bahwa makam Pangeran Benowo berada di Dukuh Morotopo Desa Wateshaji Kecamatan Pucakwangi ini.

Sejarah Pangeran Benowo

Menurut penuturan Kades dan dipercayai oleh warga Desa Wateshaji bahwasannya Pangeran Benowo dimakamkan di Dukuh Morotopo. Menurut silsilah yang beredar di Wateshaji Pangeran Benowo adalah putra laki – laki dari Sultan Hadiwijoyo dari kerajaan Pajang.

Setelah Sultan Hadiwijoyo wafat seharusnya Pangeran Benowo yang naik tahta menggantikan ayahandanya untuk memimpin Kerajaan Pajang. Karena berbagai kejadian beliau hanya menempati sebagai Bupati Jipang Panolan, sedangkan raja Pajang dipegang oleh Pangeran Parigi.

Dengan berjalannya waktu dan ketidak adilan Pangeran Parigi akhirnya Pangeran Benowo naik tahta menjadi raja di Pajang dengan dibantu Pangeran Sutowijoyo. Tak berlangsung lama kekuasaan Pangeran Benowo akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada Pangeran Sutowijoyo. Penyerahan ini dilakukan karena Pangeran Benowo ingin mengasingkan diri dari keduniawian dan ingin mencari ketenangan jiwa.

Dalam pengasingannya tersebut akhirnya Pangeran Benowo sampai di sebuah gunung yang sunyi dan tenang di Desa Wateshaji. Maka menetaplah Pangeran Benowo disana untuk bertapa.

Maka akhirnya daerah tersebut dikenal dengan Morotopo yang berasal dari kata “moro” yang berarti datang dan “topo” yang berarti bertapa. Maka sampai sekarang daerah tersebut terkenal dengan Morotopo yang berada di Desa Wateshaji Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati.

“Kami warga Wateshaji sangat yakin kalau makam tersebut adalah makam Pangeran Benowo, oleh karena itu dengan dibangunnya jalan ini semakin mendekatkan akses warga Wateshaji menuju makam Pangeran Benowo. Sebelum dibuatnya jalan ini masyarakat harus memutar melewati Kecamatan Todanan yang berada di Kabupaten Blora kalu hendak ke Morotopo,” ujar Rakimin.

Kapten Inf Suyani selaku Danramil 17/Pck selalu memberikan semangat kepada anggota Koramil dan warga agar tetap kompak dan bersinergi agar pembuatan jalan ini dapat segera diselesaikan.

“Dengan kompaknya anggota Koramil dan masyarakat diharapkan jalan ini segera selesai, tidak harus menunggu penutupan TMMD, seperti pada hari minggu kemaren kita tetap bergotong royong menyelesaikan pekerjaan ini,” ungkap Suyani.

Maka tepatlah dengan diadakannya program TMMD ini membangun akses jalan menuju Dukuh Morotopo, sehingga masyarakat Wateshaji tidak perlu lagi memutar apabila menuju Dukuh Motoropo maupun menuju ke Kecamatan Pucakwangi. (PN/ Sol/ pdmpati)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Desa Soneyan Margoyoso Mendadak Didatangi Ratusan Prajurit TNI

Patinews.com - Margoyoso, Ratusan Prajurit dari Kodim 0718/Pati melaksanakan kegiatan Minggu Militer dengan materi Ketahanan Mars yang dilaksanakan di desa…

2 jam ago

Kasi Humas Polsek Jakenan, Bantu Obati Warga Digigit “Ulo Ijo”

Patinews.com - Jakenan, Disamping melaksanakan tugas sehari hari sebagai Kasi Humas Polsek Jakenan, Aiptu Pudiyanto sering kali di Datangi warga…

2 jam ago

Bupati Pati Soroti Dampak Keterlambatan Pembayaran Listrik

Patinews.com - Kota, Bupati Pati Haryanto menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT. PLN UP3 Kudus dan RS Mitra Bangsa di ruang…

3 jam ago

Dari Pelatihan, Wabup Harap Bermunculan Inovasi Batik Khas Pati

Dari Pelatihan, Wabup Harap Bermunculan Inovasi Batik Khas Pati PatiNews.Com - Juwana, Selama ini, batik identik berasal dari Solo dan…

3 jam ago

Bocah SD Sesaki Area Pemusnahan Miras, Bupati Pati Ubah Rasa Penasaran Anak Menjadi Bahan Pembelajaran

Bocah SD Sesaki Area Pemusnahan Miras, Bupati Pati Ubah Rasa Penasaran Anak Menjadi Bahan Pembelajaran PatiNews.Com - Kota, Kegiatan pemusnahan…

6 jam ago

Musnahkan Barang Bukti, 8000 Botol Miras Digilas Selender

Musnahkan Barang Bukti, 8000 Botol Miras Digilas Selender PatiNews.Com - Kota, Pemusnahan Barang Bukti dan Rampasan Miras Oleh Kejaksaan Negeri…

10 jam ago