Peringati Hari Diabetes Sedunia, RS Keluarga Sehat Gelar Senam Diabetes

Peringati Hari Diabetes Sedunia, RS Keluarga Sehat Gelar Senam Diabetes

PatiNews.Com – Kota, Ada yang berbeda di halaman RS Keluarga Sehat. Sejumlah komunitas Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) dari beberapa Klinik Pratama dan Puskesmas mengikuti acara senam diabetes.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Diabetes Sedunia dengan tema ″Sehat Mudaku, Bugar Hari Tuaku″.

Rangkaian kegiatan senam diabetes ini diawali dengan penyuluhan kesehatan yang dibawakan oleh Dr. Dhyna Mutiarasari Pawestri dan dilanjutkan dengan senam diabetes bersama yang dipandu oleh Instruktur senam bersertifikat. Kegiatan ini diikuti oleh 209 peserta diantaranya berasal dari Prolanis Klinik Pratama Keluarga Sehat, Klinik Tamara Sehat Wedarijaksa, Puskesmas Margorejo, Puskesmas Margoyoso 1, Klub Jantung Sehat KSH, Klub Jantung Sehat Juwana, dan komunitas lainnya.

Dalam paparan penyuluhannya Dr. Dhyna menyampaikan bahwa Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar gula pada darah dan air seni. Pasien DM disarankan untuk berolahraga minimal 3 kali sepekan selama paling sedikit 30 menit dan mengatur pola makan. Senam bagi Penderita Diabetes sangat disarankan bagi penderita diabetes karena selain mampu untuk membakar kalori yang berlebih di dalam tubuh, juga di anggap mampu untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Dr. Yessi Natalia Setiawan, M.Kes selaku Deputy Direktur RS Keluarga Sehat dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tanggal 14 November diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Dengan peringatan ini diharapkan bisa meningkatkan masyarakat dalam menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diabetes. Untuk meningkatkan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan kita perlu menerapkan CERDIK : Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres. Jadi cegah diabetes dengan CERDIK.

Pada tahun 2020 RS Keluarga Sehat berencana membentuk PERSADIA RS Keluarga Sehat dan kami siap memfasilitasi pelatihan instruktur senam diabetes yang bersertifikat,″ ungkapnya. (pn/ *).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Cara Mudah Memainkan Mobile Legends Di PC

Mobile Legends : Bang Bang merupakan salah satu game MOBA mobile yang paling populer saat…

6 jam ago

Sadar Akan Tantangan Industri 4.0, Prodi Perbankan Syariah IPMAFA Gelar Kuliah Pakar

Perkembangan Industri 4.0 memberikan perubahan besar dalam penyusunan strategi bisnis perusahaan tidak terkecuali pada industri…

13 jam ago

Cari Vendor Pernikahan Terpercaya? Yuk Hadiri Pati Utara Wedding Exhibition 2020

21-22 Maret 2020 “PATI UTARA WEDDING EXHIBITION 2020” . Sedang merencanakan pernikahan? Bingung dengan segala…

14 jam ago

“Hallo Pak Inggi”, Program Kades Jrahi Terima Aduan Warga

Patinews.com – Gunungwungkal, Usai dilantik menjadi Kepala Desa (Kades) Jrahi Kecamatan Gunungwungkal, Miko Adi Setyawan…

14 jam ago

Gandeng Binalattas Kemnaker RI, Optimis Hasil UMKM Pati Go Internasional

Patinews.com - Kota, Pemerintah Kabupaten Pati dalam hal ini diwakili oleh enam Organisasi Perangkat Daerah…

15 jam ago

Kadin Pati Dorong Pelaku UMKM “Go Ekspor”

Patinews.com - Batangan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pati siap menarik dan membina pelaku…

16 jam ago