Peringati Hari Bhayangkara ke-72, Polres Pati Gelorakan Semangat Promoter

Peringati Hari Bhayangkara ke-72, Polres Pati Gelorakan Semangat Promoter

Peringati Hari Bhayangkara ke-72, Polres Pati Gelorakan Semangat Promoter

PATINEWS.com – KOTA, Rabu, 11 Juli 2018, bertempat di halaman Mako Polres Pati telah dilaksanakan Upacara Hari Bhayangkara ke-72 Tahun 2018 bertema “Dengan Semangat Promoter (Profesional, Moder, Terpercaya) Polri Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 Dan 2019” dengan Inspektur Upacara Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, S.I.K, M.SI dan bertindak selaku Komandan Upacara AKP Budi Santosa, S.H. Kasat Binmas Polres Pati.

Hadir dalam upacara tersebut antara lain, Forkopimda Kabupaten Pati, Anggota DPRD Pati, FKUB Kabupaten Pati, jajaran OPD serta jajaran Polsek Polres Pati.

Dalam Kesempatan Tersebut Kapolres Pati Membacakan Amanat Tertulis Presiden RI Ir. Joko Widodo yang memberikan pesan dan instruksi kepada segenap jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia guna dipedomani dalam pelaksanaan tugas, yaitu sebagai berikut sebagai berikut :

– Di Bidang Pemeliharaan Kamtibmas, Saya Minta Polri Mampu Mengedepankan Tindakan Penangkalan Dan Pencegahan. Petakan, Deteksi Dan Antisipasi Setiap Potensi Kerawanan Yang Ada, Serta Lakukan Langkah Penanganan Yang Tepat, Agar Tidak Terjadi Gangguan Kamtibmas Yang Meresahkan, Sehingga Seluruh Kegiatan Dapat Berjalan Lancar Dan Masyarakat Dapat Melaksanakan Seluruh Aktivitasnya Dengan Aman Dan Nyaman.

– Di Bidang Penegakan Hukum, Lakukan Pemberantasan Terhadap Setiap Bentuk Kejahatan Dan Tindak Kriminalitas Secara Tegas, Profesional, Legitimate Dan Tidak Diskriminatif, Sehingga Dapat Menjamin Kepastian Hukum Dan Memenuhi Rasa Keadilan Bagi Masyarakat.

– Manfaatkan Perkembangan Teknologi. Pemolisian Berbasis Teknologi Dengan Sistem Yang Terintegrasi Merupakan Suatu Keniscayaan Bagi Polri Dalam Mengelola Organisasi Dan Dalam Menangani Perkembangan Karakteristik Kejahatan Yang Semakin Canggih. Berantas Praktek-Praktek Pungutan Liar, Mafia Hukum, Makelar Kasus Di Kepolisian.

– Tingkatkan Koordinasi Dan Kerjasama Dengan Seluruh Aparat Penegak Hukum Lainnya Maupun Stakeholders Terkait Serta Intensifkan Komunikasi Dan Jalin Kedekatan Dengan Masyarakat.

Baca juga:   Harlah Ke 83 GP Ansor se-Jatim dipusatkan Di Ponpes Lirboyo Kediri

– Perbaiki Mutu Dan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat, Dengan Memberikan Pelayanan Yang Mudah, Sederhana, Tidak Berbelit, Prosedur Yang Jelas, Serta Hindari Adanya Pungutan Tambahan Maupun Aktivitas Percaloan Pada Seluruh Titik Layanan Polri. Optimalkan Bentuk Layanan Dengan Sistem On-Line Serta Wujudkan Pelayanan Publik Yang Lebih Responsif Dan Pro Aktif.

– Berikan Perlindungan Yang Memadai Kepada Kelompok-Kelompok Rentan: Penyandang Disabilitas, Anak-Anak Dan Perempuan. Beri Pengayoman Dan Perlindungan Yang Setara Kepada Semua Warga Bangsa Yang Beragam Dari Sisi Agama, Etnis, Aliran, Gender, Kelompok Sosial Lainnya. Saya Berharap, Polri Mampu Menjadi Perekat Kebhinnekaan, Penjaga Toleransi Serta Memperkuat Persatuan Indonesia.

“Saya Juga Berharap, Melalui Tangan Polri, Negara Dapat Selalu Hadir Ditengah Masyarakat Dalam Memberikan Rasa Aman, Mampu Membangun Keteraturan Dan Keharmonisan Sosial, Menjadi Tauladan Dalam Kepatuhan Dan Ketaatan Terhadap Hukum Serta Tidak Sekalipun Melakukan Perbuatan Menyimpang Dan Tercela. Jadilah Penggerak Revolusi Mental Dan Pelopor Tertib Sosial Di Ruang Publik”..

Presiden menginstruksikan ke jajaran Polri untuk meningkatkan kinerjanya melalui langkah – langkah sebagai berikut:
1. Mantapkan Profesionalisme Polri dan memperkokoh semangat dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks.
2. Lakukan perbaikan terhadap kelemahan kelemahan yang ada, terutama dalam penegakan hukum harus dilakukan secara profesional, transparan dan berkeadilan.
3. Tekan budaya koruptif dan hindari tindakan yang berlebihan atau kekerasan eksesif karena kontra produktif.
4. Kedepankan langkah langkah pencegahan melalui proaktive policing strategy dan tindakan humanis dalam menangani setiap permasalahan sosial yang timbul.
5. Tingkatkan sinergi, koordinasi, dan komunikasi dengan TNI dan elemen pemerintah maupun masyarakat sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional.

Dalam upacara HUT Bhayangkara ke 72 di Mapolres Pati juga telah dianugerahkan tanda penghargaan anggota Polri berupa Satya lencana pengabdian, 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun dan Bintang Bhayangkara Nararya. (PN/ RP/ WT)

Peringati Hari Bhayangkara ke-72, Polres Pati Gelorakan Semangat Promoter | patinews.com | 4.5

Leave a Reply