Peringatan Hari Santri, Jangan Sampai Berhenti Dalam Seremoni

Peringatan Hari Santri, Jangan Sampai Berhenti Dalam Seremoni

Oleh : Imam Muhlis Ali, S.Pd.I*

Hendaknya peringatan hari santri tidak berhenti dalam upacara seremoni saja. Juga tidak hanya dalam lingkup lingkungan pesantren, madrasah dan.lembaga keagamaan saja. Karena santri itu dapat melakukan segala kegiatan, kreatifitasi,inovasi dan pagelaran yang lebih luas. Seperti misal peringatan hari.santri.bisa dilaksanakan dalam area kantor-kantor umum, lembaga non keagamaan, dan bisa juga di.peringati di area instansi pemerintahan.

Meski santri itu lahir dari pesantren, madrasah namun makna santri bisa di terapkan dalam.jiwa-jiwa manusia Indonesia. Ya jiwa seorang muslim yang sederhana, relijius, tawadlu’ (hormat pada yang lebih tua), sikap moderat, nasionalisme (cinta tanah air) dan patuh pada pemerintah (selama menjalankan PBNU: Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945).

Setidaknya sejak di peringati hari santri mulai tahun 2015, respon para santri dan masyarakat pelosok nusantara sangat besar. Ini terbukti pada hari ini berbagai media elektronik dan lainnya mengabarkan upacara dan kegiatan semarak hari santri. Kegiatan itu seperti jalan sehat, donor darah, bazar, diskusi ilmiyah, simposium, sholawatan, pembacaan nariyahan, pengajian, bakti sosial dan sebagainya. Namun akan lebih semarak, elegan dan mengena disarankan:

  1. Pemda/Kabupaten serius menganggarkan dana hari santri yang cukup demi perluasan kegiatan hari santri karena hari santri hakikatnya adalah berbicara pengakuan tentang peran besar para kyai dan santri.Pemda/Pemkab yang masih memberi dana sedikit hendaknya tahun-tahun mendatang menambah anggaran.
  2. Hendaknya nilai-nilai santri seperti kesederhanaan, cinta tanah air, modrtat, tawasuth, tawazun dan relijius nasionalis di konversikan dalam kehidupan sehari-hari
  3. Sesegara pemerintah menambahi payung hukum tak hanya Kepres namun juga Undang-Undang yang sifatnya permanen meskipun beralih kepemimpinan nasional dan hari santri di jadikan tanggal merah (libur nasional)
  4. Di harapkan tidak berhenti.dalam.seremoni.upacara saja namun hendaknya kegiatan-kegiatan yang ‘mengedukasi’ generasi dalam.kemasan yang tidak.monoton.misal bisa diselenggarakan di mal,plaza, atau tempat-tempat pusat perbelanjaan dan pariwisata umum.
  5. Kita semua khususnya para pendidik, murid,santri dan pihak-pihak terkait seyogyanya terus menambah literasi bacaan ilmu, pengetahuan dan agama demi sebuah wawasan keindonesiaan dan kesantrian khususnya sejarah pesantren di.nusantara ini.

Semoga saja makna hari santri tidak berhenti.pada teks-teks seremoni upacara saja namun perlu menambah pemahaman utuh filosofi perjuangan para kya1 dan santri.

SELAMAT HARI.SANTRI, 22 Oktober 2019
BERASAMA SANTRI DAMAILAH NEGERI INI.
Salam santri.

*Pendidik di MI Darun Najah
Kader Ansor-Banser
Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Dua Tahun Pemkab Pati Terapkan Transaksi Non Tunai, Permudah Masyarakat Bayar Pajak

Dua Tahun Pemkab Pati Terapkan Transaksi Non Tunai, Permudah Masyarakat Bayar Pajak PatiNews.Com - Kota,…

41 menit ago

Dilantik, Karang Taruna Sari Kamandowo Talun Siap Kembangkan Potensi Desa

Patinews.com - Kayen, Malam ini (Kamis, 27 Februari 2020) bertempat di Balai Desa Talun Kecamatan…

11 jam ago

Hentikan Sementara Umrah, Indonesia Hormati Keputusan Saudi

Patinews.com - Nasional, Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penangguhan…

12 jam ago

Edi Wuryanto Siap Perjuangkan Tenaga Kesehatan Honorer Jadi ASN

Patinews.com - Kota, Edi Wuryanto, Anggota Komisi IX DPR RI Dapil 3 (Pati, Rembang, Blora,…

12 jam ago

Pasca Rontoknya Dinding Gedung RSUD Kayen, Komisi D DPRD Pati Pastikan Pelayanan Pasien Tak Terganggu

Patinews.com - Kayen, Terkait dengan adanya laporan dari masyarakat yang tersebar melalui media sosial terkait…

12 jam ago

Gandeng PIC, Kodim Pati Berbagi Ceria Bersama Ratusan Anak Yatim dan Penyandang Disabilitas

Patinews.com - Kota, Bertempat di Aula suluh Bhakti Kodim 0718 Pati berbagi ceria bersama sekitar…

13 jam ago