Perguruan Tinggi Ternama di Jateng ini, Incar Pati Jadi Lokasi KKN

Bupati Pati Haryanto menerima Mahasiswa KKN Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang di Pendopo Kabupaten Pati. Kamis, 11 Juli 2019
Bupati Pati Haryanto menerima Mahasiswa KKN Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang di Pendopo Kabupaten Pati. Kamis, 11 Juli 2019

Patinews.com – Kota, Setelah sehari sebelumnya, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Tim KKN Undip diterima oleh Bupati Pati Haryanto, hari ini giliran Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang yang mengirimkan ratusan mahasiswanya untuk terjun KKN di Kabupaten Pati. Kamis, 11 Juli 2019.

Hal ini tak lepas dari kerjasama yang baik dengan Pemkab ditambah dengan sambutan warga Pati yang amat terbuka pada mahasiswa yang hendak melakukan praktek pengabdian masyarakat membuat sejumlah perguruan tinggi ternama di Jawa Tengah menjadikan Pati sebagai incaran kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Di sela-sela kesibukannya Bupati menyempatkan diri untuk menyambut Tim KKN Unissula di Pendopo Kabupaten Pati, pagi hari tadi.

Ini merupakan komitmen Pemkab, karena pada akhir 2018 lalu, Bupati dan Rektor Unissula telah menandatangani kerjasama dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi.

Karena kegiatan KKN merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, maka Bupati pun menyambut gembira kedatangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode VIII tahun ajaran 2018 – 2019.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Pati Pujo Winarno, serta Camat Margoyoso.

Kepala Bappeda Pati Pujo Winarno menyampaikan bahwa dalam kegiatan KKN ini, total mahasiswa Unissula yang mengikuti KKN adalah sebanyak 339 mahasiswa yang tersebar di semua desa di Kecamatan Margoyoso.

“Tujuan KKN yaitu untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta pengabdian dalam masyarakat. Kemudian mendekatkan antara perguruan tinggi dengan masyarakat, serta menguatkan kepedulian mahasiswa terhadap segala permasalahan dalam masyarakat utamanya di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Baca juga:   Tengkulak yang Permainkan Harga Beras dan Gabah, Harus Ditindak Tegas

KKN ini dijadwalkan mulai tanggal 11 Juli 2019 sampai dengan tanggal 28 Juli 2019, yang tersebar atau berada di semua desa di Kecamatan Margoyoso.

Dalam pelaksanaannya, Pemkab Pati melalui Bappeda juga akan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terlaksananya KKN tersebut, agar program KKN dapat diketahui secara langsung.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutan dan arahannya menyampaikan syukur atas kedatangan mahasiswa – mahasiswa KKN di Kabupaten Pati. Bupati juga bersyukur atas terjalinnya kerjasama sejumlah Universitas dan Pemkab Pati yang sudah terlaksana sudah lama.

“Yang jelas mahasiswa dari Unissula, selain mempunyai almamater yang baik, mahasiswanya juga tentu dapat menjaga amanah maupun marwah. Jangan sampai nama baik Unissula ini ternodai. Kalau hubungan antara Unissula dan Pemkab Pati tidak berjalan dengan baik, tentu pelaksanaan KKN ini tidak akan terlaksana”, jelasnya.

Bupati menambahkan, meskipun KKN ini terselenggara dalam waktu yang singkat, namun tentunya menciptakan manfaat yang besar. Bukan dalam hal fisik, namun dalam hal pemberdayaan masyarakatnya.

“Terkait transportasi, para mahasiswa tidak usah khawatir. Sebab, di Pati ini rasa simpati dan toleransinya tinggi. Para kadesnya pun baik – baik, jadi masalah kendaraan tidak perlu di khawatirkan,” kata Bupati.

Bupati menghimbau, bekal yang didapat sebelum KKN, agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Sebab, kecamatan Margoyoso mempunyai karakter masyarakat yang berbeda – beda. (pn/ dr/ dok Humas)

Perguruan Tinggi Ternama di Jateng ini, Incar Pati Jadi Lokasi KKN | patinews.com | 4.5

Leave a Reply