Categories: BeritaEdukasi

Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Jitu di masa Pandemi oleh Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020

Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Jitu di masa Pandemi oleh Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020

Demi memutus rantai penyebaran virus Corona Covid-19 pemerintah menerapkan kebijakan Lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada setiap daerah-daerah yang diyakini memiliki potensi besar penyebaran virus Corona.

Salah satu imbas dari diberlakukannya kebijakan tersebut cukup dirasakan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tepatnya di Desa Walan Sedati Agung RT 05 RW 01 Kaleurahan Sedati Agung, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo (14/09/2020).

Melihat kondisi yang seperti ini, Ainun salah satu peserta KKN Tangguh Umsida 2020 kelompok 19, mempunyai langkah yang strategis untuk pelaku UMKM agar bisa bertahan di masa pandemi ini dengan menerapkan program kerja Pendampingan UMKM Berbasis Digital Marketing pada salah satu usaha produk minuman yang terdapat di desa Sedati Agung.

Digital Marketing sendiri merupakan sebuah bentuk aktivitas pemasarab produk atau jasa menggunakan tekonologoi digital, dan termasuk telepon seluler. Oleh karena itu, jika penerapan Digital Marketing dilakukan secara tepat maka kegiatan usaha akan berjalan dengan baik.

Progran kerja yang dilakukan oleh Ainun ini memiliki fokus utama yaitu Mempromosikan produk dessert Puding Sedot melalui sosal media seperti Facebook, Instagram, maupun Mitra GoFood guna meningkatkan jumlah omset penjualan puding sedot setiap harinya.

Selain langkah tersebut, Ainun juga melakukan sebuah inovasi terhadap produk yang akan dipasarkan dengan memilih kemasan yang unik, praktis dan membuat olahan puding sedot dengan berbagai variasi rasa yang tentunya di gemari oleh banyak kalangan seperti strawberry, greantea, taro, ovaltine dll.

“Dalam situsu pandemi saat ini mengharuskan kita sebagai pelaku UMKM mempunyai ide dan taktik dalam menjalankan bisnis kita agar tetap eksis dan berkembang” ujar Bu Rahayu salah satu pelaku UMKM rumahan di desa Sedati Agung.

Dengan adanya digital marketing ini komunikasu dan transaksi usaha dapat dilakukan setiap waktu / real time dan bisa diakses ke seluruh dunia. Konsumen juga dapat melihat berbagai produk melalui internet, serta diberi kemudahan dalam pemasaran produk yang akan dibeli. Hal inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan produk puding sedot yang ada di desa Sedati Agung sehingga UMKM tersebut tetap bisa bertahan dan terus beroperasi walaupun dalam kondisi pandemi seperti ini.

Penulis : Ainun Denik Handanrini.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Pelatihan Membuat Origami Kepada Siswa SD di Kebolampang Winong

Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Pelatihan Membuat Origami Kepada Siswa SD di…

20 Oktober 2020

Lazismu Pati Bedah Rumah Warga Muktiharjo Margorejo

Lazismu Pati Bedah Rumah Warga Muktiharjo Margorejo MARGOREJO, PATINEWS.COM Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah…

20 Oktober 2020

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo MARGOYOSO, PATINEWS.COM Tim Kuliah Kerja Nyata…

20 Oktober 2020

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020