Categories: BeritaJawa Tengah

Pemprov Gelontor 2,23 Triliun Untuk Seluruh Desa di Jateng

JATENG, PATINEWS.COM

Untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jateng di tengah Pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelontorkan dana sebesar Rp2,23 triliun untuk dibagikan kepada kabupaten/kota dan desa-desa di seluruh Jateng.

Hal itu dijelaskan Gubernur Ganjar usai rapat terkait percepatan penyaluran bantuan keuangan di kantornya. Kamis, 30 Juli 2020.

“Sebenarnya bantuan keuangan ini yang kita cadangkan dalam rangka penanganan COVID-19. Karena anggaran dari refocusing untuk COVID-19 masih cukup, maka bantuan keuangan ini segera kami serahkan pada kabupaten/kota dan desa,” ujar Ganjar.

Secara khusus, Ganjar mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang pengelolaan bantuan keuangan tersebut. Pelaksanaan proyek yang bersumber dari bantuan keuangan Provinsi Jateng akan dilaksanakan dengan padat karya sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

“Teknisnya saya harap dikerjakan dengan cara padat karya. Sehingga, akan lebih banyak warga, terutama yang terdampak COVID-19 bisa bekerja untuk proyek pembangunan yang ada,” sambungnya

Sementara itu, Kepala BPKAD Jawa Tengah, Sumarno mengatakan bantuan Rp2,23 triliun itu dibagi menjadi dua, yakni untuk kabupaten/kota sebesar Rp1,04 triliun dan untuk desa Rp1,189 triliun.

“Untuk penyalurannya, yang sudah berjalan baru untuk pemerintah desa. Prosentasenya sekitar 40,89 persen. Ini akan kami kebut agar bisa segera terealisasi semuanya,” tambah Sumarno.

Sementara untuk bantuan keuangan kabupaten/kota, Sumarno menerangkan ada tahapan yang mesti dilakukan, yakni verifikasi RKO, lelang dan pencairan berdasarkan termin pekerjaan.

“Kalau desa setelah diverifikasi dan disetujui, itu langsung ditransfer semuanya. Tapi kalau untuk kabupaten/kota, ada tahapan-tahapan dan pencairannya berdasarkan termin,” tandasnya.

(*/ dok Humas Jateng)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020