Categories: BeritaJawa Tengah

Pemprov Gelontor 2,23 Triliun Untuk Seluruh Desa di Jateng

JATENG, PATINEWS.COM

Untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jateng di tengah Pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelontorkan dana sebesar Rp2,23 triliun untuk dibagikan kepada kabupaten/kota dan desa-desa di seluruh Jateng.

Hal itu dijelaskan Gubernur Ganjar usai rapat terkait percepatan penyaluran bantuan keuangan di kantornya. Kamis, 30 Juli 2020.

“Sebenarnya bantuan keuangan ini yang kita cadangkan dalam rangka penanganan COVID-19. Karena anggaran dari refocusing untuk COVID-19 masih cukup, maka bantuan keuangan ini segera kami serahkan pada kabupaten/kota dan desa,” ujar Ganjar.

Secara khusus, Ganjar mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang pengelolaan bantuan keuangan tersebut. Pelaksanaan proyek yang bersumber dari bantuan keuangan Provinsi Jateng akan dilaksanakan dengan padat karya sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

“Teknisnya saya harap dikerjakan dengan cara padat karya. Sehingga, akan lebih banyak warga, terutama yang terdampak COVID-19 bisa bekerja untuk proyek pembangunan yang ada,” sambungnya

Sementara itu, Kepala BPKAD Jawa Tengah, Sumarno mengatakan bantuan Rp2,23 triliun itu dibagi menjadi dua, yakni untuk kabupaten/kota sebesar Rp1,04 triliun dan untuk desa Rp1,189 triliun.

“Untuk penyalurannya, yang sudah berjalan baru untuk pemerintah desa. Prosentasenya sekitar 40,89 persen. Ini akan kami kebut agar bisa segera terealisasi semuanya,” tambah Sumarno.

Sementara untuk bantuan keuangan kabupaten/kota, Sumarno menerangkan ada tahapan yang mesti dilakukan, yakni verifikasi RKO, lelang dan pencairan berdasarkan termin pekerjaan.

“Kalau desa setelah diverifikasi dan disetujui, itu langsung ditransfer semuanya. Tapi kalau untuk kabupaten/kota, ada tahapan-tahapan dan pencairannya berdasarkan termin,” tandasnya.

(*/ dok Humas Jateng)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Warga Dukuh Njugo Tlogosari, Lakukan Audiensi dengan Komisi A DPRD Pati

PATI, PATINEWS.COM Warga Dukuh Njugo Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, Pati mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pati.…

13 Agustus 2020

LKP Nissan Fortuna Pati, Gelar Promo Terbatas Stir Mobil Gratis Plus Mekanik Motor di Bulan Kemerdekaan

  PATI, PATINEWS.COM Memperingati bulan kemerdekaan, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Pati menggelar…

13 Agustus 2020

Terima Audiensi Warga Desa Semampir, Pimpinan DPRD Pati Sarankan Tempuh Jalur Hukum

PATI, PATINEWS.COM DPRD Kabupaten Pati kembali didatangi oleh Masyarakat Desa Semampir yang ingin menyampaikan aduannya…

13 Agustus 2020

Cegah covid 19: Lindungi diri anda

PATINEWS.COM Ditahun 2020 terdapat  virus yang dirasa mematikan yakni virus corona. Seiring dengan berjalannya waktu…

13 Agustus 2020

Langkah Kecil Merubah Negeri, Mahasiswa UMM Bagikan 100 Paket PMT di Posyandu Desa Klumutan Madiun

Oleh: Leidyana Widiyakusua 4 Agustus 2020 Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 66 PMM Bhaktimu…

13 Agustus 2020

Mahasiswa KKN UNDIP di Prawoto Sukolilo, Manfaatkan SDA Untuk Pembuatan Handsanitizer Alami

SUKOLILO, PATINEWS.COM (13/08/2020) Tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan menjadi tempat bersarangnya virus dan…

13 Agustus 2020