Categories: Berita

Pembentukan Pansel Perangkat Desa Sumbermulyo Berakhir Ricuh

PatiNews.Com – Winong, Upaya penolakan warga terkait pembentukan panitia seleksi (Pansel) Perangkat Desa Sumbermulyo, Kecamatan Winong, di balai desa setempat, Senin (26/3/2018) ricuh.

Gegernya warga ini dipicu sikap Kepala Desa Sujono yang dinilai tetap mengabaikan permintaan warga yang meminta pembatalan pembentukan pansel.

Aksi lanjutan yang dilakukan ratusan warga ini terjadi karena Pemerintah Desa (Pemdes) membandel untuk tetap melanjutkan tahapan seleksi sekretaris desa dan Kepala Dusun Butoh. Padahal, Rabu (14/3/2018) lalu, pihak desa sudah bersepakat untuk menunda, namun ternyata tetap dilanjutkan.

Beruntung, kerusuhan tidak meluas dan berlangsung sebentar, setelah puluhan personel keamanan dari Sat Sabhara Polres Pati, Polsek Winong dan Koramil Winong berusaha menenangkan massa.

Warga kemudian membubarkan diri setelah kepala desa berjanji menunda kembali pembentukan pansel sampai waktu yang belum ditentukan, sambil menunggu intruksi dari Bupati Pati Haryanto.

Meski ditunda, Kepala Desa Sujono menyampaikan, pengisian perangkat desa suatu saat akan tetap berlanjut, karena itu perintah dari Bupati Pati.

“Pengisian perangkat desa itu kewenangan kepala desa. Saya sebagai bawahan bupati akan tetap melaksanakan apa yang jadi perintahnya,” tekannya saat ditemui.

Di sisi lain, tokoh masyarakat setempat, Sutrisno mengatakan, dengan adanya keputusan penundaan itu, masyarakat sebenarnya masih kecewa. Lantaran, tuntutan masyarakat adalah pembatalan.
“Tuntutan dari masyarakat sebetulnya itu sederhana dan simpel, yaitu berjalannya pengisian perangkat desa itu sesuai tahapan dan sesuai dengan aturan yang ada,” tegasnya.

Permasalah belakangan ini menurutnya, karena rekomendasi pembentukan panitia dari bupati ternyata sudah turun, padahal Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan perangkat desa tidak diajak musyawarah, dan persyaratan sesuai aturan tidak dipenuhi.

“Bahkan disinyalir tanda tangan BPD dan perangkat desa juga dipalsukan,” ungkap mantan Kepala Desa Sumbermulyo itu.
Ia melanjutkan, Camat Winong Suharyanto juga dinilai tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini. Padahal, penolakan warga ini sudah dilakukan terus menerus, tapi ia diam saja. (pn/tm)

patinews.com @patinewscom

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com @patinewscom

Recent Posts

Penyelenggara KB Al-Azhar, Sambut Mahasiswa PKM Universitas Terbuka Pokjar Kudus

Penyelenggara KB Al-Azhar, Sambut Mahasiswa PKM Universitas Terbuka Pokjar Kudus PatiNews.Com - Kudus, "Selamat datang teman-teman mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar…

17 jam ago

Tlogowungu Parade Bonsai, Ketika Hobi dan Seni Menyatu

Tlogowungu Parade Bonsai, Ketika Hobi dan Seni Menyatu PatiNews.Com - Tlogowungu, Banyak komunitas di masyarakat, dari komunitas otomotif, olah raga,…

17 jam ago

Hujan Tak Kunjung Turun, Ponpes Al Istianah Plangitan Pati Gelar Shalat Istisqo’

Hujan Tak Kunjung Turun, Ponpes Al Istianah Plangitan Pati Gelar Shalat Istisqo' Patinews.com - Kota, Musim kemarau berkepanjangan membuat sejumlah…

18 jam ago

Bupati Pati Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing

Bupati Pati Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing Patinews.com - Sosial, Bupati Pati Haryanto, membuka acara Bhakti Sosial (Baksos) operasi bibir…

19 jam ago

Peran Dibalik Layar Droping Air Bersih, Tak Bisa Disepelekan

Peran Dibalik Layar Droping Air Bersih, Tak Bisa Disepelekan Patinews.com - Kota, Kemarau panjang tahun ini merambah di sejumlah wilayah,…

19 jam ago

Dua Truk Tabrakan di Pantura Batangan, Hantam Satu Toko

Dua Truk Tabrakan di Pantura Batangan, Hantam Satu Toko Patinews.com - Batangan, Satu toko rusak berat akibat Laka Lantas yang…

20 jam ago