Parade Dekranasda Karnival Jateng, Kontingen Pati Hadirkan Ornamen Ikan dan Kisah Roro Mendut

Parade Dekranasda Karnival Jateng, Kontingen Pati Hadirkan Ornamen Ikan dan Kisah Roro Mendut
Parade Dekranasda Karnival Jateng, Kontingen Pati Hadirkan Ornamen Ikan dan Kisah Roro Mendut

Patinews.com – Wonogiri, Beragam kostum unik nan menawan dipamerkan dalam Parade Dekranasda Karnival dalam rangkaian Pesta Rakyat Jateng 2019, yang dihelat di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sabtu, 24 Agustus 2019.

Mengusung tema “Kearifan Lokal Jawa Tengah”, peserta berlomba menampilkan potensi wilayahnya melalui kostum yang dikenakan.

Kontingen Kabupaten Pati yang turut tampil dalam parade tersebut membawakan kostum berornamen ikan dan berwarna emas. Koordinator pembuatan kostum Kabupaten Pati, Suwito mengungkapkan, pihaknya ingin menceritakan kisah Roro Mendut yang merupakan anak dari seorang nelayan. Kostum yang ditampilkan pun memiliki ornamen berbentuk ikan dengan warna emas, dan dilengkapi batik berwarna dasar merah.

“Jadi konsep baju kami di sini ikan, ikan yang dibuat cantik karena inspirasi dari Roro Mendut itu sendiri. Kalau warna emas ini melambangkan dari kemakmuran para nelayan. Sedangkan warna merah itu bahwa Roro Mendut sosok orang yang pemberani dan mempunyai karakter yang kuat,” terangnya.

Baca juga:   Safari Jum'at, Polsek Juwana Sampaikan Pesan Ini

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, Dekranasda Karnival menjadi salah satu wadah bagi para kreator dan desainer untuk melakukan intervensi apa yang menjadi kendala bagi setiap daerah untuk mengembangkan potensi fashion show di daerah masing-masing. Apalagi setiap daerah telah memiliki event fashion show, dan Dekranasda yang akan menggali lebih lanjut.

“Saya kira ini bagian dari potensi yang kita kembangkan, kalau setiap kota punya ciri khas seperti ini terus dikumpulkan seluruh Jawa Tengah, tentunya akan menjadi fashion show yang sangat bagus,” ungkap Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Dekranasda Kabupaten Klaten terpilih sebagai Juara I, Batang Juara II, Wonosobo Juara III. Sementara, Juara Harapan I diraih Wonogiri, Juara Harapan II Kota Surakarta, dan Juara Harapan III Rembang. (pn/ *Humas Jateng)

Parade Dekranasda Karnival Jateng, Kontingen Pati Hadirkan Ornamen Ikan dan Kisah Roro Mendut | patinews.com | 4.5

Leave a Reply