Pameran Tosan Aji, Cara Kodim Pati Apresiasi Seni Budaya

Pameran Tosan Aji, Cara Kodim Pati Apresiasi Seni Budaya

Pameran Tosan Aji, Cara Kodim Pati Apresiasi Seni Budaya

PATINEWS.com – BUDAYA, Memperingati hari jadi Kabupaten Pati yang ke 695 dan menyongsong HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, digelar Kirab Merah Putih dan Seni Budaya pada Jumat pagi (10/8). Kirab dimulai dari Alun – Alun Pati menuju Gedung Joeang ’45 melalui Jalan Panglima Sudirman. Paskibra berjumlah 18 orang membawa bendera Merah Putih diikuti belakangnya pasukan pengawal gabungan TNI – Polri, Forkompimda dan para tokoh seni budaya Kabupaten Pati.

Upacara Kirab Merah Putih dan Seni Budaya dilaksanakan di halaman Gedung Joeang ’45 sekaligus Pembukaan Pameran Tosan Aji yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pencinta Tosan Aji dan difasilitasi oleh Kodim 0718/Pati.

Dalam laporan kegiatannya, ketua paguyuban Ki Parno mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap seni dan budaya dalam rangka nguri – uri warisan leluhur, dengan mengambil tema ‘Nguri-uri Warisan Leluhur Supoyo Uripe Makmur’.

Baca juga:   Gelora Hari Kebangkitan Nasional Di Kediri

Bupati Pati dalam sambutannya yang diwakili oleh staf ahli Slamet Singgih mengatakan bupati sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan mengajak untuk selalu bersyukur atas nikmat Tuhan YME atas keselamatan dan kesejahteraan.

Lebih lanjut dikatakan agar senantiasa nguri – uri seni dan budaya dalam rangka menyelamatkan dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan kita, termasuk benda – benda bersejarah seperti keris yang disebut sebagai tosan aji atau wesi aji tersebut.

Menurut Slamet Singgih, saat ini sudah ada Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang kesenian dan kebudayaan. Yang bertujuan untuk mengidentifikasi, menyelamatkan dan mengembangkan serta mempublikasikan, sehingga menjadi kontibusi kesenian dan kebudayaan nasional.

Pembukaan pameran ditandai seni tari atau beksan Semar Gumregah yang menampilkan sosok Semar dan Srikandi yang ‘bertarung’ dengan para ‘Buto Cakil’ yang dimaknai sebagai pertarungan antara kebaikan dengan kejahatan. Serta pengguntingan pita dilanjutkan peninjauan ruang pamer yang menggelar koleksi tosan aji berupa keris, tombak, lukisan dan lain – lain. (pn/ dm)

Pameran Tosan Aji, Cara Kodim Pati Apresiasi Seni Budaya | [email protected] | 4.5

Leave a Reply