Nindya Rizky Pravitasari, Ciptakan Peluang Bisnis Menguntungkan dengan Hidroponik Sistem Wick

Nindya Rizky Pravitasari, Ciptakan Peluang Bisnis Menguntungkan dengan Hidroponik Sistem Wick

TAYU, PATINEWS.COM

Pandemi Covid-19 menjadi pemicu utama kelangkaan bahan makanan. Ketersediaan bahan makanan menjadi faktor terpenting ditengah pandemi COVID-19.

Selain itu, kesejahteraan masyarakat mengalami penurunan jika dilihat dari banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan kerja (PHK) kepada para karyawan agar tetap bisa bertahan di tengah kondisi sulit ini.

Pandemi ini mempengaruhi matapencaharian dan tingkat penghasilan masyarakat. Para pedagang dan pengusaha pun mengalami dampak penurunan omzet secara drastis selama kurang lebih 4 bulan terakhir ini.

Mahasiswi KKN TIM II UNDIP Desa Keboromo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, Jateng, Nindya Rizky Pravitasari berinisiatif membantu pemulihan kesejahteraan masyarakat dengan pengelolaan bisnis budidaya hidroponik sistem wick (sumbu).

Mahasiswi pertanian di Universitas Diponegoro ini juga membagikan cara pembuatan hidroponik sistem wick melalui video tutorial yang dibagikan melalui channel youtubenya agar masyarakat dapat melihat dan mau mencoba sendiri di rumah.

Selain itu, peluang bisnis hidroponik saat ini sangat menguntungkan terlebih masyakat sangat membutuhkan ketersediaan bahan pangan di masa pandemi seperti sekarang ini. Video tutorial dapat dilihat melalui link berikut :

Model hidroponik dengan sistem wick atau sumbu merupakan salah satu sistem hidroponik yang cocok bagi pemula karena caranya mudah, biaya pembuatannya relatif murah karena tidak memerlukan pompa untuk mangalirkan nutrisi ke tanaman, tidak memerlukan lahan yang luas dan dapat dilakukan dipekarangan rumah, dapat memanfaatkan barang-barang bekas, dan dapat digunakan untuk skala besar, sehingga para petani maupun masyarakat yang tidak berkecimpung di bidang pertanian dapat menanam tanaman dengan sistem hidroponik wick atau sumbu untuk menjaga ketahanan pangan maupun untuk konsumsi masyarakat di kondisi pandemi COVID-19.

“Budidaya hidroponik sistem wick ini sangat mudah untuk dilakukan asalkan telaten dan selalu rutin untuk mengecek kadar nutrisi dalam air yang dibutuhkan tanaman,” kata Nindya, Senin (10/08/2020).

Pembuatan hidroponik sederhana sistem wick (sumbu) diharapkan dapat menjadi solusi bagi warga dalam upaya menjaga ketersediaan bahan pangan di tengah pandemi Covid-19 dan juga mengurangi aktivitas berbelanja di pasar yang menjadi tempat orang berkumpul.

(*).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020