Musrenbangcam Jaken, Dorong Partisipasi Warga Dalam Pembangunan

Musrenbangcam Jaken, Dorong Partisipasi Warga Dalam Pembangunan

Musrenbangcam Jaken, Dorong Partisipasi Warga Dalam Pembangunan

Patinews.com – Jaken, (Selasa, 21 Februari 2017), Musrenbang Kecamatan Jaken adalah musyawarah tahunan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan, konfirmasi, klarifikasi, berbagai prioritas kegiatan berdasarkan hasil Musrenbang desa/kelurahan, program lintas desa/kelurahan, serta program internal kecamatan sebagai dasar bagi penyusunan Rencana Program Kerja Kecamatan (RPTK).

Tujuan dari Musrenbang ini untuk mendorong peran dan partisipasi masyarakat dalam merumuskan dan pengambilan keputusan bersama-sama pemerintah dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan di tingkat kecamatan.

Dalam Musrenbang membahas prioritas kegiatan hasil Musrenbang desa/kelurahan, Melakukan koordinasi, konfirmasi, klarifikasi usulan program tingkat kecamatan, Melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Menetapkan prioritas kegiatan yang akan diusulkan pada forum SKPD.

Musrembang yang dilaksanakan pada hari ini Selasa tanggal 21 Pebruari 2017 pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Kecamatan Jaken dihadiri oleh, Muspika Kecamatan Jaken,  Unsur Pemerintah Kecamatan dan Kepala Desa se Kecamatan Jaken.

Selain itu hadir pula unsur masyarakat dari Organisasi masyarakat di tingkat kecamatan (MUI, KNPI, Karang Taruna, PKK), Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, Kelompok pengusaha serta Komite Sekolah yang berdomisili di tingkat kecamatan Jaken.

Dalam sambutannya Camat Jaken, Drs Rusman mengatakan, “Alhamdulillah, hari ini kita dapat kembali menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tahun 2017 untuk menyusun Rencana Kerja Kecamatan”.

“Musrenbang ini rutin kita laksanakan tiap tahun dalam upaya menyusun perencanaan dibidang pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di kecamatan”, Kata Camat Jaken.

Saya ingin melanjutkan untuk melihat apa yang telah kita capai dan kita hasilkan di tahun 2016 yang lalu.Alhamdulillah, banyak hasil yang telah kita capai. Dan sekali lagi, saya berterima kasih kepada Saudara semua, termasuk para Kepala Desa beserta aparaturnya. Hasil yang kita capai itu tentu dikaitkan dengan Rencana Pembangunan Kecamatan 2017. Tentu, kita bersyukur karena sebagian  sasaran itu dapat kita capai. Tetapi, masih banyak pula yang belum sepenuhnya dapat kita capai.

Baca juga:   Lima Lagu Ini Dilarang KPID Jateng

Melalui kegiatan Musrenbang Kecamatan ini marilah kita tentukan perencanaan pembangunan untuk kemajuan Kecamatan Jaken ini dengan hasil aspirasi dari kita semua dan merupakan evaluasi  dari hasil Musrenbang tahun yang lalu serta melihat pagu indikatif atau ketersediaan dana dan anggaran dari pemerintah baik pemerintah daerah maupun pusat.

Keberhasilan kita kedepan bukan hanya karena kegigihan kita dalam menyiasati keadaan dan menyikapi permasalahan tetapi pengawalan yang ketat oleh kita semua tentu akan membuahkan hasil yang manis, yang kita harapkan bersama. Oleh karena itu, di samping pelaksanaannya sangat penting, juga diperlukan rencana yang baik.

Danramil 16/Jaken yang diwakili oleh Serma Agung dalam sambutannya mengatakan, “dalam Musrenbang ini adalah kesempatan kita untuk membahas segala macam dan bentuk rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Jaken beserta besarnya anggaran dalam prmbangunannya. Kami selaku aparat kewilayahan selalu mendukung apa yang sudah menjadi kebijakan pemerintah, selama kebijakan itu untuk kesejahteraan rakyat banyak. Seperti contohnya yang sekarang ini sedang dan masih kami kerjakan di desa Trikoyo berupa Jambanisasi sebanyak 116 buah yang mana target waktu yang diberikan harus selesai pada tanggal 24 Pebruari nanti. Ini bagi kami adalah suatu kehormatan dalam pengabdian kami kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat itu sendiri”.

Kapolsek Jaken AKP Teguh Heri Rusianto SH, dalam sambutannya mengatakan, “pihak kepolisian selalu berkomitmen dalam hal pelayanan masyarakat khususnya bidang ketertiban umum. Dimana tugas kepolisian selalu mengedepankan pelayanan masyarakat di bidang hukum. Untuk itu, mari kita bersama sama untuk selalu menjaga tentang ketertiban ini. Ini jangan hanya dibebankan kepada kepolisian saja, tetapi semua unsur masyarakat juga harus turut serta untuk menjaganya agar kita selalu aman dan nyaman dalam setiap beraktifitas. Kepolisian disini Polsek akan selalu berkoordinasi kepada instansi terkait demi lancarnya pembangunan yang ada di Kecamatan Jaken ini”. (Patinews.com/ sl)

Musrenbangcam Jaken, Dorong Partisipasi Warga Dalam Pembangunan | patinews.com | 4.5

Leave a Reply