Miliki Area Kebun Durian 25 Hektar, Desa Sampok Gunungwungkal Didorong Jadi Agro Wisata Durian

Miliki Area Kebun Durian 25 Hektar, Desa Sampok Gunungwungkal Didorong Jadi Agro Wisata Durian

PatiNews.Com – Gunungwungkal,

Untuk meningkatkan potensi – potensi yang ada di Kabupaten Pati, pada Selasa, tanggal 21 Januari 2020, DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Pati yang diwakili oleh Kabid Penanaman Modal, Didik Eka Haribawa, Kasi Promosi Endah Murwaningrum dan Kasi Pengembangan Sunarto telah melakukan kunjungan ke Desa Sampok, Kecamatan Gunung Wungkal.

Di Desa Sampok terdapat sekitar dua puluh lima hektar kebun durian dengan berbagai varietas seperti Montong, Musang King, Sampok dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini, tim DPMPTSP bertemu dengan perwakilan kelompok tani durian H. Musyafik Salim, yang mempunyai lahan untuk kebun durian seluas 4 Hektar.

Musyafik mengungkapkan bahwa panen durian ini di sekitar Bulan November – Maret, sedangkan kendala yang Beliau hadapi diantaranya adalah air dan cuaca yang sangat mempengaruhi kualitas dari durian itu sendiri.

Beliau berharap agar Pemerintah Kabupaten bisa menyediakan Sumur PAMSIMAS kepada para petani durian di Desa Sampok. Yaitu Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

DPMPTSP dan kelompok tani durian sangat optimis untuk menjadikan Desa Sampok sebagai salah satu kawasan potensi unggulan daerah yang sangat layak dijual dan dipromosikan. Karena tidak bisa dipungkiri kalau durian adalah salah satu buah primadona yang tidak semua daerah mempunyainya.

Dan bukan hal yang mustahil kalau Kabupaten Pati akan menjadi ikon penghasil durian berkualitas, sehingga tidak perlu lagi untuk mengimpor dari negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Untuk itulah maka semua stake holder, baik dari Pemerintah Kabupaten dan warga masyarakat Desa Sampok sendiri untuk bahu membahu agar destinasi wisata terbaru dari Kabupaten Pati yaitu Agro Wisata Petik Durian bisa segera terealisasi.

DPMPTSP sangat optimis Agro Wisata Petik Durian ini akan menjadi potensi unggulan daerah yang sangat digemari warga Pati dan luar Pati karena unik dan masih sangat jarang. (pn/ red).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Catat, Listrik Gratis & Diskon 50% Hanya Untuk Warga Kurang Mampu (R1)

Catat, Listrik Gratis & Diskon 50% Hanya Untuk Warga Kurang Mampu (R1) Untuk membantu warga…

27 menit ago

Bahas RKPD, Pemkab Pati Gelar Musrenbang Online

Bahas RKPD, Pemkab Pati Gelar Musrenbang Online PatiNews.Com - Kota, Bertempat di ruang Command Center…

6 jam ago

Satu PDP di Pati Positif Covid-19, Dirawat di RSUD Moewardi Solo

Satu PDP di Pati Positif Covid-19, Dirawat di RSUD Moewardi Solo PatiNews.Com - Kota, Bupati…

7 jam ago

Jadi Lebih Pendek, Satlantas Polres Pati Ubah Jam Pelayanan SIM

Jadi Lebih Pendek, Satlantas Polres Pati Ubah Jam Pelayanan SIM PatiNews.Com - Kota, Sebagai salah…

13 jam ago

Ada Wabah, KUA di Pati Terapkan Protokol Menikah

Patinews.com – Kota, Ditengah pandemi, Kemenag berlakukan WFH (Work From Home). Namun, layanan publik non…

1 hari ago

Lindungi Petugas Medis, Ganjar Borong 10 Ribu APD

Patinews.com - Jateng, Demi keselamatan petugas medis, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memborong 10 ribu coverall atau…

1 hari ago