Meski Langganan Prestasi, Bupati Haryanto Tak Bosan Lakukan Monitoring di Layanan Publik Ini

Meski Langganan Prestasi, Bupati Haryanto Tak Bosan Lakukan Monitoring di Layanan Publik Ini

PatiNews.Com – Kota, Bupati Pati Haryanto, kemarin melakukan kunjungan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Pati. Ini merupakan salah satu aktivitas rutin pimpinan daerah untuk melakukan monitoring ke unit-unit pelayanan publik Pemkab Pati. Senin, 24 Juni 2019.

Meskipun kinerja ULP Kabupaten Pati sudah mendapat pengakuan dari Pemprov Jateng bahkan kerap direkomendasikan oleh KPK sebagai tujuan studi banding,  namun Bupati tetap tak pernah absen untuk terus memberikan motivasi kepada para pegawai di unit ini agar lebih meningkatkan kinerjanya.

“Apalagi ULP ini langganan jadi tujuan dan rujukan studi banding daerah lain, tentu kami tak ingin kedodoran dan lengah. Pati harus terus berada terdepan dalam layanan ini”, terang Haryanto.

Untuk pengadaan barang jasa, terang Bupati, ULP senantiasa mengedepankan inovasi dalam layanan.

“Kita mempunyai inovasi e-project pasca kontrak yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan setelah kontrak. Jadi kita tidak akan tinggal diam, kalau dulu kita harus ke lapangan, sekarang ketika kita tidak ada waktu, kita cukup lihat lewat e-project,” ungkapnya.

Menurutnya, setiap pekan akan ada perkembangan laporan dari penyedia dan pengawas, dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pun turut mengendalikan laporan tersebut.

“Inilah inovasi yang terbangun dengan sistem, sehingga rekanan tidak perlu susah payah karena pemantauannya bisa hanya lewat ponsel pintar,” lanjut bupati.

Dengan transparansi, lanjut Bupati Haryanto, selain bisa mencegah penyimpangan juga dapat berdampak pada efisiensi anggaran dari tahun ke tahun.

“Pada 2018 efisiensinya hanya 6% sedangkan untuk pertengahan 2019 sudah mencapai efisiensi hingga 14% lebih. Ini merupakan bukti bahwa pengadaan barang dan jasa bisa diterima rekanan”, lanjutnya.

Lebih lanjut Haryanto menegaskan, bahwa selama ini pengadaan barang dan jasa tidak begitu banyak komplain karena sistemnya sudah berjalan. “Semua aturan yang sudah diketahui rekanan harus dipatuhi dan diikuti,” tegas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Haryanto juga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan sejumlah pejabat pengelola ULP guna mengetahui berbagai kendala dan keluhan yang dialami.

Selain itu bupati juga memberikan motivasi agar pengelola ULP bisa profesional dan tidak takut terhadap ancaman atau teror yang mungkin saja terjadi selama menjalankan tugasnya. (pn / dr/ hms).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Tingkatkan Perekonomian, DPMPTSP Pati Bidik PMA

Patinews.com - Kota, Kabupaten Pati menjadi salah satu daerah di Jateng yang selalu dilirik investor…

4 jam ago

Selain Sport Tourism, Le Velo de Pati Juga Turut Promosikan Potensi Wisata

Patinews.com - Sports, Dengan jarak tempuh 110 kilometer, Le Velo De Pati merupakan bagian dari…

16 jam ago

Digelar Tiga Hari, Prajurit Kodim Pati Jalani Uji Terampil Jabatan

Patinews.com - Kota, Prajurit Kodim 0718/Pati melaksanakan Uji Terampil Jabatan (UTJ) bertempat di sekitar makodim Pati.…

18 jam ago

Rumah Esek-esek di Tayu, “Khusus Member” Sekali Kencan 150 Ribu

Patinews.com - Tayu, Rumah di pinggir Sungai Tayu, tepatnya di Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu itu…

19 jam ago

Boyong Dua Trofi, MTs Abadiyah Pati Raih Juara 1 Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

Patinews.com - Edukasi, MTs Abadiyah Kecamatan Gabus, Pati kembali torehkan prestasi di bidang matematika. Kali ini…

20 jam ago

Tak Hanya Cetak Pekerja Profesional, SMK Miftahul Huda Pucakwangi Punya Inovasi Pembelajaran Hasilkan Wirausahawan

Tak Hanya Cetak Pekerja Profesional, SMK Miftahul Huda Pucakwangi Punya Inovasi Pembelajaran Hasilkan Wirausahawan PatiNews.Com…

21 jam ago