Categories: BeritaFeatured

Mengenal Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional

Mengenal Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional

PATINEWS.COM – FEATURED,

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang yang banyak dijadikan sebagai bahasa penutur di dunia, khususnya di wilayah Negara bagian Timur Tengah. Bahasa Arab juga adalah bahasa ayat suci Al-Qur’an. Meningkatnya penutur bahasa Arab di dunia, pada tahun 1973 bahasa Arab resmi dijadikan sebagai bahasa internasional selain bahasa Inggris.

Pada saat ini, bahasa Arab tidak hanya dikenal sebagai bahasa pesantren dan kitab kuning saja, akan tetapi sudah banyak orang yang mulai menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya orang muslim, bahkan orang nonmuslim pun sudah banyak yang mempelajari bahasa Arab tersebut. Bahasa Arab juga dijadikan sebagai pola pergaulan anak muda zaman sekarang bahkan sudah mulai digunakan dalam urusan yang cukup besar seperti politik, sosial, budaya dan lain sebagainya. Sekolah-sekolah di dunia, misalnya Afrika, Amerika, India, Singapura dan negara lainnya pun menuntut para pelajar untuk mengetahui dan mempelajari bahasa Arab.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekolah maupun pesantren yang menerapkan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun bahasa Arab adalah merupakan salah satu bahasa yang sulit, akan tetapi mereka tetap mempunyai semangat dalam mempelajarinya. Hal ini dibuktikan dengan melalui pembelajaran bahasa Arab yang sudah banyak Universitas di Indonesia membuka jurusan bahasa, seperti Pendidikan Bahasa Arab dan Sastra Arab baik dikalagan Universitas islam maupun umum.

Lembaga-lembaga di Indonesia tersebut juga sudah banyak yang melakukan kerjasama dengan negara-negara lain yang penuturnya dari Arab asli, seperti Arab Saudi, Sudan dan negara-negara lainnya.

Adapun alasan yang mendorong kita untuk mempelajari dan memahami bahasa Arab terutama bagi umat muslim adalah sebagai berikut:

Bahasa Arab merupakan bahasa kitab suci Al-Qur’an, seperti firman Allah dalam Al-Qur’an yang artinya:
“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam AL-Qur’an ini seriap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) AL-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka ertaqwa.” Q.S Az-Zumar: 27-28

Maka wajib bagi kita sebagai umat muslim untuk memahami isi yang terkandung dalam Al-Qur’an, karena bagi umat islam Al-Qur’an adalah sebgai pedoman hidup bagi manusia di dunia dan sebagai pembeda anata yang haq dan yang bathil. Akan tetapi bagaimana kita dapat memahami Al-Qur’an apabila kita sendiri tidak mengetahui artinya.

Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh Nabi Muhammad dalam menyampaikan hadits-haditsnya, selain itu kitab-kitab fiqih juga menggunakan bahasa Arab dalam penyampaiannya.

Susunan kata dalam bahasa Arab tidak terlalu banyak. Umumnya terdiri dari hanya 3 huruf, sehingga dapt lebih mudah utnuk melafalkan dan dipahami.

Bahasa Arab sudah diakui oleh berabagi negara di dunia sebagai bahasa Internasional selain bahasa Inggris yang dapat digunakan dalam berbagai urusan yang melibatkan antar negara.

Bahasa Arab menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan pola pikir manusia. Hal ini terbukti dengan banyaknya ilmuan-ilmuan muslim pada zaman dahulu yang memiliki banyak karya yang menggunakan bahasa Arab.

Bahasa Arab mempunyai aturan bahasa yang sangat kompleks. Dalam setiap unsur di dalamnya dijelaskan dengan menggunakan bahasa yang jelas dan gamblang.

Jadi, uraian di atas merupakan sedikit dari banyaknya alasan mengapa kita harus mengenal, memahami serta mempelajari bahasa Arab. Selain itu juga, dengan memiliki kemampuan bahasa Arab yang kita miliki, tentu juga akan membantu kita dalam menambah teman dan relasi denagn orang lain. Dengan relasi yang luas itulah nantinya akan menambah ilu kita dan memperluas wawasan kita. Maka dari itu, marilah kita senantiasa mempelajari bahasa yang salah satunya dengan belajar bahasa Arab yang telah menjadi bahasa Internasional di Indonesia.

Sumber: GreatEdu
Penulis: Zaqiyatul Munawaroh

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Melalui e-Channel, Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020 Ajak Terapkan Anjuran Protokol Kesehatan

Sidoarjo, Patinews.com Ada yang berbeda dengan pelaksanaan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun ajaran…

22 September 2020

KKN Tangguh Lakukan Pendampingan UMKM, Cara Pembuatan Layang-layang Serta Cara Penjualannya

Di situasi pandemi seperti ini tidak menurunkan semangat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk mengabdi kepada…

22 September 2020

Cara Mudah Memilih Furniture Jakarta Agar Terlihat Simpel Tapi Menawan

Furniture adalah salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh seseorang seiring dengan perkembangan teknologi. Apalagi dalam…

22 September 2020

6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Interior Design

Interior design adalah suatu tampilan yang membuat ruangan memiliki nilai estetik. Melakukan desain interior pada…

22 September 2020

Bersama Pelaku UMKM, Mahasiswa Ini Sediakan Jasa Delivery Telur

NASIONAL, PATINEWS.COM KKN atau Kuliah Kerja Nyata menjadi salah satu sarat kelulusan bagi seorang mahasiswa…

22 September 2020

Selain Tingkatkan Akses ke Agrowisata Jollong, TMMD Juga Percepat Akses Produk Pertanian

GEMBONG, PATINEWS.COM Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 dengan tema…

22 September 2020