Categories: Berita

Melalui e-Channel, Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020 Ajak Terapkan Anjuran Protokol Kesehatan

Sidoarjo, Patinews.com

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun ajaran kali ini karena mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melaksanakan program KKN berbasis protokol kesehatan masa pandemi Covid – 19, sehingga diarahkan untuk melaksanakan program kerja di lingkungan tempat tinggal masing – masing. Pandemi Covid – 19 yang mulai merambah sejak awal bulan maret lalu memberikan dampak yang cukup besar di berbagai sektor kehidupan masyakarat. Baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya juga mendapatkan dampak yang cukup signifikan.

Yang menjadi poros utama dalam pembahasan kali ini ialah pada sektor sosial dan budaya, dua sektor ini yang mana saling memiliki keterkaitan secara tidak langsung juga memiliki dampak yang simultan terhadap pandemi dari Covid – 19 ini. Di sektor sosial sendiri, masyarakat telah menerapkan kondisi new normal yakni kondisi dimana sebelumnya masyarakat dapat bersosialisasi secara bebas kemudian beralih dalam pembatasan sosial berskala besar, dengan benar – benar membatasi aktivitas sosial dalam segi apapun yang difungsikan untuk mengurangi penyebaran Covid – 19. Setelahnya ada kondisi dimana aktivitas sosial mulai dipulihkan kembali dengan tetap memperhatikan anjuran protokoler dari pemerintah yang kemudian disebut new normal.

Banyak dari masyarakat yang belum benar – benar menyadari pentingnya menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi covid – 19 ini, masyarakat masih melakukan aktivitas berkumpul dengan dalih kegiatan bersosial. Hal ini terjadi di salah satu kelurahan di Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di lingkup Kelurahan Gelam Kecamatan Candi.

Kurangnya pemahaman masyarakat dalam hal pemanfaatan teknologi menjadi dasar mengapa masyarakat masih menggunakan media perkumpulan untuk menyampaikan suatu gagasan sehingga hal ini yang menjadi pemicu salah satu mahasiswa prodi ilmu komunikasi universitas muhammadiyah sidoarjo mencetuskan gagasan pembuatan media online sebagai alternatif bagi masyarakat untuk berkomunikasi di tengah kondisi pandemi covid – 19.

Dimulai dari sosialisasi tentang bagaimana penggunaan aplikasi daring sebagai sarana pendukung kegiatan rapat, hingga bimbingan secara intensif kepada setiap warga yang kurang memahami tata cara penggunaan aplikasi tersebut. Warga dari kelurahan gelam sangat antusias dalam mengikuti arahan serta petunjuk yang disampaikan selama proses berlangsung sehingga kegiatan tersebut mampu berjalan dengan lancar.

Ketua RT setempat, Bapak Supriyono menuturkan “Kegiatan ini sangat membantu kami sebagai warga usia lanjut yang kebanyakan tidak begitu memahami internet dan teknologi, sehingga kami warga RT 03 kelurahan Gelam tetap bisa melaksanakan rapat rutin setiap minggunya tanpa harus melakukan kegiatan pengumpulan massa atau warga dalam satu tempat,”.

Salah satu pengurus PKK pun juga berpendapat demikian, “Setelah kami memahami bahwa pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid – 19 ini, ibu – ibu PKK tetap bisa melakukan kegiatan pertemuan walau tanpa harus berkumpul. Sangat membantu kami dalam melaksanakan pokok – pokok PKK dan juga membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Covid 19.” Tutur Ibu Khusnaini, Ketua Pokja PKK.

“Harapan dari kegiatan ini adalah mendukung dan juga membantu program dari pemerintah guna mengurangi tingkat laju penyebaran Covid – 19 di lingkungan kabupaten Sidoarjo. Dimulai dari tingkat kelurahan, dengan cara memberikan alternatif bagi warga dalam hal kegiatan bersosial. Selain itu, dari kegiatan ini agar warga masyarakat di lingkup kelurahan lain juga mampu mengambil inisiatif lain guna mengurangi penyebaran dari Covid – 19 yang saat ini tengah melanda,” Tegas Paradigma Arief selaku penggagas program tersebut.

Ditulis Oleh :

Paradigma Arief Luqman Hakim – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo MARGOYOSO, PATINEWS.COM Tim Kuliah Kerja Nyata…

20 Oktober 2020

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020

Diikuti 26 Coach Profesional, Pati Jadi Tuan Rumah Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

OLAHRAGA, PATINEWS.COM Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah pelatih-pelatih…

19 Oktober 2020

Diakui Dunia, Generasi Muda Wajib Lestarikan Budaya Wayang Kulit

BUDAYA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan untuk nguri-uri budaya ini.…

19 Oktober 2020