Manfaatkan Potensi Desa, Tim II KKN Undip di Trimulyo Kayen Buat Inovasi Produk Olahan Ikan Lele

Manfaatkan Potensi Desa, Tim II KKN Undip di Trimulyo Kayen Buat Inovasi Produk Olahan Ikan Lele
Manfaatkan Potensi Desa, Tim II KKN Undip di Trimulyo Kayen Buat Inovasi Produk Olahan Ikan Lele

Patinews.com – Kayen, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ikan lele merupakan makanan yang dibuat sebagai makanan tambahan bagi balita dan anak sekolah. PMT diberikan bukan sebagai pengganti makanan pokok, melainkan sebagai makanan tambahan yang melengkapi makanan pokok.

Menurut penelitian, PMT sangat berpengaruh bagi balita yang memiliki masalah gizi kurang dan berperan dalam masa tumbuh kembang anak. PMT ikan lele ini dibuat untuk pilihan pemberian PMT di kader-kader posyandu dan bisa dijadikan sebagai bekal sekolah untuk anak-anak.

Ikan lele dijadikan bahan dasar pembuatan PMT karena masyarakat Desa Trimulyo Kecamatan Kayen Kabupaten Pati saat ini mulai membudidayakan ikan lele, sehingga PMT ikan lele bisa dijadikan inovasi produk olahan yang memanfaatkan potensi desa.

Ikan lele sendiri dipilih karena selain mudah didapatkan oleh masyarakat desa Trimulyo dan harganya terjangkau, ikan lele juga memiliki kandungan zat gizi yang cukup tinggi. Beberapa zat gizi ynag terkandung dalam ikan lele yaitu lisin dan leusin.

Baca juga:   TNI Bantu Masyarakat Mencari Pupuk Kandang

Zat gizi lisin bermanfaat bagi pertumbuhan, pertumbuhan jaringan, dan perkembangan anak. Sedangkan zat gizi leusin bermanfaat bagi pertumbuhan anak, perombakan dan pertumbuhan otot. Sehingga mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Trimulyo merasa ikan lele merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan bahan dasar PMT.

Mahasiswa KKN Tim II Undip mengajarkan masyarakat Desa Trimulyo untuk memanfaatkan ikan lele menjadi produk olahan yang dapat bermanfaat bagi perkembangan anak dan balita. Program pembuatan PMT ikan lele ini dilaksanakan di Balai Desa Trimulyo pada Kamis (8/8).

Rangkaian program yang dijalankan mulai dari pembuatan PMT ikan lele, pengenalan produk kepada kader-kader posyandu Desa Trimulyo dan peserta posyandu. Tujuan dibuatnya program ini supaya kader-kader dan peserta posyandu Desa Trimulyo dan dapat mengolah PMT yang bervariasi untuk anak-anaknya. (pn/ *)

Manfaatkan Potensi Desa, Tim II KKN Undip di Trimulyo Kayen Buat Inovasi Produk Olahan Ikan Lele | patinews.com | 4.5

Leave a Reply