Mahasiswa Umsida, Berdayakan Masyarakat melalui Anggota PKK dengan Inovasi Bank Sampah

Mahasiswa Umsida, Berdayakan Masyarakat melalui Anggota PKK dengan Inovasi Bank Sampah

EDUKASI, PATINEWS.COM

Ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) melakukan KKN Tangguh Kebencanaan di masa pandemic COVID-19, kegiatan KKN ini dilaksanakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa karena harus memperhatikan dan mematuhi protocol kesehatan yang ada.

Salah satu mahasiswa pelaksana KKN Tangguh 2020 bernama Fara Diva Novitasari studi Ilmu Komunikasi, melaksanakan KKN di Perumahan Magersari Permai RT 30/RW 07, Sidoarjo Jawa Timur dengan mengambil tema Pendampingan Swasembada Pangan dan Pengelolaan Sampah Mandiri. Pemilihan tema ini bertujuan untuk membantu mengurangi sampah rumah tangga di lingkungan sekitar.

Pengabdian yang dilakukan oleh Fara ialah fokus pada bank sampah dan pendampingan kerajinan dari sampah rumah tangga atau sampah pelastik.  Program-program yang dijalankan oleh fara kepada ibu-ibu anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ialah pelayanan bank sampah, pengolahan sampah, penjualan sampah, pembukuan serta pendampingan pembuatan kerajinan dengan daya jual.

Bank sampah ini diberi nama Bank Sampah Ijo Royo-Royo, program ini direncanakan dapat membantu warga dalam mengatasi persoalan sampah yang ada di Perumahan Magersari Permai juga menambah wawasan masyarkat mengenai sampah kemudian dapat menambah pemasukan bagi setiap nasabah Bank sampah dan Kas Rukun Tetangga (RT).

“Program ini dirancang dengan memberikan pengetahuan dan informasi tentang berbagai jenis sampah dan cara pengolahan sampah dengan paradigm yang baru, sehingga warga dapat memilah sampah-sampah yangtelah terkumpul yang kemudian dapat membuat lingkungan RT-30 nampak asri juga  sedikit membantu nasabah dalam menambah penghasilan dan pemasukan RT,” ungkap Fara.

Hadirnya Bank Sampah Ijo Royo-Royo, membuat warga Perumahan magersari Permai RT-30 sangat antusias untuk segera memulai menabung di Bank Sampah tersebut. Setiap dari warga diberi buku tabungan bank sampah serta tempat sampah untuk pemilahan yang diharapkan dapat membantu warga dan petugas bank sampah dalam memilah sampah.

Ibu Susi Yanti selaku ketua PKK RT 30 mengunggapkan bahwa dirinya dan warga sangat terbantu dengan adanya mahasiswa Umsida yang melaksanakan KKN di lingkungannya, terlebih peduli akan kebersihan lingkungan.

“tentu sangat terbantu dengan adanya program KKN yang dilakukan oleh mbak Fara ini, karena yang awalnya warga kurang peduli akan lingkungan dan manfaat dari bank sampah ini. Sekarang warga menjadi tahu dan saling bahu membahu agar program ini dapat terus berjalan di masyarakat,” kata ibu Susi Yanti, Minggu (13/09/20)

Fara Diva Novitasari (Peserta KKN Tangguh Umsida 2020, Kelompok 12)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo

Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer di Desa Tanjungrejo MARGOYOSO, PATINEWS.COM Tim Kuliah Kerja Nyata…

20 Oktober 2020

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020

Diikuti 26 Coach Profesional, Pati Jadi Tuan Rumah Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

OLAHRAGA, PATINEWS.COM Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah pelatih-pelatih…

19 Oktober 2020

Diakui Dunia, Generasi Muda Wajib Lestarikan Budaya Wayang Kulit

BUDAYA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan untuk nguri-uri budaya ini.…

19 Oktober 2020