Mahasiswa UMM Selenggarakan Edukasi Pencegahan Covid-19

Melalui program bermanfaat yaitu, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri Kelompok 5 Gelombang 2, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan edukasi pencegahan COVID-19 kepada anak-anak di RW 11 Kelurahan Langenharjo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kegiatan edukasi ini dilakukan di salah satu rumah warga dan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pencegahan, dan tentunya pengumpulan anak-anak tersebut mematuhi protokol kesehatan yang ada, dari pemakaian masker dan hand sanitizer.

Kegiatan tersebut diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Setyo Wahyu S, SE., ME. Pelaksanaannya dilakukan pada Jum’at (24/07/2020).

Seperti yang telah diketahui anak-anak perlu tahu tentang pencegahan dari dini, karena saat ini Indonesia akan memasuki era New Normal.

New Normal merupakan sebuah program tatanan baru agar mampu beradaptasi dengan Covid-19. Hingga saat ini kenaikan angka penyakit tersebut terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Akibatnya tentu saja berpengaruh terhadap kegiatan sehari-hari.Sehingga alasan akan dilaksanakan New normal adalah agar aktivitas dapat kembali normal namun tentu saja harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ada. New Normal sebenarnya akan bisa diterapkan di Indonesia, tapi kesadaran itu dapat di mulai dari dini atau dari anak-anak, orang tua wajib membiasakan anak-anak beraktifitas menggunakan masker ataupun menerapkan physical distancng.

Dilakukannya Edukasi ini agar masyarakat memahami pentingnya pencegahan dini terhadap virus ini, khususnya anak-anak. Kenapa harus anak-anak ?, dinilai dari mereka yang masih polos , mereka juga sangat rentan terjangkit virus ini.

Sebelum masuk ke tempat yang telah di sediakan, mereka secara bergiliran, memakai hand sanitizer dan tentunya memakai masker dari rumah. Mereka sangat memperhatikan bagaimana perwakilan kelompok kami , Aprinasari Maldinatus A menjelaskan. Bukti bahwa anak-anak pun peduli terhadap sesamanya, ingin lebih tahu dari teman-temannya yang lain, betapa pentingnya edukasi ini bagi mereka.

Dalam kegiatan ini anak-anak di ajarkan bagaimana cara pencegahan dan bahaya virus ini, salah satu pencegahannya nya adalah mencuci tangan, mereka di edukasi bagaimana caranya cuci tangan yang benar. Mereka sangat antusias terhadap kegiatan ini, satu persatu dari mereka mempraktekkan cuci tangan yang sudah diajarkan.

Mereka sangat senang karena selain kegiatan yang edukatif dan juga interaktif, mereka dapat menjadi contoh bagi anak-anak di lingkungan, keluarga dan masyarakat. Mereka datang dari latar pendidikan yang berbeda, dari sekolah dasar kelas 4,5,dan 6 juga turut serta siswi kelas 3 sekolah menengah pertama.

Menurut perwakilan dari Kelompok 5 PMM Gelombang 2, Aprinasari “ anak-anak adalah target kami untuk kegiatan edukasi ini, mereka membutuhkan pembelajaran lebih, tak hanya dari media sosial, mereka perlu “penuntun” untuk menjelaskan lebih detail dari bahaya hingga pencegahannya”

Kegiatan tersebut diakhiri dengan membagikan snack ringan kepada anak-anak tersebut, selain sebagai pengisi waktu luang dengan hal yang positif, mereka pulang dengan pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat.

Penulis:

Nama : Varrel Alfarizzi (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Warga Dukuh Njugo Tlogosari, Lakukan Audiensi dengan Komisi A DPRD Pati

PATI, PATINEWS.COM Warga Dukuh Njugo Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, Pati mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pati.…

13 Agustus 2020

LKP Nissan Fortuna Pati, Gelar Promo Terbatas Stir Mobil Gratis Plus Mekanik Motor di Bulan Kemerdekaan

  PATI, PATINEWS.COM Memperingati bulan kemerdekaan, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Pati menggelar…

13 Agustus 2020

Terima Audiensi Warga Desa Semampir, Pimpinan DPRD Pati Sarankan Tempuh Jalur Hukum

PATI, PATINEWS.COM DPRD Kabupaten Pati kembali didatangi oleh Masyarakat Desa Semampir yang ingin menyampaikan aduannya…

13 Agustus 2020

Cegah covid 19: Lindungi diri anda

PATINEWS.COM Ditahun 2020 terdapat  virus yang dirasa mematikan yakni virus corona. Seiring dengan berjalannya waktu…

13 Agustus 2020

Langkah Kecil Merubah Negeri, Mahasiswa UMM Bagikan 100 Paket PMT di Posyandu Desa Klumutan Madiun

Oleh: Leidyana Widiyakusua 4 Agustus 2020 Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 66 PMM Bhaktimu…

13 Agustus 2020

Mahasiswa KKN UNDIP di Prawoto Sukolilo, Manfaatkan SDA Untuk Pembuatan Handsanitizer Alami

SUKOLILO, PATINEWS.COM (13/08/2020) Tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan menjadi tempat bersarangnya virus dan…

13 Agustus 2020