Mahasiswa KKN Undip di Juwana, Adakan Gerakan Desa Tanggap Bencana

Mahasiswa KKN Undip di Juwana, Adakan Gerakan  Desa Tanggap Bencana
Mahasiswa KKN Undip di Juwana, Adakan Gerakan Desa Tanggap Bencana

Patinews.com -Juwana, Kegiatan pelatihan dan simulasi tanggap bencana bersama BPBD diadakan pada Jumat (19/7) dan Sabtu (20/7) bertempat di Balai Desa Doropayung. Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh perwakilan dari tiga desa, yaitu Desa Doropayung, Desa Bumirejo, dan Desa Kedungpancing. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 pada hari Jumat dan pukul 08.00 hingga pukul 13.00 pada hari Sabtu.

Latar belakang diadakannya kegiatan ini karena kurangnya kesadaran masyarakat desa yang terletak di sepanjang aliran sungai dalam menghadapi banjir yang sering terjadi di daerah tersebut. Contoh nyata dari musibah itu adalah pada tahun 2014.

Pada saat itu banjir menyapu daerah Desa Doropayung terutama yang berada di sekitar bantaran sungai. Dampak dari kejadian tersebut banyak harta benda yang ikut hanyut, diantaranya sertifikat rumah, perhiasan dan, benda-benda berharga lainnya. Hal ini tentunya menimbulkan kerugian moril maupun materiil bagi warga yang terkena dampak.

Baca juga:   101 Pelajar SMP ikuti Wisata Matematika Bela Negara di Makodim Pati

Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Kepala BPBD Kabupaten Pati lalu dilanjutkan dengan pemaparan dari Ibu Evi selaku perwakilan dari BPBD Kabupaten Pati terkait penanggulangan bencana.

Sedangkan pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan lanjutan pemaparan kembali materi dari Ibu Evi kemudian barulah dilakukan simulasi tanggap bencana. Kegiatan simulasi dilakukan dengan membentuk kelompok kecil di setiap desa, dalam kelompok kecil tersebut diberikan tugas untuk membuat sebuah pemetaan cara penanggulangan bencana yang mungkin terjadi di desa masing-masing.

Setelah pemetaan dilakukan, hasil tersebut kemudian dipaparkan di depan para peserta oleh tiap kelompok yang ada. (Sandi Iman)

Mahasiswa KKN Undip di Juwana, Adakan Gerakan Desa Tanggap Bencana | patinews.com | 4.5

Leave a Reply