Categories: BeritaNasional

Mahasiswa KKN Tangguh 2020 Umsida, Pendampingan Pendidikan di Masa Pandemi

Mahasiswa KKN Tangguh 2020 Umsida, Pendampingan Pendidikan di Masa Pandemi

PATINEWS.COM

Tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan Program KKN Tangguh Kebencanaan kala pandemi Covid -19. Lantaran berada di saat kondisi pandemi program yang diikuti oleh ratusan mahasiswa ini dilaksanakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa dengan harus memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan.

Di saat kondisi pandemi ini, berbagai dampak dirasakan oleh masyarakat akibat pandemi mulai dari sektor kesehatan, pendidikan bahkan sektor ekonomi. Melihat kondisi ini peluang besar para peserta KKN untuk menyuguhkan berbagai inovasi dan kreativitas program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

Pada sektor pendidikan, salah satu yang merasakan besarnya dampak pandemi ini adalah orang tua, misalnya siswa yang masih di sekolah dasar yang hampir selama enam bulan tidak bisa masuk sekolah seperti biasanya, orang tua harus menjadi penganti guru dirumah saat belajar online yang harus terhubung ke internet (Daring), dan tidak semua orang tua siswa memahaminya.

Tri Cahyono salah seorang peserta KKN yang berdomisili di Ds Sugihwaras Kec Candi kab Sidoarjo, melakukan pendampingan Pendidikan siswa pada anak yatim yang terdampak pandemic di tempatnya, Ibu dari siswa yang bernama Ajeng mengatakan bahwa mengalami kesulitan saat adanya sekolah dengan sistem online (daring), diantaranya masalah teknis dan jaringan.

Karena orang tua kurang mengetahui masalah gadget, serta sering kewalahan untuk mengajari materi yang diberikan dari sekolah secara online, Mendapati hal ini Tri peserta KKN Tangguh Kebencanaan kelompok 20, memberikan pendampingan pada Pendidikan dan ketrampilan selama 2 bulan pada siswa untuk membantu permasalahan dalam Pendidikan saat pandemi.

Program ini merupakan upaya untuk membantu mengatasi masalah Pendidikan siswa saat terjadi pandemi di masyarakat, karena kualitas Pendidikan sekarang akan mempengarui beberapa tahun kedepan, serta tak sedikit para siswa yang akhirnya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar karena tidak mempunyai gawai sebagai alat penununjang, serta semangat belajar yang kurang.

Ibu dari siswa sangat bersyukur dengan adanya KKN Tangguh ini, karena dengan adanya kkn Tangguh ini bisa membantu dalam pembelajaran anaknya. Bahkan berpesan kalau kkn nya sudah selesai tolong tetap bantu untuk pendampingan tugas online, karena anaknya kesulitan dalam belajar secara virtual online.

“Saat mas tri memberi informasi akan melakukan kkn di desa, saya langsung menyuruh mas tri untuk mengambil progam Pendidikan buat anak saya saja, karena saya kebingungan dengan banyaknya tugas yang menumpuk dari sekolah sedangkan anak saya susah banget untuk mengerjakan maupun belajar sendiri, belum lagi harus bekerja, jadi sangat bersyukur dengan kegiatan KKN ini sangat membantu.” kata Ibu Ajeng , Minggu (19/09/20).

(*).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Berbagai Elemen Masyarakat Pati, Tolak Demo Anarki

PATI, PATINEWS.COM Kompak tolak demo anarkis, berbagai elemen masyarakat Kabupaten Pati melaksanakan deklarasi damai di…

19 Oktober 2020

Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Andil Dalam Kegiatan Tartil Rutin Bersama Fatayat Muslimat Desa Guwo

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM Minggu, (18/10) bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1442, Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah…

19 Oktober 2020

Ketika Bisnis Esek-esek, Jerat Gadis Dibawah Umur

PATI – PATINEWS.COM Praktik bisnis esek-esek di Pati dalam beberapa tahun terakhir ini dinilai oleh…

19 Oktober 2020

Diikuti 26 Coach Profesional, Pati Jadi Tuan Rumah Kursus Lisensi Kepelatihan B PSSI

OLAHRAGA, PATINEWS.COM Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) mengaku bangga bisa berada di tengah-tengah pelatih-pelatih…

19 Oktober 2020

Diakui Dunia, Generasi Muda Wajib Lestarikan Budaya Wayang Kulit

BUDAYA, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan yang bertujuan untuk nguri-uri budaya ini.…

19 Oktober 2020

282 KK di Desa Karangsari Cluwak, Peroleh Bantuan Sosial Tunai

CLUWAK, PATINEWS.COM COVID-19 Merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Coronavirus Disease yang menyebar sangat cepat…

19 Oktober 2020