Mahasiswa FTIK USM, Mampu Membuat Program Cerdas Pengolah Data Pada PT. Multi Mitra Bersama

Sejumlah mahasiswa S1-Teknik Infromatika Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang membangun sebuah sistem untuk membantu Perusahaan mengolah data menggunakan metode K-NN pada perusahaan ekspedisi dikota Semarang.

Kegiatan ini dilakukan empat mahasiswa Teknik Informatika yaitu Aditya Dwi, M Faisal L, Saputra Adi N, Septian Ery P. Dalam rangka tugas akhir mata kuliah Data Mining dengan dosen pengampu Saifur Rohman Cholil, M.Kom. Salah satu perusahaan yang menjadi tempat penelitian kami yaitu PT. Multi Mitra Bersama (MMB).

Dalam sistem ini, mahasiswa merancang dan membangun sistem yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bersangkutan sesuai dengan apa yang telah diajarkan di perkuliahan.

Hal ini akan menjadi pengalaman untuk mendapatkan data ilmiahyang akan diolah kedalam sistem yang nantinya akan diimplementasikan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga:   KPAK Pati Gelar Sosialiasi Gerakan Desa Peduli AIDS

Penelitian kami mulai dengan mengunjungi perusahaan yang bersangkutan, dilanjutkan dengan wawancara dengan pemimpin perusahaan PT. MMB yakni Bp. Dickta guna mendapatkan data yang diperlukan kemudian melakukan analisa sistem dan implementasi sistem guna memenuhi kebutuhan sistem.

Aplikasi yang kami buat ini menggunakan metode K-NN yang diimplementasikan di PT. MMB Semarang. Sistem ini akan memudahkan pihak ekspedisi dalam menginput, edit bahkan menentukan klasisfikasi data truk pada setiap harinya, yang nantinya akan digunakan sebagai ritase setiap truknya dalam sebulan.

Dengan adanya tugas ini, mahasiswa dilatih untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan agar mahasiswa memiliki bekal mengenai dunia kerja, disisi lain hasil akhir yang dibangun oleh mahasiswa sangat berguna bagi perusahaan ekspedisi semarang dalam menentukan ritase truk setiap harinya bahkan setiap bulannya.

Mahasiswa FTIK USM, Mampu Membuat Program Cerdas Pengolah Data Pada PT. Multi Mitra Bersama | patinews.com | 4.5

Leave a Reply