Mahasiswa FTIK Universitas Semarang Membuat Program Analisis Prediksi Produk Terlaris di PT Pisma Garment Indo

Mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2016 Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang membuat Program Analisis Produk Terlaris berbasis web di PT. PISMA GARMENT INDO kota Demak Provinsi Jawa Tengah. Untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Data Mining yang diampu oleh Bapak Saifur Rohman Cholil, S.Kom., M.Kom.

Kelompok mahasiswa Teknik Informatika Universitas Semarang yang terdiri dari Ivan Rasyid dan Naily Syifa tersebut membuat program berdasarkan analisa kebutuhan di PT. PISMA GARMENT INDO. Sistem yang dibangun untuk menganalisa produk terlaris. Pada semester ini, mahasiswa kembali belajar menganalisa kebutuhan mitra untuk memprosesnya ke dalam sebuah sistem yang menjadikan pembelajaran bagi mahasiswa agar dapat berinteraksi langsung dengan mitra yang diajak bekerja sama.

Dalam penerapannya mahasiswa Teknik Informatika diminta untuk mengambil beberapa data kemudian diolah dalam sebuah program berbasis web, data-data tersebut terdiri dari kriteria yaitu Merk, Ukuran, Warna, Harga dan Laris atau tidaknya produk tersebut.

Baca juga:   Peringatan Hari Santri di Pati diikuti Ribuan Peserta

Dari kriteria tersebut mahasiswa diminta menentukan alternatif yaitu beberapa produk yang masuk nominasi 5 besar yang akan dijadikan produk yang terlaris. Dosen pengampu mata kuliah Data Mining, Saifur Rohman Cholil , S.Kom, M.Kom menjelaskan bahwa mahasiswanya mampu menerapkan apa yang diajarkan dalam perkuliahan ke masyarakat.

Manfaat bagi PT. PISMA GARMENT INDO dengan adanya Analisis ini salah satunya mampu menyelesaikan penerapan pemilihan produk yang terlaris dengan mudah dan akurat. Sementara, bagi mahasiswa dapat menerapkannya di Universitas Semarang yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian secara mandiri dan terampil serta bagi dosen akan senang melihat mahasiswanya mampu menyelesaikan permasalahan dalam menentukan suatu keputusan.

Sistem yang dibuat berbasis Web. Perancangan dan penyerahan sistem pada tanggal 15 Mei s.d. 18 Juni 2019. Diharapkan sistem yang telah dibangun dapat membantu proses pemilihan produk terlaris di PT. PISMA GARMENT INDO.

Mahasiswa FTIK Universitas Semarang Membuat Program Analisis Prediksi Produk Terlaris di PT Pisma Garment Indo | patinews.com | 4.5

Leave a Reply