Categories: BeritaNasional

LMI Bekerja Sama dengan Klinik Ummat Kota Palembang

LMI Bekerja Sama dengan Klinik Ummat Kota Palembang

Palembang – sejak terjadinya karhutla udara yang bersih dan sehat lama tidak dapat lagi dirasakan oleh warga Palembang. Waktu kabut asap sempat membaik, namun akhir-akhir ini kabut asap kembali menyelimuti kota Palembang. Dengan kondisi demikian membuat masyarakat sangat mudah terkena serangan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), khususnya masyarakat yang berada di daerah pinggiran yang mengalami kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan.

Ahad lalu (13/10), Laznas LMI Sumatra selatan bekerja sama dengan klinik ummat Palembang untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di pinggiran aliran sungai Musi, yaitu kampung sungai Putat kota Palembang dan kampung sungai Jawi kabupaten Muara Enim.

Anak-anak di kampung pinggiran sungai Musi biasanya berangkat kesekolah pukul 5:30, sejak terjadi karhutla sampai sekarang mereka baru bisa berangkat sekolah pukul 7:00. Di karenakan jarak pandang di pagi hari masih pekat oleh asap yang akan mengganggu pernapasan dan terasa pedih di mata.

Begitu juga yang dirasakan oleh Daiyah. Nenek 75 tahun yang sudah terbiasa beraktifitas sejak subuh ini harus menunggu beberapa saat sampai adanya terik matahari, sehingga kabut asap yang disebabkan oleh karhutla berkurang. “kami sebenernyo lak dak tahan lagi, lah sudah teraso sesak. Ngirup napas asak pagi hari. Kalau kami nak berobat nak harus ngancap ke gandus dulu baru pacak berobat. (kami sebenernya tidak tahan, sudah terasa sesak. Kalau mau berobat, harus jauh kekecamatan gandus)”, ucap Dauyah saat diperiksa oleh tim dokter.

Dari hasil pemeriksaan 80 warga di kampung sungai Putat dan kampung sungai Jawi, sudah tercatat lima jenis penyakit terbanyak yang diderita oleh warga, yaitu hypertensi, gangguan lambung (maag), diare, radang sendi, (rematik), serta 30% dari total pasien terdeteksi menderita penyakit ISPA. “ semoga dengan kehadiran LMI yang bekerja sama dengan klinik ummat Palembang di tengah – tengah masyarakat kampung pinggiran sungai Musi hari ini dapat memberikan manfaat sebaik – baiknya, terutama untuk kesehatan mereka”, pungkas kepala kanwil LMI Sumatra selatan conny septea.

                    Tri Muji Lestari & RobiatulAuliyah, SE,.MSA
patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Kolaborasi Rumah Seni dan Komunitas Bonsai Pati, Kian Solid

PatiNews.com - Kota, Gedung Juang 45 yang berada di Jalan Panglima Sudirman Pati adalah sebuah…

4 jam ago

Cegah Arsip Hilang, Tertib Administrasi Diperlukan

Patinews.com - Kota, Arsip menjadi gambaran perjalanan sejarah sekolah maupun sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk…

4 jam ago

Berdinding Banner Bekas, Rumah Mbah Wardi di Cluwak Bakal Direnovasi

Patinews.com - Cluwak, Hidup sebatang kara di dalam gubug berukuran kurang lebih 3 x 4…

6 jam ago

Tempuh Jarak 110 Kilometer, Ini Desa dan Kecamatan yang Dilewati “Le Velo de Pati”

Patinews.com - Event, Le Velo de Pati, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Ulang…

6 jam ago

Hadiri Penyerahan Bantuan CSR Senilai 200 Juta di Talun, Bupati Harap Kualitas Belajar Mengajar Santri Meningkat

Patinews.com - Kayen, Hari ini (Rabu, 19 Februari 2020) Bupati Pati Haryanto hari ini menghadiri acara…

7 jam ago

Ratusan Penyuluh Pertanian se Jateng dan Jatim Kumpul di Pati, ini Wejangan Wabup

Ratusan Penyuluh Pertanian se Jateng dan Jatim Kumpul di Pati, ini Wejangan Wabup PatiNews.Com -…

8 jam ago