Categories: BeritaNasional

LMI Bekerja Sama dengan Klinik Ummat Kota Palembang

LMI Bekerja Sama dengan Klinik Ummat Kota Palembang

Palembang – sejak terjadinya karhutla udara yang bersih dan sehat lama tidak dapat lagi dirasakan oleh warga Palembang. Waktu kabut asap sempat membaik, namun akhir-akhir ini kabut asap kembali menyelimuti kota Palembang. Dengan kondisi demikian membuat masyarakat sangat mudah terkena serangan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), khususnya masyarakat yang berada di daerah pinggiran yang mengalami kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan.

Ahad lalu (13/10), Laznas LMI Sumatra selatan bekerja sama dengan klinik ummat Palembang untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di pinggiran aliran sungai Musi, yaitu kampung sungai Putat kota Palembang dan kampung sungai Jawi kabupaten Muara Enim.

Anak-anak di kampung pinggiran sungai Musi biasanya berangkat kesekolah pukul 5:30, sejak terjadi karhutla sampai sekarang mereka baru bisa berangkat sekolah pukul 7:00. Di karenakan jarak pandang di pagi hari masih pekat oleh asap yang akan mengganggu pernapasan dan terasa pedih di mata.

Begitu juga yang dirasakan oleh Daiyah. Nenek 75 tahun yang sudah terbiasa beraktifitas sejak subuh ini harus menunggu beberapa saat sampai adanya terik matahari, sehingga kabut asap yang disebabkan oleh karhutla berkurang. “kami sebenernyo lak dak tahan lagi, lah sudah teraso sesak. Ngirup napas asak pagi hari. Kalau kami nak berobat nak harus ngancap ke gandus dulu baru pacak berobat. (kami sebenernya tidak tahan, sudah terasa sesak. Kalau mau berobat, harus jauh kekecamatan gandus)”, ucap Dauyah saat diperiksa oleh tim dokter.

Dari hasil pemeriksaan 80 warga di kampung sungai Putat dan kampung sungai Jawi, sudah tercatat lima jenis penyakit terbanyak yang diderita oleh warga, yaitu hypertensi, gangguan lambung (maag), diare, radang sendi, (rematik), serta 30% dari total pasien terdeteksi menderita penyakit ISPA. “ semoga dengan kehadiran LMI yang bekerja sama dengan klinik ummat Palembang di tengah – tengah masyarakat kampung pinggiran sungai Musi hari ini dapat memberikan manfaat sebaik – baiknya, terutama untuk kesehatan mereka”, pungkas kepala kanwil LMI Sumatra selatan conny septea.

                    Tri Muji Lestari & RobiatulAuliyah, SE,.MSA
patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020