Categories: BeritaNasional

Lestarikan Identitas Bangsa Lewat Kirab Budaya

Lestarikan Identitas Bangsa Lewat Kirab Budaya

PatiNews.Com – Kediri, Melestarikan budaya bangsa sudah seharusnya dilakukan, sebagaimana warga Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri pada perhelatan kirab budaya yang berlangsung sore tadi. 45 kelompok yang ada di Kelurahan Pojok memadati sepanjang jalan dari Kantor Kelurahan Pojok hingga lokasi titik finish di wisata Goa Selomangleng. 45 kelompok ini terdiri dari berbeda latarbelakang, ada yang berlatarbelakang kelompok PKK hingga kelompok seni tradisional, seperti jaranan. Diwaktu bersamaan juga, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kediri mengadakan pagelaran seni budaya di wisata Goa Selomangleng dengan tema Panji Gunung, minggu (15/10/2017).

Dalam partisipasinya, Danramil Mojoroto, Kapten Inf Arifin bergabung dengan para partisipan memakai pakaian tradisional, sedangkan Bati Tuud Koramil Mojoroto, Peltu Suharno bergabung dengan partisipan memakai pakaian batik dalam kirab budaya yang memulai start di Kantor Kelurahan Pojok.

Menurut Erly Ernawati, selaku Kepala Kelurahan Pojok, kegiatan tersebut diadakan dengan harapan bisa meningkatkan daya kreativitas para warga dan warga memang diminta untuk menggali potensi yang ada untuk ditampilkan dalam bentuk kirab. Selama kirab berlangsung, para partisipan sangat atraktif hingga menuju garis finish di Goa Selomangleng ditambah beberapa kelompok tidak henti-hentinya meneriakkan yel-yel atau lagu kelompok mereka.

Ditempat terpisah, Nur Muhyar selaku kepala Disbudparpora Kediri menjelaskan bahwa pada pagelaran ini menceritakan perjalanan cerita Panji dan merupakan pelestarian budaya non benda. Selain sebagai upaya pelestarian, dengan adanya Panji Gunung ini dapat mengedukasi masyarakat agar mengetahui sejarah kejayaan Kediri pada masa lampau.

Dari penjelasan Peltu Suharno, sudah untuk kesekian kalinya Koramil 03/Mojoroto turut berpartisipasi dalam kirab budaya yang diadakan Kelurahan Pojok. Terlepas dari keikutsertaannya, Peltu Suharno berharap budaya yang mengedepankan ciri khas daerah terutama Kediri, harus tetap dilestarikan. (pd)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com
Tags: kediri

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020