Lepas Kontingen Jambore Daerah, Wabup Safin Titipkan Nama Baik Kabupaten Pati

Lepas Kontingen Jambore Daerah, Wabup Safin Titipkan Nama Baik Kabupaten Pati

PatiNews.Com – Kota, Kontingen Kabupaten Pati bakal mengikuti Jambore Daerah ke -15 tahun 2019 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Blora, 26 – 31 Agustus 2019. Sebanyak 40 peserta pun melaksanakan upacara pelepasan dan pemberangkatan yang bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Jumat, (23/8).

Pimpinan Kontingen Kwarcab Pati, Sukiman, mengatakan bahwa dari jumlah 40 peserta tersebut, terbagi menjadi 16 putra, 16 putri, 2 pimpinan kontingen, 4 pendamping dan 2 pendukung.

“Tak hanya itu, juga akan dilepas sebanyak 24 peserta yang akan mengikuti perkemahan Bakti Husada ke – 6 tingkat Jawa Tengah yang akan berlokasi di Kabupaten Banyumas”, ujarnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Jambore Daerah diantaranya ialah persiapan zona integritas, zona kekinian, zona adventure, zona peduli, zona budaya, zona pengetahuan wawasan ketrampilan, dan zona scooting skill serta pramuka dewasa.

“Untuk target juara, Kwartir Cabang Kabupaten Pati menargetkan juara 1 di zona budaya. Harapannya agar lebih meningkatkan kegiatan pramuka yang ada di Kabupaten Pati, terutama dalam pramuka penggalang”, jelasnya.

Mewakili Bupati Pati untuk melepas pemberangkatan para kontingen, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyampaikan apresiasinya terhadap para kontingen yang akan mewakili Kabupaten Pati. Beliau menegaskan, dalam Jambore Daerah ke – 15 di Blora, bukan persoalan menang ataupun kalah. Melainkan tentang membawa nama baik Kabupaten Pati.

Baca juga:   Polsek Pati Kota Ungkap Kasus Pengeroyokan di Jalur Lingkar Selatan

“Yang penting, bagaimana adik- adik semua membawa nama baik mewakili 1,3 juta masyarakat Kabupaten Pati. Mari kita tunjukkan segala kebaikan yang ada dalam pramuka kita”, ujarnya.

Di sela arahannya, ia pun menceritakan pengalamannya dahulu ketika mengikuti pramuka. Menurutnya, meskipun dirinya jarang mengikuti pramuka kala itu, ia menilai bahwa dalam pramuka timbul nilai – nilai kedisiplinan, tanggung jawab, motivasi serta semangat juang.

“Dengan adanya adik- adik semua ini, saya yakin kalian ini lah yang nanti akan menggantikan generasi yang ada saat ini. Mungkin bisa menggantikan saya, atau Ka Kwarcab, atau kepala dinas di Pati”, tegasnya.

Hal ini, lanjut Safin, bisa terwujud apabila mengimplementasikan nilai – nilai disiplin, kekuatan moral, sportivitas yang tentunya ada dalam pramuka.

“Kabupaten Pati, salah satu dari 35 Kabupaten di Jawa Tengah, butuh hal – hal yang positif. Yaitu, promosi yang memberikan kemanfaatan, promosi yang dapat mengangkat Kabupaten Pati”, imbuhnya.

Kepada kontingen Pati, ia mengajak untuk dapat membawa nama baik Pati, menunjukkan bahwa Kabupaten Pati tidak kalah dengan daerah – daerah lain. Selain itu, pada zaman Belanda, Kabupaten Pati merupakan ibukota karesidenan dari 5 daerah.

“Itu menunjukkan bahwa zaman Belanda dahulu telah menunjuk Pati sebagai ibukota dari karesidenan. Dengan demikian, kita harusnya lebih baik dari daerah lain”, pungkasnya. (pn/ dok Humas).

Lepas Kontingen Jambore Daerah, Wabup Safin Titipkan Nama Baik Kabupaten Pati | patinews.com | 4.5

Leave a Reply