Categories: Berita

Lebih Awal, 630 Calon Jama’ah Haji 2020 Asal Pati Ikuti Manasik

Lebih Awal, 630 Calon Jama’ah Haji 2020 Asal Pati Ikuti Manasik

PatiNews.Com – Kota, 630 calon jamaah haji se – Kabupaten Pati tahun 2020,  mendapat bimbingan manasik haji di Gedung Haji Pati lebih awal. Minggu, 24 November 2019.

Bupati Pati Haryanto yang juga merupakan Ketua IPHI Kabupaten Pati mengungkapkan bahwa, pelaksanaan manasik haji yang tergolong lebih awal ini digelar, agar sejak jauh-jauh hari para jamaah mendapatkan gambaran tentang ibadah di tanah suci.

“Dengan digelarnya manasik haji lebih awal ini, kita harapkan saat para jamaah haji berada di tanah suci nanti, tidak ada beban dan dapat merasa enjoy”, sambung Bupati.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, melalui manasik haji ini, yang harus dipersiapkan calon jamaah haji bukanlah soal uang saku saja.

Sebab yang paling utama ialah harus mempersiapkan kondisi fisik maupun kesehatan.

“Selain itu, yang selalu kita evaluasi ialah Karu (ketua regu) dan Karom (ketua rombongan) agar dapat dijalankan oleh orang – orang yang benar – benar tulus, ikhlas serta memiliki jiwa kepedulian”, lanjutnya.

Bupati menyebut, hal itu dilakukan untuk menghindari Karu dan Karom yang lalai mengurusi rombongannya melainkan malah mengurusi dirinya sendiri.

“Digelarnya manasik haji lebih awal ini agar dapat dievaluasi oleh IPHI kecamatan maupun kabupaten. Tak harus karu dan karom itu orang yang muda. Terpenting punya jiwa tulus, ikhlas dan bisa ngopeni”, tegasnya.

Apabila hal tersebut dijalankan, maka, menurut Bupati pelaksanaan ibadah haji di tanah suci pun akan terlaksana dengan baik dan lancar.

Sebab, selama ini usai pulang dari tanah suci, banyak keluhan – keluhan yang disampaikan oleh para jamaah.

Haryanto juga mengatakan, demi terlaksananya ibadah haji dengan lancar, pemerintah kabupaten selalu memberi dukungan, bantuan maupun subsidi.

Yaitu, ikut memberangkatkan secara bersama – sama sampai ke Donohudan, dan pulang kembali secara bersama – sama pula sampai ke Pendopo Kabupaten Pati.

“Sekali lagi, jangan sampai para jamaah haji ini terbebani. Namun sebisa mungkin berupaya agar jamaah haji dapat berangkat dengan aman dan selamat, beribadah dengan khusyuk serta pulang kembali ke daerah dengan selamat pula,” tandasnya. (pn/ dok Humas).

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Mahasiswa KKNT UPGRIS Gelar Webinar Bijak Berikan Gawai pada Anak

EDUKA, PATINEWS.COM Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disebut dengan KKN merupakan sebuah program yang…

15 September 2020

Digelar Virtual, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Pati Peroleh Materi Wasbang

PATI, PATINEWS.COM Dalam rangka memupuk kecintaan kepada Negara dan Bangsa, tidak henti-hentinya Kodim 0718/Pati memberikan…

15 September 2020

Banser Pengawal Ulama’ Kyai, Habib dan NKRI

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd I* Sudah kesekian kali beberapa penceramah agama, pesohor, pejabat…

15 September 2020

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda

Rapat Paripurna DPRD Pati, Bahas Penyertaan Modal Perumda PATI, PATINEWS.COM Guna memaksimalkan Badan Usaha Milik…

15 September 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020

Siswa MI Darun Najah Ngemplak Kidul, Raih Medali Emas Karate America Championship 2020 MARGOYOSO, PATINEWS.COM…

15 September 2020

Sosialisasi Jam Malam, Ini Yang Dilakukan Muspika Tlogowungu

TLOGOWUNGU, PATINEWS.COM, Muspika Tlogowungu beserta anggota Koramil 13/Tlg,  Polsek Tlogowungu dan Satpol PP  Kecamatan Tlogowungu …

15 September 2020