Categories: Berita

Langkah Kecil Merubah Negeri, Mahasiswa UMM Bagikan 100 Paket PMT di Posyandu Desa Klumutan Madiun

Oleh: Leidyana Widiyakusua
4 Agustus 2020

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 66 PMM Bhaktimu Negeri  Universitas Muhammadiyah Malang diantaranya ada pemberian bantuan makanan tambahan untuk anak posyandu atau yang biasa di kenal dengan PMT.

Dengan adanya Pandemic Covid-19 ini semua kegiatan seakan terhenti seketika. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dibungkus dalam jegiatan PMM Bhaktimu Negeri (Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat).

PMM Bhaktimu Negeri ini adalah kegiatan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat yang dilakuka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang selama 1 Bulan penuh. Mahasiswa PMM Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang menyediakan 100 paket PMT untuk Posyandu Desa Klumutan Kabupaten Madiun. 1 Paket
berisi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Diharapkan dengan pemberian bantuan PMT Kepada balita posyandu di masa Pandemi Covid-19 bisa menekan tingkat balita kekurangan gizi di Desa Klumutan Kabupaten Madiun. Pemberian PMT Ini mendapatkan respon positif dari bidan dokter yang menangani posyandu di Desa Klumutan Kabupaten Madiun saat itu.

“PMT yang diberikan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang sangat bagus dan lengkap, sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna yang sebenar-benarnya, semoga nanti bisa menajadi contoh kedepannya dan bisa dipertahankan. Ini juga bisa dijadikan semangat untuk para ibu dan balita posyandu supaya tidak malas datang ke posyandu karna mendapatkan PMT yang menarik,” tutur dokter yang menangani posyandu di Desa Klumutan 5 Agustus 2020.

Pemberian PMT ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Alurnya setiap ibu dan anak yang masuk ke posyandu harus menggunakan masker dan terlebih dahulu harus di cek suhu tubuhnya. Jika tidak memenuhi standar maka ibu harus menunggu diluar posyandu dan balitanya saja yang di perbolehkan masuk dengan dibantu oleh kader dan Mahasiswa UMM.

Jarak antara ibu satu dengan yang lainnya dibatasi setengah meter selain itu adanya ketentuan bahwa setelah proses penimbangan dan pengurkuran tinggi badan balita harus langsung pulang dan tidak boleh bergerombol.

Hal ini dilakukan dengan tegas oleh Kader Posyandu, Dokter, Bidan, dan juga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Aturan tegas semacam ini dilakukan agar tidak terjadi penularan virus antara ibu dan balita satu dengan yang lainnya. Supaya tujuan dari kegiatan posyandu ini tidak terciderai dengan hal-hal yang tidak diinginkan seperti penularan virus karena tidak menerapkan protokol kesehatan yang ada.

“Saya tidak mau melayani ibu dan balita yang datang ke posyandu tidak menggunakan masker dan tidak memenuhi protokol kesehatan yang sudah di tetapkan pemerintah, saya tidak mau terjadi penyebaran virus akibat adanya posyandu ini nantinya,” tutur dokter yang menangani posyandu di Desa Klumutan 5 Agustus 2020.

Kader-kader di posyandupun juga sangat tegas dan tidak pandang bulu, walaupun keluarganya sendiri ataupun temannya jika memang tidak sesuai dengan protokol kesehatan yang diterapkan juga tidak diizinkan untuk masuk kedalam posyandu.

“Desa Klumutan Kabupaten Madiun memang layak dijadikan sebagai desa percontohan, semua perangkat dan orang-orang yang ada di kelurahan sangat tegas dan disiplin dalam menerapkan aturan, tidak tarik ulur dan dapat dipertanggungjawabkan. Semoga Desa Klumutan bisa terus mempertahankan itu,” tutur Gufron Tri Handhoko Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

(*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Melalui e-Channel, Mahasiswa KKN Tangguh UMSIDA 2020 Ajak Terapkan Anjuran Protokol Kesehatan

Sidoarjo, Patinews.com Ada yang berbeda dengan pelaksanaan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun ajaran…

22 September 2020

KKN Tangguh Lakukan Pendampingan UMKM, Cara Pembuatan Layang-layang Serta Cara Penjualannya

Di situasi pandemi seperti ini tidak menurunkan semangat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk mengabdi kepada…

22 September 2020

Cara Mudah Memilih Furniture Jakarta Agar Terlihat Simpel Tapi Menawan

Furniture adalah salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh seseorang seiring dengan perkembangan teknologi. Apalagi dalam…

22 September 2020

6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Interior Design

Interior design adalah suatu tampilan yang membuat ruangan memiliki nilai estetik. Melakukan desain interior pada…

22 September 2020

Bersama Pelaku UMKM, Mahasiswa Ini Sediakan Jasa Delivery Telur

NASIONAL, PATINEWS.COM KKN atau Kuliah Kerja Nyata menjadi salah satu sarat kelulusan bagi seorang mahasiswa…

22 September 2020

Selain Tingkatkan Akses ke Agrowisata Jollong, TMMD Juga Percepat Akses Produk Pertanian

GEMBONG, PATINEWS.COM Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 dengan tema…

22 September 2020