Categories: Berita

Kuatkan Pendidikan Karakter, Mahasiswa Universitas Mercu Buana Ajarkan Hal ini Kepada Murid SD

Patinews.com – Nasional, Memberikan pendidikan karakter pada anak usia dini adalah satu hal yang patut dicontoh dan dilaksanakan secara berkelanjutan.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Mercu Buana jurusan Public Relation yang mengadakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri di SD Negeri Gerendeng 1 Kota Tangerang pada 18 November 2019 lalu.

Pada kesempatan itu, didampingi oleh dosen pembimbing Rika Yessica Rahma, M.Ikom para mahasiswa memberikan tiga hal kecil yang sangat berarti untuk diajarkan kepada anak-anak usia dini.

Kegiatan Gerakan Gemar Sikat Gigi ditujukan kepada siswa-siswi kelas 1 SD. Tujuannya adalah mengajarkan kepada anak-anak agar lebih menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sebab kebiasaan seperti ini perlu ditanamkan sejak dini agar mereka menjadi generasi dengan gigi sehat dan kuat.

Pemanfaatan limbah botol plastik. Di tengah gencarnya kampanye diet plastik, kegiatan ini mempunyai goal membiasakan perilaku sampah botol plastik menjadi hal yang bisa dimanfaatkan.

Kegiatan sederhana ini diharapkan bisa mengarahka perilau anak-anak untuk mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan. Yaitu memanfaatkan botol plastik sebagai media tanam yang membantu penghijauan. Serta mengajarkan untuk menanam sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk diri sendiri.

Kegiatan membatik menyasar siswa kelas 5 SD. Kegitan ini memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Indonesia kepada generasi muda. Anak-anak diharapkan bisa lebih mengapresiasi karya seni batik sebagai budaya bangsa dan mengetahui secara detail proses pembuatan batik nusantara.

Ini sangat bagus sekali, karena untuk memberdayakan siswa-siswi yang terbiasa belajar diruangan sehingga belajar diluar kelas jadi ada suasana lain. Apalagi dengan adanya program membatik dari mahasiswa Universitas Mercu Buana sangat bersyukur dan senang sekali, karena tahun lalu siswa/i kelas 5 kami pergi ke Cipadu untuk belajar membatik,” sambungnya.

Dengan program sikat gigipun akan lebih memperdalam lagi untuk anak-anak kelas 1 SD betapa pentingnya menjaga kebersihan gigi. Dan juga untuk program lingkungan sangat bagus, guru-guru yang lain juga meminta untuk dipajang dan itu memang harus,” ungkap Kepala Sekolah SDN Gerendeng 1 Nani Mardani.

Sangat berharap sekali untuk bisa bekerjasama lagi, dan kami di sini sangat terbuka sekali untuk kegiatan seperti ini, dan memang ini adalah hal-hal yang ditunggu-tunggu sekali oleh anak-anak untuk pembelajaran di luar kelas,” tandasnya. (*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Bahas RKPD, Pemkab Pati Gelar Musrenbang Online

Bahas RKPD, Pemkab Pati Gelar Musrenbang Online PatiNews.Com - Kota, Bertempat di ruang Command Center…

5 jam ago

Satu PDP di Pati Positif Covid-19, Dirawat di RSUD Moewardi Solo

Satu PDP di Pati Positif Covid-19, Dirawat di RSUD Moewardi Solo PatiNews.Com - Kota, Bupati…

7 jam ago

Jadi Lebih Pendek, Satlantas Polres Pati Ubah Jam Pelayanan SIM

Jadi Lebih Pendek, Satlantas Polres Pati Ubah Jam Pelayanan SIM PatiNews.Com - Kota, Sebagai salah…

12 jam ago

Ada Wabah, KUA di Pati Terapkan Protokol Menikah

Patinews.com – Kota, Ditengah pandemi, Kemenag berlakukan WFH (Work From Home). Namun, layanan publik non…

1 hari ago

Lindungi Petugas Medis, Ganjar Borong 10 Ribu APD

Patinews.com - Jateng, Demi keselamatan petugas medis, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memborong 10 ribu coverall atau…

1 hari ago

Karang Taruna Sarikamandowo dan Anggota Ansor Banser Talun, Bagikan Hand Sanitizer

Patinews.com - Kayen, Pembagian hand sanitizer secara gratis dan penyemprotan tangan bagi jama’ah sholat jumat…

1 hari ago