Categories: Berita

Kuatkan Pendidikan Karakter, Mahasiswa Universitas Mercu Buana Ajarkan Hal ini Kepada Murid SD

Patinews.com – Nasional, Memberikan pendidikan karakter pada anak usia dini adalah satu hal yang patut dicontoh dan dilaksanakan secara berkelanjutan.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Mercu Buana jurusan Public Relation yang mengadakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri di SD Negeri Gerendeng 1 Kota Tangerang pada 18 November 2019 lalu.

Pada kesempatan itu, didampingi oleh dosen pembimbing Rika Yessica Rahma, M.Ikom para mahasiswa memberikan tiga hal kecil yang sangat berarti untuk diajarkan kepada anak-anak usia dini.

Kegiatan Gerakan Gemar Sikat Gigi ditujukan kepada siswa-siswi kelas 1 SD. Tujuannya adalah mengajarkan kepada anak-anak agar lebih menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sebab kebiasaan seperti ini perlu ditanamkan sejak dini agar mereka menjadi generasi dengan gigi sehat dan kuat.

Pemanfaatan limbah botol plastik. Di tengah gencarnya kampanye diet plastik, kegiatan ini mempunyai goal membiasakan perilaku sampah botol plastik menjadi hal yang bisa dimanfaatkan.

Kegiatan sederhana ini diharapkan bisa mengarahka perilau anak-anak untuk mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan. Yaitu memanfaatkan botol plastik sebagai media tanam yang membantu penghijauan. Serta mengajarkan untuk menanam sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk diri sendiri.

Kegiatan membatik menyasar siswa kelas 5 SD. Kegitan ini memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Indonesia kepada generasi muda. Anak-anak diharapkan bisa lebih mengapresiasi karya seni batik sebagai budaya bangsa dan mengetahui secara detail proses pembuatan batik nusantara.

Ini sangat bagus sekali, karena untuk memberdayakan siswa-siswi yang terbiasa belajar diruangan sehingga belajar diluar kelas jadi ada suasana lain. Apalagi dengan adanya program membatik dari mahasiswa Universitas Mercu Buana sangat bersyukur dan senang sekali, karena tahun lalu siswa/i kelas 5 kami pergi ke Cipadu untuk belajar membatik,” sambungnya.

Dengan program sikat gigipun akan lebih memperdalam lagi untuk anak-anak kelas 1 SD betapa pentingnya menjaga kebersihan gigi. Dan juga untuk program lingkungan sangat bagus, guru-guru yang lain juga meminta untuk dipajang dan itu memang harus,” ungkap Kepala Sekolah SDN Gerendeng 1 Nani Mardani.

Sangat berharap sekali untuk bisa bekerjasama lagi, dan kami di sini sangat terbuka sekali untuk kegiatan seperti ini, dan memang ini adalah hal-hal yang ditunggu-tunggu sekali oleh anak-anak untuk pembelajaran di luar kelas,” tandasnya. (*)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Kolaborasi Rumah Seni dan Komunitas Bonsai Pati, Kian Solid

PatiNews.com - Kota, Gedung Juang 45 yang berada di Jalan Panglima Sudirman Pati adalah sebuah…

2 jam ago

Cegah Arsip Hilang, Tertib Administrasi Diperlukan

Patinews.com - Kota, Arsip menjadi gambaran perjalanan sejarah sekolah maupun sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk…

2 jam ago

Berdinding Banner Bekas, Rumah Mbah Wardi di Cluwak Bakal Direnovasi

Patinews.com - Cluwak, Hidup sebatang kara di dalam gubug berukuran kurang lebih 3 x 4…

4 jam ago

Tempuh Jarak 110 Kilometer, Ini Desa dan Kecamatan yang Dilewati “Le Velo de Pati”

Patinews.com - Event, Le Velo de Pati, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Ulang…

4 jam ago

Hadiri Penyerahan Bantuan CSR Senilai 200 Juta di Talun, Bupati Harap Kualitas Belajar Mengajar Santri Meningkat

Patinews.com - Kayen, Hari ini (Rabu, 19 Februari 2020) Bupati Pati Haryanto hari ini menghadiri acara…

5 jam ago

Ratusan Penyuluh Pertanian se Jateng dan Jatim Kumpul di Pati, ini Wejangan Wabup

Ratusan Penyuluh Pertanian se Jateng dan Jatim Kumpul di Pati, ini Wejangan Wabup PatiNews.Com -…

6 jam ago