Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Manfaatkan Limbah Botol Plastik sebagai Bahan Pembuatan Instalasi Hidroponik Sederhana di Kayen

Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Manfaatkan Limbah Botol Plastik sebagai Bahan Pembuatan Instalasi Hidroponik Sederhana di Kayen

Patinews.com – Kayen, Plastik menjadi permasalahan yang sangat umum karena sampah plastik sangat susah terurai sedangkan penggunaannya selalu meningkat, sehingga salah satu mahasiswa KKN Desa Boloagung, Yusuf Faisal (21), berinisiatif memanfaatkan keberadaan limbah botol plastik menjadi bahan pembuatan instalasi hidroponik sederhana untuk budidaya tanaman sayuran yang dapat diletakkan di pekarangan rumah. Adanya hidroponik selain mengolah limbah plastik juga dapat menghasilkan sayuran organik yang dapat secara langsung digunakan oleh warga desa.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa adanya media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sistem hidroponik yang dipilih oleh Fais adalah DFT (Deep Flow Teqnique), yaitu salah satu sistem hidroponik dengan akar tanamannya diletakkan pada lapisan air dengan kedalaman berkisar antara 4-6 cm. Media tanah pada hidroponik digantikan dengan Rockwool.

“Pemilihan sistem DFT karena pengaliran air menggunakan pompa dan aliran tidak secara terus menerus sehingga dirasa dapat menghemat penggunaan listrik, namun ketika aliran listrik padam maka larutan nutrisi tetap tersedia untuk tanaman sehingga tidak perlu khawatir untuk penyediaan nutrisinya”, ujar Fais (29/07).

Baca juga:   NU dan Muhamadiyah Pati Gelar Halal Bihalal

Proses pembuatan instalasi cukup gampang, persiapkan botol plastik, pompa, Rockwool, nutrisi aB mix, dan benih. Penyusunan instalasi secara detail dan rapi, karena penyusunan yang tidak rapi akan menyebabkan aliran air tidak merata serta ada air yang terbuang.

“Sedikit ribet sih mas, cari bibitnya, tapi menarik juga kita yang tidak ada kerjaan di rumah bisa budidaya tanaman dan bisa konsumsi sayuran sehat”, ujar Bu Patmi, salah satu warga Desa Boloagung (29/07).

Antusias warga sangat tinggi dengan adanya pertanyaan pertanyaan yang sangat detail mengenai hidroponik yang telah dipaparkan. Harapannya dengan diadakannya pelatihan pembuatan hidroponik sederhana, warga Desa Boloagung dapat menerapkannya sehingga limbah botol plastik dapat berkurang serta pekarangan lebih terisi dengan sayuran sehat yang siap konsumsi. (*)

Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Manfaatkan Limbah Botol Plastik sebagai Bahan Pembuatan Instalasi Hidroponik Sederhana di Kayen | patinews.com | 4.5

Leave a Reply