Kreatif, Mahasiswa IPMAFA Ciptakan Maket Wisata Pati

Kreatif, Mahasiswa IPMAFA Ciptakan Maket Wisata Pati

PatiNews.com – Margoyoso, Potensi wisata di Kabupaten Pati masih bisa lebih dalam digali, hal inilah yang melatarbelakangi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Pesantren mathaliul Falah (Ipmafa) Pati berlomba membuat maket wisata-wisata yang ada di Kabupaten Pati.

Dosen pembimbing proyek maket wisata, Zuli Rizal, mengungkapkan bahwa tugas membuat maket ini untuk mengasah daya kreatif dan inovatif mahasiswa. Bahan maket menggunakan bahan sederhana seperti stereofom. Ada juga yang menggunakan bahan semen, kertas duplek, dan bahan daur ulang lainnya seperti dedaunan yang dikeringkan.

Lanjutnya, “Melalui maket wisata itu, anak-anak muda ini mencoba ikut mempromosikan potensi yang ada di Bumi Mina Tani ini,”.

Total ada lima maket miniatur kawasan obyek wisata yang dibuat para mahasiswa ini. seperti wisata alam, kebun warung bambu di Desa Sekar Gunungwungkal, kawasan Sungai Gulang Pongge di Gunungwungkal, kWisata Pantai Mangrove di Desa Kertomulyo, dan juga obyek wisata di sekitar Pati, seperti Wisata Gunung Muria, Natas Angin Desa Rahtawu Kudus dan wisata Pantai Wates di Rembang.

Baca juga:   Hasil Quick Count Lengkap 11 Lembaga Survei di Pilpres 2014

Salah satu mahasiswa, Ana Lutfiana yang membuat maket wisata tersebut mengungkapkan, sebelum membuat maket ini mereka harus mengadakan proses observasi sekitar sebulan lalu di beberapa tempat. Mereka melakukan observasi di daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi ekowisata, atau tempat wisata yang sudah ada namun kurang terkelola dengan maksimal.

Para mahasiswa memamerkan karya mereka tersebut menjadi bagian tugas dari mata kuliah Tata Artistik yang diampunya. Melalui tugas tersebut, mahasiswa dilatih untuk peka terhadap permasalahan sekitar. Dan mampu memberi solusi secara kreatif. (pn/ ks)

Kreatif, Mahasiswa IPMAFA Ciptakan Maket Wisata Pati | patinews.com | 4.5

Leave a Reply