Categories: BeritaJawa Tengah

Kopi Muria, Bakal Dikembangkan Jadi Wisata Edukasi

Kopi Muria, Bakal Dikembangkan Jadi Wisata Edukasi

KUDUS, PATINEWS.COM

Berasal dari lereng Gunung Muria, Kopi Muria perlahan namun pasti menjadi kuliner unggulan khas Kabupaten Kudus, Jateng.

Para petani dan anak muda pegiat kopi di Kabupaten Kudus pun mulai mengembangkan kopi tersebut hingga menjadi produk siap seduh. Terlebih, dengan perubahan gaya hidup anak muda yang suka ngopi di kedai sambil berselancar di dunia maya.

Melihat potensi itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo yakin jika kopi Muria bisa berkembang dan menjadi komoditas unggulan. Karena pasarnya luas dan menjangkau berbagai kelompok usia. Dia siap mendukung dan memfasilitasi komunitas kopi Muria.

Salah satu yang menjadi kendala komunitas adalah mesin pengolah kopi. Pihaknya berupaya memberikan mesin pengolahan agar para petani tidak perlu meminjam ke tempat lain.

“Nanti Insyaallah pada APBD Perubahan kami anggarkan untuk membeli mesin pengolah kopi untuk petani kopi Muria. Kami akan membantu memenuhi fasilitas selagi APBD kita mampu,” ungkapnya saat menemui komunitas kopi Muria (KKM) di Pringgitan Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa (7 Juli 2020).

Selain fasilitas, pihaknya meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus mendampingi petani dan penggiat kopi melakukan studi banding maupun seminar untuk pengembangan sumberdaya manusia (SDM). Hartopo berharap pendampingan tersebut dapat meningkatkan kapasitas petani dan penggiat kopi Muria.

Selanjutnya, ia ingin mengembangkan wisata edukasi kopi Muria agar masyarakat dapat mempelajari keunikan dan proses pengolahan kopi Muria.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, Hartopo meminta dinas terkait bekerja sama dengan komunitas kopi menyediakan tempat yang nyaman, memadai dan akses yang mudah.

“Kalau bisa dibangun wisata edukasi kopi Muria. Tempatnya dibuat menarik sehingga bisa menjadi wisata lokal yang diminati anak muda. Oleh karena itu, akses lokasi harus mudah dan yang paling penting, kualitas rasa juga ditingkatkan,” pinta Hartopo.

Sementara itu, Ketua KKM Pujiharto mengungkapkan bahwa komunitas memiliki program, yakni KKM sebagai pusat edukasi dan tempat wisata sehat. Pihaknya berkeinginan mendirikan sebuah kedai maupun agrowisata.

Bahkan, lanjut Pujiharto, ada destinasi wisata baru yang dikembangkan yakni wisata petik pamelo. Dia bersama komunitas akan terus merencanakan dan mengembangkan kopi Muria, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Kami mempunyai program jangka panjang dan jangka pendek untuk mengenalkan kopi Muria. Dari mulai pembangunan kedai hingga agrowisata. Kami meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Kudus untuk membantu mengoptimalkan program demi mengembangkan kopi Muria,” tutupnya.

(Dok Humas Jateng)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Warga Dukuh Njugo Tlogosari, Lakukan Audiensi dengan Komisi A DPRD Pati

PATI, PATINEWS.COM Warga Dukuh Njugo Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, Pati mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pati.…

13 Agustus 2020

LKP Nissan Fortuna Pati, Gelar Promo Terbatas Stir Mobil Gratis Plus Mekanik Motor di Bulan Kemerdekaan

  PATI, PATINEWS.COM Memperingati bulan kemerdekaan, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Pati menggelar…

13 Agustus 2020

Terima Audiensi Warga Desa Semampir, Pimpinan DPRD Pati Sarankan Tempuh Jalur Hukum

PATI, PATINEWS.COM DPRD Kabupaten Pati kembali didatangi oleh Masyarakat Desa Semampir yang ingin menyampaikan aduannya…

13 Agustus 2020

Cegah covid 19: Lindungi diri anda

PATINEWS.COM Ditahun 2020 terdapat  virus yang dirasa mematikan yakni virus corona. Seiring dengan berjalannya waktu…

13 Agustus 2020

Langkah Kecil Merubah Negeri, Mahasiswa UMM Bagikan 100 Paket PMT di Posyandu Desa Klumutan Madiun

Oleh: Leidyana Widiyakusua 4 Agustus 2020 Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 66 PMM Bhaktimu…

13 Agustus 2020

Mahasiswa KKN UNDIP di Prawoto Sukolilo, Manfaatkan SDA Untuk Pembuatan Handsanitizer Alami

SUKOLILO, PATINEWS.COM (13/08/2020) Tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan menjadi tempat bersarangnya virus dan…

13 Agustus 2020