Komunitas Mangrove Tunggul Wulung, Ajak Warga Lestarikan Habitat Bangau Putih di Pati

PatiNews.Com – Dukuhseti, Kawasan hutan mangrove di pesisir Pati adalah kawasan hutan lindung dan jalur hijau yang merupakan bagian dari ekosistem mangrove yang tersisa dan penting.

Disini banyak hidup burung bangau. Burung ini merupakan burung besar yang gemar berpindah tempat yang tingginya satu hingga satu setengah meter. Serta hampir seluruhnya bersayap putih lebar dan juga memiliki ekor hitam yang panjang.

Sekawanan burung Bangau (Ciconiidae) terbang di sekitar hutan mangrove kawasan hutan mangrove Pati Jawa Tengah. Semakin sedikitnya lahan konservasi mangrove di daerah tersebut membuat kawasan habitat bangau di daerah ini semakin sempit.

Kawasan hutan mangrove di pesisir Pati merupakan habitat berbagai burung air dan burung migran seperti Bangau Bluwok (Mycteria cinerea), Bangau Tongtong (Leptoptilos javanicus), Cangak Abu (Ardea cinerea), Cangak Besar (Ardea alba) dan beberapa jenis reptilian seperti ular, biawak dan satwa lainnya.

Gugusan hutan mangrove di pesisir Pati telah berfungsi sebagai penahan abrasi, interusi air laut ke daratan, mengontrol dan menahan angin, sebagai tempat berkembangbiaknya berbagai jenis ikan. Mangrove merupakan habitat penting bagi sebagian besar kelompok burung air serta beberapa jenis burung daratan. Mereka menjadikan mangrove sebagai habitat untuk mencari makan, berbiak atau sekedar beristirahat dan secara periodik menjadi habitat persingahan bagi burung-burung migran (migratory birds).

Bagi beberapa jenis burung air, habitat mangrove menyediakan ruang yang memadai untuk membuat sarang, terutama karena tersedianya makanan dan bahan pembuat sarang. Bagi jenis-jenis pemakan ikan, seperti kelompok burung Kuntul (Egretta spp.), mangrove menyediakan tenggeran serta sumber makanan yang berlimpah. Beruntungnya pada kabupaten Pati Jawa Tengah terdapat sekelompok petani mangrove yang konsen terhadap pelestarian hutan mangrove di kabupaten pati. Komunitas mangrove tersebut bernama “Tunggul Wulung” berada di desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Komunitas ini terbentuk karena berangkat dari keprihatinan dan kepedulian terhadap desa tercinta yang terus menerus terkena abrasi. Menurut cerita para sesepuh Banyutowo, Desa yang didirikan oleh Kyai Ibrahim Tunggul Wulung ini, kini hampir separuh dari daratan Banyutowo telah menjadi laut. Hal ini disebabkan oleh terjangan gelombang pada saat angin timur (APRIL – OKTOBER).

Pantai dengan air yang biru dan hamparan pasir hitam pekat kini tiada lagi. Tidak ada lagi anak-anak yang bermain bola di pantai berpasir seperti dulu. Saat ini yang kita lihat adalah air yang keruh, pantai berlumpur dan sampah berserakan.

Karena itulah Sukodono dan saudara Setyo Utomo menjadi inisiator gerakan penanaman mangrove di pantai Banyutowo. Hal yang dilakukan untuk pertama kalinya adalah mengajak keluarga dan beberapa orang muda yang memiliki keprihatinan dan kepedulian yang sama terhadap pelestarian lingkungan pesisir.

Teman-teman yang minat ikut bisa ikut menjadi relawan ataupun berdonasi dengan cara ikuti tautan ini:

lindungihutan.com/bangaupati.

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Di Solo, Wajib Coba Kuliner ini

Di Solo, Wajib Coba Kuliner ini Belum ke Solo kalau belum mencoba kuliner dengan citarasa…

25 September 2020

Senangnya Mbah Dadiguno, Rumahnya Selesai Direhab

BATANGAN, PATINEWS.COM Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, M.I.Pol didampingi Forkopincam Batangan, Kades Bulumulyo…

25 September 2020

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19

Bersyukur Ditengah Pandemi Covid-19 MARGOYOSO, PATINEWS.COM Kita masih bersyukur dengan keadaan sekarang. Meski masih dalam…

25 September 2020

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

Ulama Diharapkan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan PATI, PATINEWS.COM Bupati Pati Haryanto, kembali mengikuti istighosah rutin…

25 September 2020

Infografis Pelabuhan Bajomulyo 23 September, 17 Kapal Masuk Nilai Produksi 5,9 M

JUWANA, PATINEWS.COM Rabu, 23 September 2020, data infografis yang dirilis Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo,…

24 September 2020

Mushola di Kali Putih Plaosan, Dapat Perhatian Kodim Pati

CLUWAK, PATINEWS.COM Kodim 0718/Pati bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kabupaten Pati menyerahkan bantuan untuk…

24 September 2020