Kodim 0718 Bantu Pemenuhan Stok Darah PMI Pati

Kodim 0718 Bantu Pemenuhan Stok Darah PMI Pati

PatiNews.Com – Kota, Ditengah kondisi dan situasi merebaknya wabah Covid-19 dan mengantisipasi wabah DBD serta berbagai kondisi lainnya, perlu diambil langkah tepat untuk menjaga agar stok darah di PMI Kabupaten Pati tetap aman.

Hal ini sangat perlu dilakukan, mengingat even donor darah secara massal di masyarakat dalam jangka waktu sekarang ini sangat beresiko serta tentunya agak sulit dilakukan dikarenakan terbentur dengan kondisi saat ini dengan meraknya wabah Covid-19.

Untuk mendukung serta menjaga supaya stok darah yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Pati tetap aman, pagi tadi Kodim 0718/Pati mengadakan kegiatan Bhakti Sosial donor darah yang diikuti oleh anggota TNI serta PNS TNI AD Kodim 0718/Pati di aula Suluh Bhakti Kodim Pati. Senin, 06 April 2020.

Dari 75 orang yang mendaftar dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan pagi tadi, sebanyak 52 orang berhasil diambil darahnya sehingga terkumpul sebanyak 52 kantong darah yang dapat dibawa oleh PMI.

Ditemui saat meninjau kegiatan donor darah, Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi ilham Zamani,SE mengatakan, ”Kegiatan donor darah ini kita lakukan untuk mengantisipasi menipisnya stok darah yang dimiliki PMI Kabupaten Pati karena dikaitkan dengan kondisi saat ini dan juga antisipasi mendekati bulan puasa sehingga kami perlu mengambil langkah untuk membantu PMI dalam pemenuhan cadangan darah yang tersedia,” sambungnya.

“Ini karena mengingat kegiatan donor darah secara massal yang melibatkan masyarakat luas tidak memungkinkan untuk dilaksanakan karena merebaknya Covid-19 sehingga dari Komando atas memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk mengadakan kegiatan donor darah yang kita laksanakan hari ini yang diikuti oleh anggota Kodim 0718 Pati,” Ujar Letkol Adi.

Dandim berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat dengan mengikuti donor darah secara mandiri dengan mendatangi langsung ke kantor PMI Pati sehingga dapat membantu PMI serta masyarakat Kabupaten Pati yang membutuhkan bantuan darah.

Sementara itu Staf Tehnis PMI Kabupaten Pati Unit Donor Darah Herlina Wahyuningsih menyampaikan bahwa Kegiatan Donor darah di Kodim 0718/Pati adalah dalam rangka darurat wabah Covid-19 yang mengakibatkan stok darah yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Pati mengalami penurunan drastis.

“Kegiatan Donor darah yang dilaksanakan oleh Kodim Pati ini sangat membantu penyediaan darah di Kabupaten Pati untuk melayani kebutuhan darah untuk masyarakat Kabupaten Pati. Kebutuhan darah sangat penting karena dimusim ini selain untuk persalinan juga antisipasi DBD juga sangat membutuhkan pertolongan,”ucap Herlina.

Dia juga menambahkan bahwa untuk pemenuhan stok darah, PMI Kabupaten Pati menerapkan sistem tukar, setiap pasien yang meminta darah kepada PMI selanjutnya dari PMI meminta ganti donor pengganti yang tidak harus dengan golongan darah yang sama kepada keluarga pasien sehingga stok darah tetap terjaga.

Herlina juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan takut donor darah secara mandiri dengan datang ke unit donor darah PMI Kabupaten Pati yang siap melayani 24 jam karena pelayanan donor darah yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur Covid-19 juga sesuai dengan protap untuk kegiatan donor darah.  (pn/ Snpt/ Pendim)

patinews.com

redaksi@patinews.com

Share
Published by
patinews.com

Recent Posts

Efek Covid-19 Bagi Para Pengrajin Genteng

Efek Covid-19 Bagi Para Pengrajin Genteng PatiNews.Com - Jepara, Dibeberapa tempat mengalami dampak PSBB, dikarenakan…

25 Mei 2020

Inspirasi Modifikasi Toyota Avanza yang Super Keren, Cocok untuk Kaum Muda

Melakukan modifikasi pada mobil Toyota Avanza menjadi incaran banyak para anak muda. Salah satu alasannya yaitu karena…

25 Mei 2020

Mari Lamar Lowongan Kerja Bank dan Pastikan Lolos Tahap Administrasi

Saat ini, Anda mungkin dalam kondisi ingin melamar pekerjaan. Tetapi, mencari pekerjaan sendiri lumayan sulit…

25 Mei 2020

Tips Menemukan Tempat Jual Bedding Set Jakarta Paling Direkomendasikan

Furniture kamar mempunyai peran yang sangat penting karena tidak hanya menjadikan kualitas tidur menjadi lebih…

25 Mei 2020

Alasan Sewa Jasa Desain Interior itu Penting

Memiliki ruangan yang bagus dan tertata rapi tentu saja menjadi impian semua orang. Untuk dapat…

25 Mei 2020

Pemicu Tindak Pidana, 1637 Botol Miras Disita Polres Pati

PATINEWS.COM - KOTA, Selama berlangsungnya operasi ketupat candi, 24 April hingga 22 Mei 2020, Kepolisian…

24 Mei 2020